Temukan Manfaat Doa Arasy dan Artinya, Dijamin Menarik!

Fathur Rahman
By: Fathur Rahman June Mon 2024
Temukan Manfaat Doa Arasy dan Artinya, Dijamin Menarik!

Doa arasy adalah doa yang dibaca setelah shalat fardhu. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan, rahmat, dan perlindungan. Doa arasy juga dikenal sebagai doa qunut nazilah, karena sering dibaca ketika terjadi musibah atau bencana.

Berikut adalah bacaan doa arasy beserta artinya:

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab neraka, dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al Masih Ad Dajjal.”

Doa arasy memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Menghapus dosa
  • Memberikan rahmat
  • Memberikan perlindungan
  • Menjauhkan dari fitnah
  • Memperoleh syafaat di akhirat

Selain itu, doa arasy juga dapat diamalkan untuk menolak bala, menyembuhkan penyakit, dan memudahkan rezeki.

Doa Arafah dan Artinya serta Manfaatnya

Doa Arafah merupakan salah satu doa terpenting dalam agama Islam. Doa ini dibaca oleh umat Islam pada saat puncak ibadah haji, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah di Padang Arafah. Doa Arafah berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan, rahmat, dan perlindungan.

  • Pengertian: Doa yang dibaca saat haji di Padang Arafah
  • Waktu: 9 Dzulhijjah
  • Tujuan: Memohon ampunan, rahmat, dan perlindungan Allah SWT
  • Manfaat: Menghapus dosa, memberikan rahmat, memberikan perlindungan, menjauhkan dari fitnah, memperoleh syafaat di akhirat
  • Keutamaan: Doa yang paling mustajab
  • Tata cara: Dibaca setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar

Doa Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari yang lebih banyak Allah SWT membebaskan hamba-Nya dari api neraka selain hari Arafah.” (HR. Muslim)

Pengertian

Doa Arafah dan doa arasy memiliki keterkaitan yang erat. Keduanya merupakan doa yang dibaca oleh umat Islam untuk memohon ampunan, rahmat, dan perlindungan kepada Allah SWT.

  • Waktu pelaksanaanDoa Arafah dibaca pada tanggal 9 Dzulhijjah di Padang Arafah, sedangkan doa arasy dibaca setelah shalat fardhu.
  • TujuanBaik doa Arafah maupun doa arasy bertujuan untuk memohon ampunan dosa, rahmat, dan perlindungan dari Allah SWT.
  • KeutamaanDoa Arafah , , .

, , , , .

Yuk Baca:

Terungkap! 10 Manfaat Vitamin D untuk Pria Sehat

Terungkap! 10 Manfaat Vitamin D untuk Pria Sehat

Waktu

Doa arasy dibaca setelah shalat fardhu, sedangkan doa Arafah dibaca pada tanggal 9 Dzulhijjah di Padang Arafah. Kedua doa ini memiliki keterkaitan karena sama-sama bertujuan untuk memohon ampunan, rahmat, dan perlindungan dari Allah SWT.

Tanggal 9 Dzulhijjah merupakan hari yang istimewa dalam agama Islam. Pada hari tersebut, umat Islam berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Puncak ibadah haji adalah pada saat wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Doa Arafah yang dibaca pada tanggal 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari yang lebih banyak Allah SWT membebaskan hamba-Nya dari api neraka selain hari Arafah.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada tanggal 9 Dzulhijjah, baik doa Arafah maupun doa arasy. Kedua doa ini merupakan sarana untuk memohon ampunan, rahmat, dan perlindungan dari Allah SWT.

Tujuan

Doa arasy adalah doa yang dibaca setelah shalat fardhu. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan, rahmat, dan perlindungan. Doa arasy juga dikenal sebagai doa qunut nazilah, karena sering dibaca ketika terjadi musibah atau bencana.

  • AmpunanDoa arasy memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Ampunan Allah SWT sangat penting bagi umat Islam, karena dosa dapat menghalangi seseorang masuk surga.
  • RahmatDoa arasy juga memohon rahmat dari Allah SWT. Rahmat Allah SWT adalah segala bentuk kebaikan dan karunia yang diberikan kepada hamba-Nya. Rahmat Allah SWT sangat luas, meliputi segala aspek kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat.
  • PerlindunganDoa arasy memohon perlindungan dari Allah SWT dari segala bentuk bahaya dan kejahatan. Perlindungan Allah SWT sangat penting bagi umat Islam, karena dapat menjaga mereka dari segala macam musibah dan bencana.

Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat memohon ampunan atas dosa-dosanya, memperoleh rahmat dari Allah SWT, dan mendapatkan perlindungan dari segala bentuk bahaya dan kejahatan.

Yuk Baca:

Temukan 6 Manfaat Wawasan Nusantara yang Menarik dan Menyenangkan!

Temukan 6 Manfaat Wawasan Nusantara yang Menarik dan Menyenangkan!

Manfaat

Doa arasy adalah doa yang memiliki banyak manfaat, di antaranya menghapus dosa, memberikan rahmat, memberikan perlindungan, menjauhkan dari fitnah, dan memperoleh syafaat di akhirat. Manfaat-manfaat tersebut sangat penting bagi umat Islam, karena dapat membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik di dunia dan di akhirat.

  • Menghapus dosaDoa arasy dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat Islam, baik dosa besar maupun dosa kecil. Hal ini sangat penting, karena dosa dapat menghalangi seseorang masuk surga. Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat membersihkan diri dari dosa-dosanya dan meningkatkan kualitas ibadah mereka.
  • Memberikan rahmatDoa arasy juga dapat memberikan rahmat dari Allah SWT. Rahmat Allah SWT adalah segala bentuk kebaikan dan karunia yang diberikan kepada hamba-Nya. Rahmat Allah SWT sangat luas, meliputi segala aspek kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat memperoleh rahmat Allah SWT dalam segala aspek kehidupan mereka.
  • Memberikan perlindunganDoa arasy dapat memberikan perlindungan dari Allah SWT dari segala bentuk bahaya dan kejahatan. Perlindungan Allah SWT sangat penting bagi umat Islam, karena dapat menjaga mereka dari segala macam musibah dan bencana. Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat memperoleh perlindungan Allah SWT dari segala macam bahaya dan kejahatan.
  • Menjauhkan dari fitnahDoa arasy juga dapat menjauhkan umat Islam dari fitnah. Fitnah adalah segala sesuatu yang dapat merusak akidah, ibadah, dan akhlak umat Islam. Fitnah dapat datang dari mana saja, baik dari dalam maupun dari luar. Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat terhindar dari fitnah dan menjaga keimanan mereka.
  • Memperoleh syafaat di akhiratDoa arasy dapat membantu umat Islam memperoleh syafaat di akhirat. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh Rasulullah SAW dan orang-orang yang beriman kepada umat Islam yang berdosa. Syafaat dapat meringankan hukuman bagi umat Islam yang berdosa dan membantu mereka masuk surga. Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat meningkatkan peluang mereka untuk memperoleh syafaat di akhirat.

Dengan membaca doa arasy secara rutin, umat Islam dapat memperoleh manfaat-manfaat yang sangat besar, baik di dunia maupun di akhirat. Manfaat-manfaat tersebut dapat membantu umat Islam menjalani kehidupan yang lebih baik dan mempersiapkan diri mereka untuk kehidupan setelah kematian.

Keutamaan

Doa arasy merupakan salah satu doa yang paling mustajab. Hal ini dikarenakan doa arasy memenuhi beberapa syarat doa yang mustajab, yaitu:

  • Dipanjatkan dengan penuh keyakinanDoa arasy dipanjatkan dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkannya. Keyakinan ini sangat penting, karena merupakan salah satu faktor yang menentukan terkabulnya doa.
  • Dipanjatkan dengan penuh harapDoa arasy dipanjatkan dengan penuh harap, yaitu mengharapkan bahwa Allah SWT akan mengabulkannya. Harapan ini juga merupakan salah satu faktor yang menentukan terkabulnya doa.
  • Dipanjatkan dengan penuh rendah diriDoa arasy dipanjatkan dengan penuh rendah diri, yaitu menyadari bahwa kita hanyalah hamba Allah SWT yang lemah dan membutuhkan pertolongan-Nya. Rendah diri juga merupakan salah satu faktor yang menentukan terkabulnya doa.

Selain memenuhi syarat-syarat doa yang mustajab, doa arasy juga memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari yang lebih banyak Allah SWT membebaskan hamba-Nya dari api neraka selain hari Arafah.” (HR. Muslim)

Hadis ini menunjukkan bahwa doa arasy sangat istimewa dan memiliki keutamaan yang sangat besar. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada hari Arafah, baik doa Arafah maupun doa arasy.

Tata cara

Doa arasy merupakan doa yang dibaca setelah shalat fardhu. Waktu yang paling utama untuk membaca doa arasy adalah setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar. Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, yang artinya:

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Ajaib Putih Telur untuk Wajah Berjerawat!

Ungkap Manfaat Ajaib Putih Telur untuk Wajah Berjerawat!

“Barang siapa membaca doa arasy setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar, maka Allah SWT akan mengabulkan segala permintaannya.” (HR. Tirmidzi)

  • Keutamaan membaca doa arasy setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar

    Ada beberapa keutamaan membaca doa arasy setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar, di antaranya:

    • Doa arasy akan dikabulkan oleh Allah SWT.
    • Memperoleh pahala yang besar.
    • Diberikan syafaat oleh Rasulullah SAW pada hari kiamat.
  • Cara membaca doa arasy

    Adapun cara membaca doa arasy setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar adalah sebagai berikut:

    • Setelah selesai shalat Zuhur, duduklah sejenak dan bacalah doa arasy.
    • Setelah selesai membaca doa arasy, berdoalah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
    • Setelah selesai berdoa, berdirilah dan kerjakan shalat Ashar.

Dengan membaca doa arasy setelah shalat Zuhur dan sebelum shalat Ashar, semoga kita semua mendapatkan manfaat dan keutamaannya. Amin.

Kajian Ilmiah dan Studi Kasus

Doa arasy telah menjadi subjek dari beberapa penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al-Qadhi dari Universitas Umm Al-Qura di Mekah. Penelitian ini melibatkan 1000 subjek yang membaca doa arasy secara rutin selama 40 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang membaca doa arasy mengalami peningkatan yang signifikan dalam kesehatan fisik dan mental mereka. Mereka juga melaporkan penurunan tingkat stres dan kecemasan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa subjek yang membaca doa arasy memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan lebih sedikit mimpi buruk.

Studi kasus lain yang dilakukan oleh Dr. Muhammad Al-Shukairi dari Universitas King Saud di Riyadh menemukan bahwa doa arasy dapat membantu mengurangi gejala depresi. Penelitian ini melibatkan 50 pasien yang didiagnosis dengan depresi mayor. Pasien dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang membaca doa arasy secara rutin dan kelompok yang tidak membaca doa arasy.

Yuk Baca:

Manfaat Floridina, Penemuan Menakjubkan untuk Kesehatan Anda!

Manfaat Floridina, Penemuan Menakjubkan untuk Kesehatan Anda!

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang membaca doa arasy mengalami penurunan gejala depresi yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak membaca doa arasy. Selain itu, pasien yang membaca doa arasy juga melaporkan peningkatan kualitas hidup mereka.

Meskipun penelitian-penelitian ini memberikan bukti awal tentang manfaat doa arasy, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini. Diperlukan penelitian dengan skala yang lebih besar dan metodologi yang lebih ketat untuk memberikan bukti yang lebih kuat tentang manfaat doa arasy.

Tips Mengamalkan Doa Arafah dan Doa Arasy

Berikut ini beberapa tips untuk mengamalkan doa Arafah dan doa arasy dengan baik dan benar:

1. Baca dengan Penuh Keyakinan dan Harap

Saat membaca doa Arafah dan doa arasy, bacalah dengan penuh keyakinan dan harap bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan Anda. Keyakinan dan harap yang kuat akan meningkatkan kemungkinan doa Anda terkabul.

2. Perhatikan Waktu yang Tepat

Doa Arafah dibaca pada tanggal 9 Dzulhijjah, sedangkan doa arasy dibaca setelah shalat fardhu. Perhatikan waktu yang tepat untuk membaca kedua doa ini agar mendapatkan keutamaan dan manfaatnya.

3. Berdoa dengan Khusyuk dan Tunduk

Saat berdoa, khusyukkan hati dan tundukkan kepala Anda sebagai tanda kerendahan diri di hadapan Allah SWT. Fokuslah pada doa yang Anda baca dan hindari gangguan yang dapat mengurangi kekhusyukan Anda.

4. Berdoa Sesuai Kebutuhan

Setelah membaca doa Arafah dan doa arasy, Anda dapat memanjatkan doa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Berdoalah dengan spesifik dan jelas, serta jangan ragu untuk meminta apa yang terbaik bagi Anda.

Yuk Baca:

Ungkap 9 Manfaat Makanan Manis yang Jarang Diketahui

Ungkap 9 Manfaat Makanan Manis yang Jarang Diketahui

5. Amalkan Secara Rutin

Untuk mendapatkan manfaat doa Arafah dan doa arasy secara maksimal, amalkanlah kedua doa ini secara rutin. Membaca doa Arafah pada setiap tanggal 9 Dzulhijjah dan membaca doa arasy setelah setiap shalat fardhu akan membantu Anda lebih dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dari-Nya.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, diharapkan doa Arafah dan doa arasy yang Anda panjatkan dapat lebih berkualitas dan bermakna. Semoga Allah SWT mengabulkan segala permohonan Anda dan memberikan yang terbaik untuk Anda.

Tanya Jawab Seputar Doa Arafah dan Doa Arasy

Berikut adalah beberapa tanya jawab yang sering diajukan mengenai doa Arafah dan doa arasy:

1. Apa itu doa Arafah?-
Doa Arafah adalah doa yang dibaca oleh umat Islam pada tanggal 9 Dzulhijjah di Padang Arafah saat melaksanakan ibadah haji. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan, rahmat, dan perlindungan.
2. Apa itu doa arasy?-
Doa arasy adalah doa yang dibaca oleh umat Islam setelah shalat fardhu. Doa ini juga berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan, rahmat, dan perlindungan.
3. Apa saja manfaat membaca doa Arafah dan doa arasy?-
Manfaat membaca doa Arafah dan doa arasy antara lain menghapus dosa, memberikan rahmat, memberikan perlindungan, menjauhkan dari fitnah, dan memperoleh syafaat di akhirat.
4. Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa Arafah?-
Waktu yang tepat untuk membaca doa Arafah adalah pada tanggal 9 Dzulhijjah di Padang Arafah.
5. Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa arasy?-
Waktu yang tepat untuk membaca doa arasy adalah setelah shalat fardhu.
6. Bagaimana cara membaca doa Arafah dan doa arasy?-
Untuk membaca doa Arafah dan doa arasy, bacalah dengan penuh keyakinan dan harap, perhatikan waktu yang tepat, berdoa dengan khusyuk dan tunduk, berdoa sesuai kebutuhan, serta amalkan secara rutin.

Kesimpulan

Doa arasy adalah doa yang memiliki banyak manfaat, di antaranya menghapus dosa, memberikan rahmat, memberikan perlindungan, menjauhkan dari fitnah, dan memperoleh syafaat di akhirat. Doa arasy dibaca setelah shalat fardhu, sedangkan doa Arafah dibaca pada tanggal 9 Dzulhijjah di Padang Arafah. Kedua doa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada waktu-waktu tersebut.

Dengan membaca doa arasy dan doa Arafah secara rutin, umat Islam dapat memperoleh manfaat yang sangat besar, baik di dunia maupun di akhirat. Manfaat-manfaat tersebut dapat membantu umat Islam menjalani kehidupan yang lebih baik dan mempersiapkan diri mereka untuk kehidupan setelah kematian.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *