8 Perawatan Wajib untuk Cegah Ambeien Makin Parah

Indah Nuriksa
By: Indah Nuriksa May Thu 2024
8 Perawatan Wajib untuk Cegah Ambeien Makin Parah

Wasir luar atau hemoroid eksternal adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Ada beberapa perawatan mandiri yang dapat dilakukan untuk mencegah wasir luar kian parah, antara lain:

Perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah meliputi menjaga kebersihan area anus, menghindari mengejan saat buang air besar, mengonsumsi makanan berserat tinggi, minum banyak cairan, dan berolahraga secara teratur. Selain itu, dapat juga menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan gejala wasir, seperti krim atau supositoria yang mengandung hidrokortison atau anestesi lokal.

Jika perawatan mandiri tidak berhasil meredakan gejala wasir, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan medis, seperti ligasi karet, skleroterapi, atau operasi. Namun, dengan melakukan perawatan mandiri secara teratur, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah

Wasir luar atau hemoroid eksternal adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Ada beberapa perawatan mandiri yang dapat dilakukan untuk mencegah wasir luar kian parah, antara lain:

  • Menjaga kebersihan area anus
  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi
  • Minum banyak cairan
  • Berolahraga secara teratur
  • Menggunakan obat-obatan yang dijual bebas
  • Menghindari mengejan saat buang air besar
  • Menggunakan bantalan es

Dengan melakukan perawatan mandiri secara teratur, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan. Jika perawatan mandiri tidak berhasil meredakan gejala wasir, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan medis, seperti ligasi karet, skleroterapi, atau operasi.

Yuk Baca:

Tips Jitu Jaga Tulang Sehat, Bye Tulang Keropos!

Tips Jitu Jaga Tulang Sehat, Bye Tulang Keropos!

Menjaga kebersihan area anus

Menjaga kebersihan area anus merupakan salah satu perawatan mandiri yang penting untuk mencegah wasir luar kian parah. Wasir luar disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya kebersihan. Area anus yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada pembuluh darah di sekitarnya. Selain itu, mengejan saat buang air besar pada area anus yang kotor dapat memperparah pembengkakan wasir.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan area anus sangat penting untuk mencegah wasir luar kian parah. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan area anus antara lain:

  • Mencuci area anus dengan air hangat dan sabun setiap hari.
  • Menggunakan tisu basah khusus untuk membersihkan area anus setelah buang air besar.
  • Hindari penggunaan sabun atau tisu yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras, karena dapat mengiritasi kulit di sekitar anus.

Dengan menjaga kebersihan area anus, dapat membantu mengurangi risiko wasir luar dan meringankan gejala yang sudah ada.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan salah satu dari 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah. Wasir luar disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya asupan serat.

Makanan berserat tinggi dapat membantu melancarkan buang air besar dan membuat feses menjadi lebih lunak. Hal ini penting untuk mencegah mengejan saat buang air besar, yang dapat memperparah pembengkakan wasir. Selain itu, serat juga dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, sehingga dapat mencegah terjadinya wasir.

Yuk Baca:

Demam Setelah Vaksinasi Bayi: Normal atau Perlu Waspada?

Demam Setelah Vaksinasi Bayi: Normal atau Perlu Waspada?

Beberapa contoh makanan berserat tinggi antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan-makanan ini dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, dimasak, atau diolah menjadi jus atau smoothie. Dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi secara teratur, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

Minum banyak cairan

Minum banyak cairan merupakan salah satu dari 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah. Wasir luar disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya adalah dehidrasi.

  • Mencegah Dehidrasi

    Dehidrasi dapat menyebabkan feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan, sehingga mengejan saat buang air besar menjadi lebih sering terjadi. Hal ini dapat memperburuk pembengkakan wasir luar dan menyebabkan rasa nyeri yang lebih hebat.

  • Melancarkan Buang Air Besar

    Cairan membantu melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Dengan minum banyak cairan, dapat membantu melancarkan buang air besar dan mengurangi risiko mengejan, sehingga dapat mencegah wasir luar kian parah.

Dengan minum banyak cairan secara teratur, dapat membantu mencegah dehidrasi, melancarkan buang air besar, dan mengurangi risiko wasir luar. Cairan yang dapat dikonsumsi antara lain air putih, jus buah, atau teh herbal.

Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur merupakan salah satu dari 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah. Wasir luar disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik.

Yuk Baca:

Air Mani Encer, Jangan Langsung Panik! Belum Tentu Mandul

Air Mani Encer, Jangan Langsung Panik! Belum Tentu Mandul

Olahraga dapat membantu mencegah wasir luar dengan cara:

  • Meningkatkan aliran darahOlahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area anus. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus dan mencegah wasir.
  • Menguatkan otot-otot di sekitar anusOlahraga yang melibatkan otot-otot di sekitar anus, seperti latihan kegel, dapat membantu memperkuat otot-otot tersebut dan mencegah wasir keluar.
  • Menurunkan berat badanOlahraga dapat membantu menurunkan berat badan, yang dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan mencegah wasir.

Dengan berolahraga secara teratur, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

Menggunakan obat-obatan yang dijual bebas

Menggunakan obat-obatan yang dijual bebas merupakan salah satu dari 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah. Wasir luar disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu meredakan gejala-gejala tersebut dan mencegah wasir luar kian parah.

Beberapa jenis obat-obatan yang dijual bebas yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir luar antara lain:

  • Krim atau salep yang mengandung hidrokortison
  • Supositoria yang mengandung hidrokortison atau anestesi lokal
  • Tablet pencahar untuk melunakkan feses

Obat-obatan ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan melunakkan feses. Dengan menggunakan obat-obatan ini secara teratur, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan yang dijual bebas hanya boleh digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Penggunaan obat-obatan ini secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti iritasi kulit, infeksi, dan ketergantungan. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk mengatasi wasir luar.

Menghindari mengejan saat buang air besar

Mengejan saat buang air besar merupakan salah satu faktor yang dapat memperparah wasir luar. Wasir luar adalah kondisi dimana pembuluh darah di sekitar anus membengkak, sehingga menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Mengejan saat buang air besar dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, sehingga memperparah pembengkakan dan gejala wasir.

Yuk Baca:

Yuk, Kenalkan si Kecil Finger Food di Usia 11 Bulan!

Yuk, Kenalkan si Kecil Finger Food di Usia 11 Bulan!

Oleh karena itu, menghindari mengejan saat buang air besar merupakan salah satu perawatan mandiri yang penting untuk mencegah wasir luar kian parah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.
  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan menjaga feses tetap lunak.
  • Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan aliran darah dan memperkuat otot-otot di sekitar anus.
  • Menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan gejala wasir dan melunakkan feses.

Dengan menghindari mengejan saat buang air besar dan melakukan perawatan mandiri lainnya, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

Menggunakan bantalan es

Menggunakan bantalan es merupakan salah satu dari 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah. Wasir luar adalah kondisi dimana pembuluh darah di sekitar anus membengkak, sehingga menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Bantalan es dapat membantu meredakan gejala-gejala tersebut dan mencegah wasir luar kian parah dengan cara:

  • Menyempitkan pembuluh darah

    Bantalan es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di sekitar anus, sehingga mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri.

  • Menghilangkan rasa nyeri

    Bantalan es memiliki efek anestesi alami yang dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan akibat wasir.

  • Mengurangi peradangan

    Bantalan es dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah di sekitar anus, sehingga mempercepat penyembuhan dan mencegah wasir luar kian parah.

Untuk menggunakan bantalan es untuk mengatasi wasir luar, cukup tempelkan bantalan es pada area yang nyeri selama 15-20 menit beberapa kali sehari. Jangan tempelkan bantalan es langsung pada kulit, gunakan kain atau handuk sebagai penghalang. Bantalan es dapat digunakan sebagai perawatan mandiri tambahan bersama dengan perawatan lainnya, seperti menjaga kebersihan area anus, mengonsumsi makanan berserat tinggi, dan menghindari mengejan saat buang air besar.

Yuk Baca:

Kebenaran Terungkap: Rahasia Medis Kunyit untuk Kesehatan Anda

Kebenaran Terungkap: Rahasia Medis Kunyit untuk Kesehatan Anda

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Terdapat banyak bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung efektivitas 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah. Beberapa di antaranya adalah:

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diseases of the Colon & Rectum menemukan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat mengurangi risiko terjadinya wasir hingga 50%. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Surgery menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur dapat memperkuat otot-otot di sekitar anus dan mencegah wasir keluar.

Selain itu, penggunaan obat-obatan yang dijual bebas, seperti krim atau salep yang mengandung hidrokortison, telah terbukti efektif dalam meredakan gejala wasir dan mencegah wasir kian parah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa penggunaan krim hidrokortison selama 2 minggu dapat mengurangi nyeri dan gatal akibat wasir hingga 70%.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung efektivitas 8 perawatan mandiri untuk mencegah wasir luar kian parah, penting untuk diingat bahwa setiap individu mungkin memiliki respons yang berbeda terhadap perawatan tersebut. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai perawatan mandiri untuk mengatasi wasir luar.

Tips Mencegah Wasir Luar Kian Parah

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah wasir luar kian parah:

1. Jaga Kebersihan Area Anus

Menjaga kebersihan area anus dapat membantu mencegah infeksi dan iritasi yang dapat memperburuk wasir. Bersihkan area anus dengan air hangat dan sabun setiap hari, dan gunakan tisu basah khusus untuk membersihkan area anus setelah buang air besar.

Yuk Baca:

Usia Berapa Bayi Bisa Duduk? Cari Tahu Fakta Sebenarnya!

Usia Berapa Bayi Bisa Duduk? Cari Tahu Fakta Sebenarnya!

2. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi dapat membantu melancarkan buang air besar dan membuat feses lebih lunak, sehingga dapat mengurangi mengejan saat buang air besar. Konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian secara teratur.

3. Minum Banyak Cairan

Minum banyak cairan dapat membantu mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Minum air putih, jus buah, atau teh herbal secara teratur.

4. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke area anus dan memperkuat otot-otot di sekitarnya, sehingga dapat mencegah wasir keluar. Lakukan olahraga yang melibatkan otot-otot di sekitar anus, seperti latihan kegel.

5. Hindari Mengejan Saat Buang Air Besar

Mengejan saat buang air besar dapat memperburuk wasir. Konsumsi makanan berserat tinggi, minum banyak cairan, dan berolahraga secara teratur untuk mencegah mengejan saat buang air besar.

Dengan mengikuti tips ini, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

Jika gejala wasir tidak membaik dengan perawatan mandiri, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tanya Jawab Seputar “8 Perawatan Mandiri untuk Mencegah Wasir Luar Kian Parah”

1. Apa saja gejala wasir luar?

Gejala wasir luar antara lain benjolan di sekitar anus, nyeri, gatal, dan perdarahan saat buang air besar.

2. Apa penyebab wasir luar?

Wasir luar disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus akibat mengejan saat buang air besar, kehamilan, obesitas, atau duduk terlalu lama.

3. Bagaimana cara mencegah wasir luar?

Cara mencegah wasir luar antara lain menjaga kebersihan area anus, mengonsumsi makanan berserat tinggi, minum banyak cairan, berolahraga secara teratur, menghindari mengejan saat buang air besar, dan menggunakan bantalan es.

Yuk Baca:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menentukan Stadium Kanker Otak

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menentukan Stadium Kanker Otak

4. Apa saja pengobatan untuk wasir luar?

Pengobatan wasir luar meliputi perawatan mandiri seperti yang telah disebutkan, obat-obatan yang dijual bebas seperti krim atau salep yang mengandung hidrokortison, dan tindakan medis seperti ligasi karet, skleroterapi, atau operasi.

5. Kapan harus ke dokter untuk wasir luar?

Segera ke dokter jika gejala wasir luar tidak membaik dengan perawatan mandiri, terjadi perdarahan hebat, atau nyeri yang sangat hebat.

6. Bagaimana cara mencegah kekambuhan wasir luar?

Cara mencegah kekambuhan wasir luar antara lain dengan menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari mengejan saat buang air besar.

Kesimpulan

Wasir luar adalah kondisi yang dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Ada 8 perawatan mandiri yang dapat dilakukan untuk mencegah wasir luar kian parah, yaitu menjaga kebersihan area anus, mengonsumsi makanan berserat tinggi, minum banyak cairan, berolahraga secara teratur, menggunakan obat-obatan yang dijual bebas, menghindari mengejan saat buang air besar, menggunakan bantalan es, dan berkonsultasi dengan dokter jika gejala tidak membaik.

Dengan melakukan perawatan mandiri secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter bila perlu, dapat membantu mencegah wasir luar kian parah dan mengurangi risiko kekambuhan.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *