Manfaat Bunga Telang: Wajah Cerah Berseri, Rahasia Kecantikan Terungkap!

Manfaat Bunga Telang: Wajah Cerah Berseri, Rahasia Kecantikan Terungkap!

Bunga telang atau Clitoria ternatea adalah tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Bunga ini memiliki warna biru keunguan yang khas dan telah lama digunakan sebagai pewarna alami. Selain itu, bunga telang juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk kecantikan wajah.

Manfaat bunga telang untuk kecantikan wajah antara lain:

  • Mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, seperti jerawat dan eksim.
  • Kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.
  • Mengandung kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

Bunga telang dapat digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti masker wajah, toner, dan serum. Anda juga bisa membuat teh bunga telang dan menggunakannya sebagai air bilasan wajah.

Manfaat Bunga Telang untuk Kecantikan Wajah

Bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, antara lain:

  • Antioksidan
  • Anti-inflamasi
  • Vitamin C
  • Kolagen
  • Masker wajah
  • Toner
  • Serum
  • Teh bunga telang
  • Air bilasan wajah

Antioksidan dalam bunga telang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Vitamin C dalam bunga telang dapat membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam, sedangkan kolagen dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

Bunga telang dapat digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti masker wajah, toner, dan serum. Anda juga bisa membuat teh bunga telang dan menggunakannya sebagai air bilasan wajah. Menggunakan bunga telang untuk kecantikan wajah secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak DNA, protein, dan lipid dalam sel. Kerusakan ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

Yuk Baca:

Temukan 7 Manfaat Skala Prioritas yang Menakjubkan

Temukan 7 Manfaat Skala Prioritas yang Menakjubkan

Bunga telang mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk antosianin, flavonoid, dan asam fenolik. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti sinar UV, polusi, dan asap rokok. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, dan kulit kusam.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “International Journal of Cosmetic Science” menemukan bahwa penggunaan serum wajah yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Secara keseluruhan, antioksidan merupakan komponen penting dalam produk perawatan kulit untuk kecantikan wajah. Antioksidan dalam bunga telang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Anti-inflamasi

Inflamasi adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan yang kronis dapat merusak kulit dan menyebabkan masalah seperti jerawat, eksim, dan rosacea.

  • Sifat Anti-inflamasi Bunga Telang

    Bunga telang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Sifat anti-inflamasi ini berasal dari kandungan antioksidan dalam bunga telang, seperti antosianin dan flavonoid.

  • Manfaat untuk Kecantikan Wajah

    Sifat anti-inflamasi bunga telang bermanfaat untuk kecantikan wajah karena dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan rosacea. Selain itu, sifat anti-inflamasi juga dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan kemerahan.

    Yuk Baca:

    Ungkap 10 Manfaat Luar Biasa Squat untuk Pria

    Ungkap 10 Manfaat Luar Biasa Squat untuk Pria

Secara keseluruhan, sifat anti-inflamasi bunga telang menjadikannya bahan yang bermanfaat untuk produk perawatan kulit untuk kecantikan wajah. Sifat anti-inflamasi ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi, termasuk kesehatan kulit. Vitamin C berperan penting dalam sintesis kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

  • Antioksidan

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya.

  • Pencerah Kulit

    Vitamin C membantu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Dengan menghambat produksi melanin, vitamin C dapat membantu menyamarkan noda hitam dan hiperpigmentasi, sehingga kulit tampak lebih cerah dan merata.

  • Anti-inflamasi

    Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Sifat anti-inflamasi ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan rosacea.

  • Pelembap

    Vitamin C membantu menjaga kelembapan kulit dengan meningkatkan produksi ceramides, lipid yang membentuk lapisan pelindung kulit. Lapisan pelindung ini membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Secara keseluruhan, vitamin C merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin C dalam bunga telang memberikan manfaat yang signifikan untuk kecantikan wajah, seperti melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mencerahkan kulit, mengurangi peradangan, dan menjaga kelembapan kulit.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Wajah Bersih dengan 8 Manfaat Refaquin yang Menakjubkan

Temukan Rahasia Wajah Bersih dengan 8 Manfaat Refaquin yang Menakjubkan

Kolagen

Kolagen merupakan protein penting yang menyusun sekitar 70% jaringan kulit. Kolagen berperan dalam menjaga kekuatan, elastisitas, dan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami dalam tubuh akan menurun, sehingga kulit menjadi lebih tipis, kendur, dan berkerut.

  • Peran Kolagen dalam Kecantikan Wajah

    Kolagen sangat penting untuk menjaga kecantikan wajah karena dapat membantu:

    • Menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, sehingga kulit tampak lebih muda dan kencang.
    • Mengurangi keriput dan garis-garis halus.
    • Meningkatkan hidrasi kulit.
    • Mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.
  • Manfaat Bunga Telang untuk Kolagen

    Bunga telang mengandung antioksidan yang dapat melindungi kolagen dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, termasuk kerusakan kolagen.

    Selain itu, bunga telang juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam sintesis kolagen. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen baru, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Secara keseluruhan, bunga telang dapat bermanfaat untuk kecantikan wajah karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat melindungi dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan menjaga kesehatan kolagen, kulit wajah akan tampak lebih muda, kencang, dan bercahaya.

Masker wajah

Masker wajah merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian perawatan kulit, termasuk untuk kecantikan wajah. Masker wajah berfungsi untuk membersihkan, menutrisi, dan melindungi kulit wajah dari berbagai faktor lingkungan yang dapat merusak kulit.

Bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, dan salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah melalui masker wajah. Masker wajah bunga telang dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

Yuk Baca:

Temukan Ragam Manfaat dan Wawasan Mengenai Kebermanfaatan

Temukan Ragam Manfaat dan Wawasan Mengenai Kebermanfaatan
  • Bubuk bunga telang
  • Daun mint
  • Madu
  • Yogurt

Cara pembuatannya, campurkan semua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

Masker wajah bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, antara lain:

  • Membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih
  • Menutrisi kulit dengan vitamin dan mineral
  • Melembapkan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi peradangan
  • Mencegah penuaan dini

Menggunakan masker wajah bunga telang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Masker wajah bunga telang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Toner

Toner merupakan salah satu langkah penting dalam rangkaian perawatan kulit, termasuk untuk kecantikan wajah. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, membersihkan sisa kotoran dan minyak berlebih, serta mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan kulit selanjutnya.

Bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, dan salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah melalui toner. Toner bunga telang dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

  • Air bunga telang
  • Cuka apel
  • Gliserin

Cara pembuatannya, campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Tuangkan toner ke dalam botol semprot dan gunakan setelah membersihkan wajah.

Toner bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, antara lain:

  • Menyeimbangkan pH kulit
  • Membersihkan sisa kotoran dan minyak berlebih
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mencerahkan kulit
  • Melembapkan kulit
  • Mengurangi peradangan

Menggunakan toner bunga telang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Toner bunga telang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Serum

Serum merupakan produk perawatan kulit yang memiliki tekstur cair dan ringan, sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Serum biasanya mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya, seperti pelembap atau toner. Bahan aktif ini dapat berupa vitamin, mineral, antioksidan, atau ekstrak tumbuhan.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Aloe Vera Nature Republik yang Menakjubkan

Ungkap Manfaat Aloe Vera Nature Republik yang Menakjubkan

Bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, dan salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah melalui serum. Serum bunga telang dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

  • Ekstrak bunga telang
  • Vitamin C
  • Asam hialuronat

Cara pembuatannya, campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Tuangkan serum ke dalam botol tetes dan gunakan setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner.

Serum bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, antara lain:

  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis halus
  • Melembapkan kulit
  • Melindungi kulit dari radikal bebas
  • Mengurangi peradangan

Menggunakan serum bunga telang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Serum bunga telang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Teh bunga telang

Teh bunga telang merupakan minuman herbal yang terbuat dari bunga tanaman Clitoria ternatea. Bunga telang memiliki warna biru keunguan yang khas dan telah lama digunakan sebagai pewarna alami. Selain itu, bunga telang juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk kecantikan wajah.

  • Antioksidan

    Teh bunga telang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti antosianin, flavonoid, dan asam fenolik. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mencegah penuaan dini, keriput, dan kulit kusam.

  • Anti-inflamasi

    Teh bunga telang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Sifat anti-inflamasi ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan rosacea.

  • Vitamin C

    Teh bunga telang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit karena berperan dalam sintesis kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mencerahkan kulit.

    Yuk Baca:

    Temukan 10 Manfaat Bihun yang Menakjubkan untuk Kesehatan

    Temukan 10 Manfaat Bihun yang Menakjubkan untuk Kesehatan
  • Kolagen

    Teh bunga telang mengandung antioksidan yang dapat melindungi kolagen dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, teh bunga telang juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam sintesis kolagen. Dengan menjaga kesehatan kolagen, kulit wajah akan tampak lebih muda, kencang, dan bercahaya.

Secara keseluruhan, teh bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, antara lain melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, mencerahkan kulit, dan menjaga kesehatan kolagen. Minum teh bunga telang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Air bilasan wajah

Air bilasan wajah merupakan salah satu langkah penting dalam rangkaian perawatan kulit, termasuk untuk kecantikan wajah. Air bilasan wajah berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran dan minyak berlebih, menyegarkan kulit, dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan kulit selanjutnya.

Bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, dan salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah melalui air bilasan wajah. Air bilasan wajah bunga telang dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

  • Air bunga telang
  • Air mawar
  • Gliserin

Cara pembuatannya, campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Tuangkan air bilasan wajah ke dalam botol semprot dan gunakan setelah membersihkan wajah.

Air bilasan wajah bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, antara lain:

  • Membersihkan sisa kotoran dan minyak berlebih
  • Menyegarkan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Melembapkan kulit
  • Mengurangi peradangan

Menggunakan air bilasan wajah bunga telang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Air bilasan wajah bunga telang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut yang Jarang Diketahui

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat bunga telang untuk kecantikan wajah telah didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal “International Journal of Cosmetic Science” menemukan bahwa penggunaan serum wajah yang mengandung ekstrak bunga telang selama 8 minggu dapat membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Fitoterapia” menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan pada kulit. Studi ini menemukan bahwa aplikasi topikal ekstrak bunga telang pada kulit dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat bunga telang untuk kecantikan wajah, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini dan menentukan dosis dan durasi penggunaan yang optimal. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa hasil studi kasus dan penelitian ilmiah dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kulit, kondisi kulit, dan metode penggunaan.

Untuk memastikan keamanan dan efektivitas penggunaan bunga telang untuk kecantikan wajah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit yang berkualifikasi. Mereka dapat memberikan panduan yang tepat tentang cara menggunakan bunga telang dengan aman dan efektif untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tips Menggunakan Bunga Telang untuk Kecantikan Wajah

Bunga telang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, namun penting untuk menggunakannya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Pilih Bunga Telang Kering atau Segar yang Berkualitas

Kualitas bunga telang akan mempengaruhi khasiatnya. Pilihlah bunga telang kering atau segar yang berwarna biru keunguan cerah dan tidak layu. Hindari menggunakan bunga telang yang sudah berubah warna atau berbau tidak sedap.

2. Gunakanlah Secara Teratur

Untuk mendapatkan manfaat bunga telang secara maksimal, gunakanlah secara teratur. Anda dapat mengonsumsinya sebagai teh, menggunakannya sebagai masker wajah, atau menambahkannya ke dalam produk perawatan kulit lainnya.

3. Lakukan Tes Alergi Terlebih Dahulu

Meskipun bunga telang umumnya aman untuk digunakan, namun beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi. Lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit ekstrak bunga telang pada kulit bagian dalam lengan. Jika tidak terjadi reaksi alergi, Anda dapat menggunakannya dengan aman.

4. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu atau sedang menggunakan obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan bunga telang. Dokter kulit dapat memberikan saran yang tepat tentang cara menggunakan bunga telang dengan aman dan efektif.

5. Simpan Bunga Telang dengan Benar

Untuk menjaga kualitas bunga telang, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk. Anda dapat menyimpan bunga telang kering dalam wadah kedap udara, sedangkan bunga telang segar dapat disimpan di lemari es.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menggunakan bunga telang dengan aman dan efektif untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan wajah. Bunga telang dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi peradangan, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Bunga Telang untuk Kecantikan Wajah

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat bunga telang untuk kecantikan wajah, beserta jawabannya:

1. Apakah bunga telang aman digunakan untuk semua jenis kulit?-
Ya, bunga telang umumnya aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Namun, seperti bahan alami lainnya, ada kemungkinan beberapa orang mengalami reaksi alergi. Sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit ekstrak bunga telang pada kulit bagian dalam lengan. Jika tidak terjadi reaksi alergi, Anda dapat menggunakannya dengan aman.
2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil penggunaan bunga telang pada kulit?-
Hasil penggunaan bunga telang pada kulit dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan masalah kulit yang diatasi. Namun, umumnya Anda dapat mulai melihat hasil setelah menggunakan bunga telang secara teratur selama beberapa minggu.
3. Apakah bunga telang dapat mengatasi jerawat?-
Ya, bunga telang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Antioksidan dalam bunga telang juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat memperburuk jerawat.
4. Apakah bunga telang dapat mencerahkan kulit?-
Ya, bunga telang mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Selain itu, bunga telang juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan kulit kusam.
5. Apakah bunga telang dapat mengurangi kerutan?-
Ya, bunga telang mengandung kolagen dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerutan dan menjaga elastisitas kulit. Kolagen merupakan protein penting yang memberikan struktur dan kekuatan pada kulit.
6. Di mana saya bisa mendapatkan bunga telang?-
Anda dapat menemukan bunga telang di toko herbal atau online. Bunga telang biasanya dijual dalam bentuk kering atau segar. Anda dapat menggunakan bunga telang kering atau segar untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan wajah.

Manfaat Bunga Telang untuk Kecantikan Wajah

Bunga telang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit, termasuk masalah kulit. Penelitian modern telah mengkonfirmasi banyak manfaat bunga telang untuk kecantikan wajah, berkat kandungan antioksidan, anti-inflamasi, vitamin C, dan kolagennya.

Penggunaan bunga telang secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi peradangan, mencegah penuaan dini, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Bunga telang dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti masker wajah, toner, serum, teh, dan air bilasan wajah. Dengan mengikuti tips yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter kulit jika perlu, Anda dapat menggunakan bunga telang dengan aman dan efektif untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan wajah.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *