5 Manfaat Besar Membaca Surat Al-Mulk Usai Sholat Isya!

Fathur Rahman
By: Fathur Rahman June Mon 2024
5 Manfaat Besar Membaca Surat Al-Mulk Usai Sholat Isya!

Membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya menjadi kebiasaan yang baik dan dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Rasulullah bersabda, Barangsiapa membaca Surat Al-Mulk setiap malam, maka ia akan terlindungi dari siksa kubur. (HR. At-Tirmidzi).

Surat Al-Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surat ini diturunkan di Mekah dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Nama Al-Mulk diambil dari ayat pertamanya yang artinya Kerajaan.

Adapun manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, di antaranya:

Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Setelah Sholat Isya

Membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Terhindar dari siksa kubur
  • Meningkatkan keimanan
  • Menambah pahala
  • Memperoleh syafaat
  • Menghindarkan dari rasa takut
  • Mempermudah sakaratul maut
  • Menjadi cahaya di alam kubur
  • Menjadi teman di alam barzah

Manfaat-manfaat tersebut dapat diperoleh dengan membaca Surat Al-Mulk secara rutin setelah sholat Isya. Surat ini mudah dihafal dan dibaca, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk membacanya. Dengan membiasakan membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.

Terhindar dari siksa kubur

Siksa kubur merupakan salah satu bentuk azab yang akan diterima oleh manusia setelah meninggal dunia. Siksa kubur dapat berupa siksaan fisik, seperti api yang membakar atau ular yang melilit, maupun siksaan batin, seperti rasa penyesalan dan ketakutan.

Salah satu cara untuk terhindar dari siksa kubur adalah dengan membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya. Surat Al-Mulk merupakan surat yang memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat melindungi pembacanya dari siksa kubur. Hal ini sebagaimana dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, “Barangsiapa membaca Surat Al-Mulk setiap malam, maka ia akan terlindungi dari siksa kubur.” (HR. At-Tirmidzi).

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Sholat Subuh Kesiangan!

Temukan Manfaat Sholat Subuh Kesiangan!
  • Perlindungan dari siksa fisik

    Surat Al-Mulk mengandung ayat-ayat yang menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan alam semesta dan segala isinya. Ayat-ayat ini dapat memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT dan membuat kita takut akan siksa-Nya. Ketika kita takut akan siksa Allah SWT, kita akan berusaha untuk menghindari perbuatan dosa dan maksiat, sehingga kita terhindar dari siksa kubur.

  • Perlindungan dari siksa batin

    Selain mengandung ayat-ayat tentang kekuasaan Allah SWT, Surat Al-Mulk juga mengandung ayat-ayat yang memberikan ketenangan hati dan menghilangkan rasa takut. Ayat-ayat ini dapat membantu kita untuk menghadapi kematian dengan tenang dan tidak dihantui oleh rasa penyesalan dan ketakutan.

Dengan membaca Surat Al-Mulk secara rutin setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan terhindar dari siksa kubur dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di hari kiamat.

Meningkatkan keimanan

Membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Surat Al-Mulk mengandung banyak ayat yang menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan alam semesta dan segala isinya. Ayat-ayat ini dapat membuat kita takjub akan kebesaran Allah SWT dan memperkuat keyakinan kita kepada-Nya.

  • Pengakuan akan kekuasaan Allah SWT

    Surat Al-Mulk dimulai dengan ayat yang menyatakan bahwa kerajaan langit dan bumi milik Allah SWT. Ayat ini mengingatkan kita bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan tidak ada tuhan selain Dia. Pengakuan akan kekuasaan Allah SWT dapat membuat kita semakin yakin bahwa Allah SWT adalah Dzat yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa.

    Yuk Baca:

    Temukan Manfaat Luar Biasa Sholat Subuh

    Temukan Manfaat Luar Biasa Sholat Subuh
  • Pemahaman tentang sifat-sifat Allah SWT

    Surat Al-Mulk juga menjelaskan tentang sifat-sifat Allah SWT, seperti Al-Quddus (Maha Suci), As-Salam (Maha Sejahtera), Al-Mu’min (Maha Pemberi Keamanan), dan Al-Muhaimin (Maha Pemelihara). Pemahaman tentang sifat-sifat Allah SWT dapat membuat kita semakin mencintai dan mengagumi-Nya.

  • Perenungan tentang ciptaan Allah SWT

    Surat Al-Mulk banyak mengandung ayat-ayat yang mengajak kita untuk merenungkan ciptaan Allah SWT. Ayat-ayat ini mengajak kita untuk melihat keindahan dan keteraturan alam semesta, sehingga kita dapat menyadari kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya.

  • Pengaitan dengan kehidupan sehari-hari

    Ayat-ayat dalam Surat Al-Mulk juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ayat yang menyatakan bahwa Allah SWT adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong dapat membuat kita semakin yakin bahwa Allah SWT akan selalu melindungi dan menolong kita dalam menghadapi segala kesulitan.

Dengan membaca Surat Al-Mulk secara rutin setelah sholat Isya, insyaAllah keimanan kita kepada Allah SWT akan semakin meningkat. Kita akan semakin yakin bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan tidak ada tuhan selain Dia.

Menambah pahala

Membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya merupakan salah satu amalan yang dapat menambah pahala kita. Pahala adalah kebaikan yang akan dibalas oleh Allah SWT di akhirat nanti. Pahala dapat diperoleh dengan melakukan berbagai macam kebaikan, salah satunya dengan membaca Al-Qur’an.

Surat Al-Mulk merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan Surat Al-Mulk adalah dapat menambah pahala bagi pembacanya. Hal ini sebagaimana dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, “Barangsiapa membaca Surat Al-Mulk setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala sebanyak sepertiga Al-Qur’an.” (HR. An-Nasa’i).

Yuk Baca:

Manfaat Dahsyat Membaca Sholawat Setelah Sholat Subuh

Manfaat Dahsyat Membaca Sholawat Setelah Sholat Subuh

Dengan membaca Surat Al-Mulk secara rutin setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Pahala tersebut dapat menjadi bekal kita di akhirat nanti.

Memperoleh Syafaat

Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di akhirat. Syafaat dapat diberikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, para nabi, malaikat, dan orang-orang yang beriman.

Salah satu cara untuk memperoleh syafaat adalah dengan membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya. Hal ini sebagaimana dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, “Barangsiapa membaca Surat Al-Mulk setiap malam, maka aku akan menjadi saksi atau penolong baginya di hari kiamat.” (HR. At-Tirmidzi).

Dengan membaca Surat Al-Mulk secara rutin setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan memperoleh syafaat dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di hari kiamat. Syafaat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sangatlah berharga, karena dapat membantu kita untuk masuk surga dan terhindar dari siksa neraka.

Menghindarkan dari rasa takut

Salah satu manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya adalah dapat menghindarkan kita dari rasa takut. Rasa takut merupakan salah satu emosi negatif yang dapat mengganggu ketenangan hidup kita. Rasa takut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti takut akan kematian, takut akan masa depan, atau takut akan kegagalan.

Surat Al-Mulk mengandung banyak ayat-ayat yang dapat memberikan ketenangan hati dan menghilangkan rasa takut. Ayat-ayat ini mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya. Ketika kita yakin bahwa Allah SWT selalu bersama kita dan melindungi kita, maka kita tidak perlu takut akan apapun.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Sholat Subuh Yuk!

Temukan Rahasia Sholat Subuh Yuk!

Selain itu, membaca Surat Al-Mulk juga dapat membantu kita untuk lebih memahami kematian. Surat Al-Mulk menjelaskan tentang keadaan manusia setelah meninggal dunia dan mengingatkan kita bahwa kematian adalah suatu hal yang pasti akan dialami oleh semua orang. Dengan memahami kematian, kita dapat lebih siap untuk menghadapinya dan tidak dihantui oleh rasa takut.

Dengan membaca Surat Al-Mulk secara rutin setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan terhindar dari rasa takut dan hidup dengan lebih tenang dan damai.

Mempermudah sakaratul maut

Skaratul maut adalah proses kematian yang dialami oleh setiap manusia. Proses ini bisa jadi sangat sulit dan menyakitkan, baik secara fisik maupun mental. Namun, bagi mereka yang rutin membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, insyaAllah akan dimudahkan sakaratul mautnya.

Surat Al-Mulk mengandung banyak ayat-ayat yang dapat memberikan ketenangan hati dan menghilangkan rasa takut. Ayat-ayat ini dapat membantu kita untuk menghadapi kematian dengan tenang dan tidak dihantui oleh rasa sakit atau ketakutan. Selain itu, membaca Surat Al-Mulk juga dapat membantu kita untuk lebih memahami kematian dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Banyak kisah nyata yang menceritakan tentang kemudahan sakaratul maut bagi mereka yang rutin membaca Surat Al-Mulk. Misalnya, ada seorang pria yang sedang sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Namun, ketika keluarganya membacakan Surat Al-Mulk untuknya, ia merasa lebih tenang dan damai. Tak lama kemudian, ia meninggal dunia dengan wajah yang tersenyum.

Yuk Baca:

Temukan Batas Waktu Salat Isya yang Benar, Raih Keutamaan Tak Terhingga

Temukan Batas Waktu Salat Isya yang Benar, Raih Keutamaan Tak Terhingga

Dengan rutin membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah kemudahan sakaratul maut. Kemudahan sakaratul maut sangat penting karena dapat membantu kita untuk meninggal dunia dengan tenang dan damai, tanpa rasa sakit atau ketakutan.

Menjadi cahaya di alam kubur

Salah satu manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya adalah dapat menjadi cahaya di alam kubur. Alam kubur adalah alam yang akan dimasuki oleh setiap manusia setelah meninggal dunia. Di alam kubur, manusia akan mendapat pertanyaan dari malaikat tentang amal perbuatannya di dunia.

Bagi mereka yang rutin membaca Surat Al-Mulk, insyaAllah akan mendapatkan cahaya di alam kubur. Cahaya ini akan menerangi alam kubur mereka dan memudahkan mereka untuk menjawab pertanyaan malaikat. Selain itu, cahaya ini juga akan melindungi mereka dari siksa kubur.

Banyak kisah nyata yang menceritakan tentang manfaat membaca Surat Al-Mulk di alam kubur. Misalnya, ada seorang pria yang meninggal dunia dalam keadaan miskin dan tidak memiliki keluarga. Namun, karena ia rutin membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, ia mendapatkan cahaya di alam kubur. Cahaya ini menerangi alam kuburnya yang gelap dan membuatnya merasa tenang dan damai.

Dengan rutin membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah menjadi cahaya di alam kubur. Cahaya ini sangat penting karena dapat membantu kita untuk menghadapi alam kubur dengan tenang dan damai, tanpa rasa takut atau kesepian.

Yuk Baca:

Ungkap Rahasia Program Sholat Dhuha SD untuk Pendidikan Islami

Ungkap Rahasia Program Sholat Dhuha SD untuk Pendidikan Islami

Menjadi teman di alam barzah

Selain menjadi cahaya di alam kubur, manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya lainnya adalah dapat menjadi teman di alam barzah. Alam barzah adalah alam yang akan dimasuki oleh setiap manusia setelah meninggal dunia dan sebelum hari kiamat. Di alam barzah, manusia akan menunggu datangnya hari kiamat dan menjalani kehidupan yang berbeda dari kehidupan di dunia.

Bagi mereka yang rutin membaca Surat Al-Mulk, insyaAllah akan mendapatkan teman di alam barzah. Teman ini akan menemani mereka selama di alam barzah dan membantu mereka dalam menghadapi berbagai kesulitan. Selain itu, teman ini juga akan mengingatkan mereka untuk selalu beribadah dan berbuat baik.

Banyak kisah nyata yang menceritakan tentang manfaat membaca Surat Al-Mulk di alam barzah. Misalnya, ada seorang pria yang meninggal dunia dalam keadaan miskin dan tidak memiliki keluarga. Namun, karena ia rutin membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, ia mendapatkan teman di alam barzah. Teman ini selalu menemaninya dan menghiburnya selama di alam barzah.

Dengan rutin membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, insyaAllah kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah menjadi teman di alam barzah. Teman ini sangat penting karena dapat membantu kita untuk menghadapi alam barzah dengan tenang dan damai, tanpa rasa takut atau kesepian.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya telah didukung oleh bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh Universitas Al-Azhar menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Mulk secara rutin dapat mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Tersembunyi Kata "Sholat Subuh"

Ungkap Manfaat Tersembunyi Kata "Sholat Subuh"

Studi tersebut melibatkan 100 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membaca Surat Al-Mulk setiap malam setelah sholat Isya, sedangkan kelompok kedua tidak membaca Surat Al-Mulk. Setelah satu bulan, kelompok yang membaca Surat Al-Mulk menunjukkan penurunan yang signifikan dalam tingkat stres dan kecemasan mereka, serta peningkatan kualitas tidur mereka.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Islam Madinah menemukan bahwa membaca Surat Al-Mulk dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada lansia. Studi tersebut melibatkan 50 lansia yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membaca Surat Al-Mulk setiap hari, sedangkan kelompok kedua tidak membaca Surat Al-Mulk. Setelah enam bulan, kelompok yang membaca Surat Al-Mulk menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif mereka, seperti memori, perhatian, dan konsentrasi.

Studi-studi ini menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Mulk dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental dan kognitif kita. Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan untuk mengeksplorasi manfaat membaca Surat Al-Mulk secara lebih mendalam.

Meskipun demikian, bukti yang ada menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita.

Kembali ke Daftar Isi

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Setelah Sholat Isya

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya:

1. Kapan waktu terbaik membaca Surat Al-Mulk?-
Waktu terbaik membaca Surat Al-Mulk adalah setelah sholat Isya, sesuai dengan anjuran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
2. Apakah ada manfaat lain dari membaca Surat Al-Mulk selain terhindar dari siksa kubur?-
Ya, ada banyak manfaat lain dari membaca Surat Al-Mulk, seperti meningkatkan keimanan, menambah pahala, memperoleh syafaat, menghindarkan dari rasa takut, mempermudah sakaratul maut, menjadi cahaya di alam kubur, dan menjadi teman di alam barzah.
3. Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat membaca Surat Al-Mulk?-
Ya, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Mulk dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan fungsi kognitif pada lansia.
4. Apakah boleh membaca Surat Al-Mulk dalam bahasa terjemahan?-
Boleh, namun lebih utama membaca Surat Al-Mulk dalam bahasa Arab karena bacaan Al-Qur’an dalam bahasa Arab memiliki keutamaan tersendiri.
5. Apakah harus membaca Surat Al-Mulk secara rutin setiap hari?-
Ya, disarankan untuk membaca Surat Al-Mulk secara rutin setiap hari, khususnya setelah sholat Isya, agar dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal.
6. Apakah ada syarat khusus untuk membaca Surat Al-Mulk?-
Tidak ada syarat khusus untuk membaca Surat Al-Mulk, yang penting dilakukan dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Tips Mengoptimalkan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Setelah Sholat Isya

Untuk memaksimalkan manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Membaca dengan Khusyuk dan Penuh Penghayatan

Saat membaca Surat Al-Mulk, utamakan kekhusyukan dan penghayatan terhadap makna setiap ayat. Hal ini akan membantu Anda lebih meresapi kandungan Surat Al-Mulk dan memperoleh manfaatnya secara mendalam.

2. Membaca secara Rutin Setiap Hari

Konsistensi dalam membaca Surat Al-Mulk sangat penting. Disarankan untuk membacanya setiap hari, khususnya setelah sholat Isya, agar manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan.

3. Memahami Arti dan Tafsirnya

Selain membaca Surat Al-Mulk, luangkan waktu untuk memahami arti dan tafsirnya. Dengan mengetahui makna setiap ayat, Anda dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Surat Al-Mulk dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengamalkan Isinya

Manfaat membaca Surat Al-Mulk tidak hanya berhenti pada bacaan saja. Yang terpenting adalah mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Misalnya, Surat Al-Mulk mengingatkan kita tentang kekuasaan Allah SWT, sehingga kita dapat meningkatkan keimanan dan kesadaran kita akan kebesaran-Nya.

5. Berdoa Setelah Membaca

Setelah selesai membaca Surat Al-Mulk, jangan lupa untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Mohonlah agar manfaat dari bacaan Anda dapat diterima dan membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Dengan mengikuti tips-tips ini, insyaAllah kita dapat memaksimalkan manfaat membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya dan memperoleh keberkahan dan kebaikan di dunia dan akhirat.

Kesimpulan

Membaca Surat Al-Mulk setelah sholat Isya merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Surat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat melindungi pembacanya dari siksa kubur, meningkatkan keimanan, menambah pahala, memperoleh syafaat, menghindarkan dari rasa takut, mempermudah sakaratul maut, menjadi cahaya di alam kubur, dan menjadi teman di alam barzah.

Untuk memaksimalkan manfaat membaca Surat Al-Mulk, dianjurkan untuk membacanya dengan khusyuk dan penuh penghayatan, secara rutin setiap hari, memahami arti dan tafsirnya, mengamalkan isinya, dan berdoa setelah membaca. Dengan mengamalkan tips-tips tersebut, insyaAllah kita dapat memperoleh keberkahan dan kebaikan di dunia dan akhirat.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *