Temukan 10 Manfaat Bernyanyi yang Menakjubkan dan Penuh Kejutan

Ummi Masrurah
By: Ummi Masrurah June Sun 2024
Temukan 10 Manfaat Bernyanyi yang Menakjubkan dan Penuh Kejutan

Apa Manfaat Bernyanyi?

Bernyanyi merupakan aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Saat kita bernyanyi, tubuh melepaskan hormon endorfin yang mempunyai efek menenangkan dan mengurangi stres. Selain itu, bernyanyi juga dapat melatih pernapasan, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Manfaat bernyanyi tidak hanya dirasakan oleh individu, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan. Bernyanyi bersama-sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, meningkatkan toleransi, dan mempererat hubungan sosial. Dalam berbagai budaya, bernyanyi telah menjadi bagian penting dari ritual, perayaan, dan kegiatan sosial lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang manfaat bernyanyi, baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Kita juga akan menelusuri sejarah dan budaya bernyanyi, serta mengeksplorasi berbagai cara untuk menikmati manfaatnya.

Apa Manfaat Bernyanyi

Bernyanyi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui:

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan suasana hati
  • Melatih pernapasan
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Membangun kebersamaan
  • Meningkatkan toleransi
  • Mempererat hubungan sosial
  • Mengekspresikan emosi
  • Sebagai sarana hiburan

Manfaat-manfaat bernyanyi ini saling terkait dan berkontribusi pada kesejahteraan kita secara keseluruhan. Misalnya, bernyanyi dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati, yang pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memperkuat hubungan sosial. Selain itu, bernyanyi dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan emosi dan hiburan, yang sangat penting untuk kesehatan mental.

Mengurangi Stres

Bernyanyi merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi stres. Saat kita bernyanyi, tubuh melepaskan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres. Selain itu, bernyanyi juga dapat mengalihkan perhatian kita dari sumber stres dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mengekspresikan emosi kita secara sehat.

Yuk Baca:

Temukan 8 Manfaat Nonton Bokep yang Menarik dan Menyenangkan

Temukan 8 Manfaat Nonton Bokep yang Menarik dan Menyenangkan
  • Relaksasi: Bernyanyi dapat membantu kita untuk rileks dan melepaskan ketegangan. Hal ini disebabkan oleh efek menenangkan dari hormon endorfin yang dilepaskan saat kita bernyanyi.
  • Pengalihan: Bernyanyi dapat menjadi pengalihan yang sehat dari sumber stres. Saat kita bernyanyi, kita dapat memfokuskan perhatian kita pada lirik lagu dan melodi, sehingga melupakan sejenak masalah kita.
  • Ekspresi Emosi: Bernyanyi dapat menjadi cara yang sehat untuk mengekspresikan emosi kita, baik itu emosi positif maupun negatif. Dengan menyanyikan lagu yang sesuai dengan perasaan kita, kita dapat melepaskan emosi tersebut dan mengurangi stres.
  • Interaksi Sosial: Bernyanyi bersama orang lain dapat memperkuat hubungan sosial dan mengurangi stres. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon ikatan.

Dengan demikian, bernyanyi dapat menjadi alat yang efektif untuk mengurangi stres dalam berbagai situasi. Baik bernyanyi sendiri maupun bersama orang lain, aktivitas ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Meningkatkan Suasana Hati

Selain mengurangi stres, bernyanyi juga dapat meningkatkan suasana hati kita. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Pelepasan Endorfin: Saat kita bernyanyi, tubuh melepaskan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati.
  • Ekspresi Diri: Bernyanyi dapat menjadi cara untuk mengekspresikan diri kita dan perasaan kita. Dengan menyanyikan lagu yang sesuai dengan suasana hati kita, kita dapat melepaskannya dan merasa lebih baik.
  • Interaksi Sosial: Bernyanyi bersama orang lain dapat memperkuat hubungan sosial dan meningkatkan suasana hati. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon ikatan.
  • Stimulasi Kognitif: Bernyanyi melibatkan beberapa fungsi kognitif, seperti memori, perhatian, dan bahasa. Kegiatan ini dapat membantu merangsang otak dan meningkatkan suasana hati.

Dengan demikian, bernyanyi dapat menjadi aktivitas yang efektif untuk meningkatkan suasana hati kita dalam berbagai situasi. Baik bernyanyi sendiri maupun bersama orang lain, aktivitas ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Melatih pernapasan

Bernyanyi merupakan aktivitas yang sangat baik untuk melatih pernapasan. Saat kita bernyanyi, kita harus mengontrol napas kita untuk menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga. Hal ini melatih otot-otot pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan aliran udara ke seluruh tubuh.

Pernapasan yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Pernapasan yang baik dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, pernapasan yang baik juga penting untuk aktivitas fisik, karena dapat membantu meningkatkan daya tahan dan kinerja.

Dengan bernyanyi secara teratur, kita dapat melatih pernapasan kita dan memperoleh manfaat-manfaat yang disebutkan di atas. Bernyanyi dapat menjadi cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan kesehatan pernapasan kita.

Yuk Baca:

Temukan 3 Manfaat Magnet untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Temukan 3 Manfaat Magnet untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Memperbaiki Postur Tubuh

Selain manfaat yang disebutkan sebelumnya, bernyanyi juga dapat memperbaiki postur tubuh. Saat kita bernyanyi, kita harus berdiri atau duduk tegak dengan bahu ke belakang dan dada ke luar. Hal ini membantu untuk meluruskan tulang belakang dan memperkuat otot-otot punggung. Postur tubuh yang baik tidak hanya terlihat lebih baik, tetapi juga dapat mengurangi nyeri punggung, meningkatkan pernapasan, dan meningkatkan kepercayaan diri.

  • Mengurangi Nyeri PunggungPostur tubuh yang buruk dapat menyebabkan nyeri punggung, terutama di bagian bawah punggung. Bernyanyi dapat membantu mengurangi nyeri punggung dengan memperkuat otot-otot punggung dan meluruskan tulang belakang.
  • Meningkatkan PernapasanPostur tubuh yang baik memungkinkan paru-paru mengembang sepenuhnya, sehingga meningkatkan pernapasan. Hal ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan, karena pernapasan yang baik dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan mengurangi risiko penyakit paru-paru.
  • Meningkatkan Kepercayaan DiriPostur tubuh yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri. Saat kita berdiri atau duduk tegak, kita merasa lebih percaya diri dan mampu. Hal ini dapat berdampak positif pada kehidupan pribadi dan profesional kita.

Dengan demikian, bernyanyi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental dan pernapasan, tetapi juga dapat memperbaiki postur tubuh kita. Dengan bernyanyi secara teratur, kita dapat meluruskan tulang belakang, memperkuat otot-otot punggung, dan meningkatkan kepercayaan diri kita.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Selain manfaat fisik dan emosional, bernyanyi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Meningkatkan MemoriBernyanyi melibatkan penggunaan memori untuk mengingat lirik dan melodi lagu. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat jalur saraf di otak yang terkait dengan memori, sehingga meningkatkan daya ingat secara keseluruhan.
  • Meningkatkan PerhatianBernyanyi membutuhkan fokus dan konsentrasi untuk mengikuti lirik dan melodi lagu. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kita untuk memperhatikan tugas yang sedang dilakukan dan mengurangi gangguan.
  • Meningkatkan Kecepatan PemrosesanBernyanyi melibatkan pemrosesan informasi secara cepat, seperti memahami lirik lagu dan menyesuaikan nada suara. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kecepatan pemrosesan informasi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk berbagai tugas kognitif.
  • Meningkatkan Fleksibilitas KognitifBernyanyi mengharuskan kita untuk beralih antara lirik dan melodi, serta menyesuaikan dengan perubahan tempo dan nada. Hal ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas kognitif, yaitu kemampuan untuk beralih antara tugas atau perspektif yang berbeda dengan cepat.

Dengan demikian, bernyanyi dapat menjadi aktivitas yang efektif untuk meningkatkan fungsi kognitif kita. Dengan bernyanyi secara teratur, kita dapat memperkuat memori, meningkatkan perhatian, meningkatkan kecepatan pemrosesan, dan meningkatkan fleksibilitas kognitif.

Membangun Kebersamaan

Bernyanyi bersama dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun kebersamaan. Saat orang-orang bernyanyi bersama, mereka menciptakan harmoni dan koneksi yang unik. Hal ini dapat membantu menumbuhkan rasa kebersamaan, persatuan, dan tujuan bersama.

Manfaat membangun kebersamaan melalui bernyanyi tidak hanya bersifat emosional, tetapi juga memiliki implikasi praktis. Kelompok yang memiliki rasa kebersamaan yang kuat cenderung lebih efektif dalam bekerja sama, berkomunikasi, dan menyelesaikan masalah. Mereka juga lebih mungkin untuk saling mendukung dan membantu, yang dapat mengarah pada hasil yang lebih positif secara keseluruhan.

Yuk Baca:

Manfaat Makan Bawang Merah, Penuh Kejutan!

Manfaat Makan Bawang Merah, Penuh Kejutan!

Dalam konteks yang lebih luas, membangun kebersamaan melalui bernyanyi dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih harmonis dan kohesif. Ketika orang-orang merasa terhubung satu sama lain, mereka lebih cenderung berempati dan menghormati perbedaan. Hal ini dapat membantu mengurangi konflik, meningkatkan kerja sama, dan menciptakan lingkungan yang lebih positif bagi semua.

Meningkatkan Toleransi

Selain membangun kebersamaan, bernyanyi bersama juga dapat meningkatkan toleransi. Saat orang-orang bernyanyi bersama, mereka belajar menghargai perbedaan satu sama lain. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dan menemukan kesamaan, meskipun mereka memiliki latar belakang atau keyakinan yang berbeda.

  • Menghargai Perbedaan

    Bernyanyi bersama dapat membantu orang-orang menghargai perbedaan satu sama lain. Saat orang-orang menyanyikan lagu dari budaya yang berbeda, mereka belajar tentang budaya tersebut dan memahami perspektif yang berbeda. Hal ini dapat membantu mengurangi prasangka dan meningkatkan toleransi.

  • Kerja Sama

    Bernyanyi bersama membutuhkan kerja sama. Orang-orang harus mendengarkan satu sama lain dan menyesuaikan suara mereka agar harmonis. Hal ini dapat membantu orang-orang belajar bekerja sama dan menemukan kesamaan, meskipun mereka memiliki perbedaan.

  • Menjembatani Perbedaan

    Bernyanyi bersama dapat menjembatani perbedaan dan menciptakan rasa persatuan. Saat orang-orang bernyanyi bersama, mereka menciptakan sesuatu yang indah dan bermakna. Hal ini dapat membantu mengatasi perbedaan dan menciptakan rasa kebersamaan.

Dengan demikian, bernyanyi bersama dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan toleransi. Saat orang-orang bernyanyi bersama, mereka belajar menghargai perbedaan, bekerja sama, dan menemukan kesamaan. Hal ini dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif.

Yuk Baca:

Manfaat Pupuk KCl untuk Sawit: Ungkap Rahasia Produktivitas Tinggi!

Manfaat Pupuk KCl untuk Sawit: Ungkap Rahasia Produktivitas Tinggi!

Mempererat hubungan sosial

Bernyanyi bersama merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempererat hubungan sosial. Hal ini dikarenakan ketika orang-orang bernyanyi bersama, mereka akan menciptakan harmoni dan koneksi yang unik. Aktivitas ini dapat membantu menumbuhkan rasa kebersamaan, persatuan, dan tujuan bersama.

Mempererat hubungan sosial sangat penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Hubungan sosial yang kuat dapat memberikan dukungan emosional, mengurangi stres, dan meningkatkan kebahagiaan. Selain itu, hubungan sosial yang baik juga dapat meningkatkan kesehatan fisik, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ada banyak cara untuk mempererat hubungan sosial, dan bernyanyi bersama adalah salah satu cara yang menyenangkan dan mudah. Aktivitas ini dapat dilakukan dalam berbagai situasi, seperti di sekolah, di tempat kerja, atau di komunitas. Bernyanyi bersama dapat membantu kita terhubung dengan orang lain, membangun kepercayaan, dan memperkuat hubungan yang sudah ada.

Mengekspresikan Emosi

Mengekspresikan emosi merupakan salah satu manfaat penting dari bernyanyi. Bernyanyi memberikan kesempatan bagi kita untuk mengekspresikan berbagai emosi, baik positif maupun negatif, dengan cara yang sehat dan kreatif.

Mengekspresikan emosi melalui bernyanyi memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Mengurangi stres: Bernyanyi dapat membantu kita melepaskan emosi yang terpendam dan mengurangi stres. Saat kita bernyanyi, tubuh melepaskan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres.
  • Meningkatkan suasana hati: Bernyanyi juga dapat meningkatkan suasana hati kita. Saat kita mengekspresikan emosi positif melalui bernyanyi, kita dapat melepaskan perasaan bahagia dan meningkatkan suasana hati kita.
  • Meningkatkan kesadaran diri: Bernyanyi dapat membantu kita menjadi lebih sadar akan emosi kita sendiri. Saat kita bernyanyi, kita dapat mengeksplorasi emosi kita dan memahami bagaimana emosi tersebut memengaruhi kita.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi: Bernyanyi dapat membantu kita mengembangkan keterampilan komunikasi kita. Saat kita bernyanyi, kita belajar bagaimana mengekspresikan diri kita secara jelas dan efektif.

Mengekspresikan emosi melalui bernyanyi dapat dipraktikkan dalam berbagai situasi. Kita dapat bernyanyi sendiri, bersama teman atau keluarga, atau bahkan di depan umum. Bernyanyi dapat menjadi cara yang efektif untuk mengekspresikan diri kita dan terhubung dengan orang lain.

Yuk Baca:

Temukan 7 Manfaat Minum Pocari Sweat Saat Sakit yang Menakjubkan

Temukan 7 Manfaat Minum Pocari Sweat Saat Sakit yang Menakjubkan

Sebagai Sarana Hiburan

Bernyanyi merupakan salah satu bentuk hiburan yang digemari oleh banyak orang. Aktivitas ini dapat dilakukan secara individu maupun bersama-sama, dan memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan fisik dan mental.

  • Pelepasan Stres

    Bernyanyi dapat membantu melepaskan stres dan ketegangan yang menumpuk dalam tubuh. Saat bernyanyi, tubuh melepaskan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres.

  • Meningkatkan Suasana Hati

    Bernyanyi juga dapat meningkatkan suasana hati. Saat menyanyikan lagu yang disukai, tubuh akan melepaskan hormon dopamin yang dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

    Bernyanyi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Irama dan melodi yang dihasilkan saat bernyanyi dapat membantu menenangkan pikiran dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

    Bernyanyi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Saat bernyanyi di depan orang lain, kita akan belajar untuk mengekspresikan diri dan mengatasi rasa takut atau malu.

Dengan demikian, bernyanyi sebagai sarana hiburan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Aktivitas ini dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat bernyanyi telah banyak diteliti oleh para ilmuwan dan peneliti. Studi-studi ilmiah telah menunjukkan bahwa bernyanyi dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Salah satu studi yang paling terkenal tentang manfaat bernyanyi adalah studi yang dilakukan oleh Universitas Gothenburg di Swedia. Studi ini menemukan bahwa bernyanyi dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi stres. Studi ini melibatkan sekelompok orang dewasa yang bernyanyi selama 30 menit setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang bernyanyi mengalami peningkatan fungsi paru-paru yang signifikan dan penurunan kadar hormon stres kortisol.

Yuk Baca:

Terungkap Manfaat Informasi Akuntansi Bagi Pihak Eksternal

Terungkap Manfaat Informasi Akuntansi Bagi Pihak Eksternal

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Oxford menemukan bahwa bernyanyi dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Studi ini melibatkan sekelompok orang dewasa yang menderita kecemasan. Kelompok ini dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok bernyanyi selama 30 menit setiap hari dan kelompok lainnya tidak bernyanyi. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang bernyanyi mengalami penurunan gejala kecemasan yang signifikan, sedangkan kelompok yang tidak bernyanyi tidak mengalami perubahan gejala.

Studi-studi ini hanyalah beberapa contoh dari banyak penelitian yang telah menunjukkan manfaat bernyanyi. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa bernyanyi dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, sehingga menjadikannya aktivitas yang bermanfaat bagi semua orang.

Tips Memaksimalkan Manfaat Bernyanyi

Selain mengetahui manfaatnya, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan manfaat bernyanyi, antara lain:

1. Bernyanyilah Secara Teratur

Manfaat bernyanyi akan lebih optimal jika dilakukan secara teratur. Alokasikan waktu tertentu dalam sehari untuk bernyanyi, meskipun hanya sebentar.

2. Pilih Lagu yang Disukai

Pilih lagu yang sesuai dengan suasana hati dan kesukaan. Bernyanyi lagu yang disukai akan membuat aktivitas ini lebih menyenangkan dan memberikan manfaat yang lebih besar.

3. Bernyanyilah dengan Benar

Bernyanyi dengan teknik yang benar dapat mencegah masalah pada pita suara. Perhatikan postur tubuh, pernapasan, dan artikulasi saat bernyanyi.

4. Bernyanyilah Bersama Orang Lain

Bernyanyi bersama orang lain dapat meningkatkan kebersamaan dan mempererat hubungan sosial. Selain itu, bernyanyi dalam kelompok dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Menakjubkan Roda bagi Perekonomian Dunia

Temukan Manfaat Menakjubkan Roda bagi Perekonomian Dunia

5. Gunakan Bernyanyi sebagai Alat Ekspresi

Bernyanyi dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan emosi dan perasaan. Gunakan bernyanyi untuk melepaskan stres, meningkatkan suasana hati, atau menyampaikan pesan tertentu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, manfaat bernyanyi dapat dirasakan secara optimal. Bernyanyi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan memperkaya kehidupan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Bernyanyi

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat bernyanyi:

1. Apa saja manfaat bernyanyi?-
Bernyanyi memiliki banyak manfaat, antara lain mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, melatih pernapasan, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fungsi kognitif, membangun kebersamaan, meningkatkan toleransi, mempererat hubungan sosial, mengekspresikan emosi, dan sebagai sarana hiburan.
2. Apakah bernyanyi dapat membantu mengurangi stres?-
Ya, bernyanyi dapat membantu mengurangi stres dengan melepaskan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres.
3. Apakah bernyanyi dapat meningkatkan suasana hati?-
Ya, bernyanyi dapat meningkatkan suasana hati dengan melepaskan hormon endorfin yang dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia.
4. Apakah bernyanyi dapat melatih pernapasan?-
Ya, bernyanyi dapat melatih pernapasan dengan cara mengontrol napas untuk menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga, sehingga dapat melatih otot-otot pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan aliran udara ke seluruh tubuh.
5. Apakah bernyanyi dapat memperbaiki postur tubuh?-
Ya, bernyanyi dapat memperbaiki postur tubuh dengan melatih kita untuk berdiri atau duduk tegak dengan bahu ke belakang dan dada ke luar, sehingga dapat membantu meluruskan tulang belakang dan memperkuat otot-otot punggung.
6. Apakah bernyanyi dapat meningkatkan fungsi kognitif?-
Ya, bernyanyi dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan meningkatkan memori, perhatian, kecepatan pemrosesan, dan fleksibilitas kognitif.

Kesimpulan

Bernyanyi memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, melatih pernapasan, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fungsi kognitif, membangun kebersamaan, meningkatkan toleransi, mempererat hubungan sosial, mengekspresikan emosi, dan sebagai sarana hiburan.

Dengan memasukkan bernyanyi ke dalam rutinitas harian kita, kita dapat merasakan berbagai manfaat tersebut. Bernyanyilah secara teratur, pilih lagu yang disukai, bernyanyilah dengan benar, bernyanyilah bersama orang lain, dan gunakan bernyanyi sebagai alat ekspresi untuk memaksimalkan manfaatnya. Bernyanyi dapat memperkaya hidup kita dan membuat kita lebih sehat dan bahagia.

Youtube Video: