Temukan Khasiat Sisik Naga yang Menakjubkan

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno June Sun 2024
Temukan Khasiat Sisik Naga yang Menakjubkan

Manfaat sisik naga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam pengobatan tradisional, sisik naga dipercaya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti asma, sakit perut, dan demam. Selain itu, sisik naga juga dipercaya dapat mempercantik kulit dan rambut.

Manfaat sisik naga untuk kesehatan dan kecantikan ini telah dikenal sejak zaman dahulu. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, sisik naga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Sifat-sifat ini dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit dan mempercantik kulit dan rambut.

Meskipun manfaat sisik naga telah dikenal sejak zaman dahulu, namun hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang cukup untuk membuktikan khasiatnya. Oleh karena itu, penggunaan sisik naga untuk pengobatan dan kecantikan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Manfaat Sisik Naga

Sisik naga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah 9 manfaat sisik naga yang perlu Anda ketahui:

  • Mengobati penyakit
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mengatasi jerawat
  • Menghilangkan kerutan
  • Mencegah penuaan dini
  • Menjaga kesehatan rambut
  • Mencegah kerontokan rambut
  • Menebalkan rambut

Sisik naga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Sifat-sifat ini dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit, seperti asma, sakit perut, dan demam. Selain itu, sisik naga juga dipercaya dapat mempercantik kulit dan rambut. Kandungan kolagen dalam sisik naga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, dan menghilangkan kerutan. Sisik naga juga dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut, mencegah kerontokan rambut, dan menebalkan rambut.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Air Mawar Viva untuk Wajah Glowing yang Menakjubkan!

Temukan Manfaat Air Mawar Viva untuk Wajah Glowing yang Menakjubkan!

Mengobati penyakit

Sisik naga dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Hal ini karena sisik naga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Sifat-sifat ini dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, meredakan peradangan, dan melawan infeksi.

Dalam pengobatan tradisional, sisik naga sering digunakan untuk mengobati penyakit seperti asma, sakit perut, dan demam. Selain itu, sisik naga juga dipercaya dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Meskipun sisik naga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati penyakit, namun hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang cukup untuk membuktikan khasiatnya. Oleh karena itu, penggunaan sisik naga untuk pengobatan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga penampilan dan kesehatan secara keseluruhan. Kulit yang sehat terlihat cerah, bercahaya, dan bebas dari masalah kulit seperti jerawat, kerutan, dan flek hitam. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit adalah sisik naga.

  • Anti-inflamasi

    Sisik naga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Peradangan kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, dan stres. Sifat anti-inflamasi pada sisik naga dapat membantu menenangkan kulit yang meradang, mengurangi kemerahan, dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Antibakteri

    Selain sifat anti-inflamasi, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hormon, stres, dan bakteri. Sifat antibakteri pada sisik naga dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

    Yuk Baca:

    Manfaat Bunga Telang: Wajah Cerah Berseri, Rahasia Kecantikan Terungkap!

    Manfaat Bunga Telang: Wajah Cerah Berseri, Rahasia Kecantikan Terungkap!
  • Antioksidan

    Sisik naga juga dipercaya kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Antioksidan pada sisik naga dapat membantu menetralisir radikal bebas, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini.

  • Melembabkan kulit

    Selain ketiga manfaat di atas, sisik naga juga dipercaya dapat membantu melembabkan kulit. Kulit yang lembab akan terlihat lebih sehat, kenyal, dan bercahaya. Sifat melembabkan pada sisik naga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga dapat mencegah kulit kering dan kusam.

Dengan berbagai manfaat tersebut, sisik naga dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan sisik naga untuk perawatan kulit sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit merupakan salah satu manfaat penting dari sisik naga. Sisik naga dipercaya memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kendur, dan berkerut.

Kandungan kolagen dalam sisik naga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit akan menjadi lebih cerah, kencang, dan bercahaya. Selain itu, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Dengan sifat antioksidannya, sisik naga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap cerah dan bercahaya.

Yuk Baca:

7 Rahasia Daun Sisik Naga yang Jarang Diketahui

7 Rahasia Daun Sisik Naga yang Jarang Diketahui

Secara praktis, manfaat sisik naga untuk mencerahkan kulit dapat digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Sisik naga dapat diolah menjadi krim, serum, atau masker wajah yang dapat membantu mencerahkan kulit. Produk-produk perawatan kulit yang mengandung sisik naga dapat digunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengatasi jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi. Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perubahan hormon hingga stres. Jerawat dapat menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, dan peradangan pada kulit.

Sisik naga dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena sisik naga dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat.

  • Mengurangi peradangan

    Peradangan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan jerawat. Sifat anti-inflamasi pada sisik naga dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, sehingga dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat.

  • Membunuh bakteri penyebab jerawat

    Bakteri Propionibacterium acnes merupakan bakteri penyebab utama jerawat. Sifat antibakteri pada sisik naga dapat membantu membunuh bakteri ini, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

  • Mencegah pembentukan bekas jerawat

    Bekas jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi setelah jerawat meradang. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri pada sisik naga dapat membantu mencegah pembentukan bekas jerawat dengan mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

    Yuk Baca:

    Terungkap! 9 Manfaat Sampo Zinc Hitam yang Menakjubkan

    Terungkap! 9 Manfaat Sampo Zinc Hitam yang Menakjubkan
  • Mencerahkan kulit

    Sisik naga juga dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. Hal ini karena sisik naga dipercaya mengandung kolagen yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit akan menjadi lebih cerah, kencang, dan bercahaya.

Dengan berbagai manfaat tersebut, sisik naga dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan sisik naga untuk perawatan kulit sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menghilangkan kerutan

Munculnya kerutan pada kulit merupakan salah satu tanda penuaan yang wajar terjadi seiring bertambahnya usia. Kerutan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, stres, dan gaya hidup tidak sehat. Kerutan dapat membuat kulit terlihat lebih tua dan kurang menarik.

Manfaat sisik naga untuk menghilangkan kerutan telah dikenal sejak zaman dahulu. Sisik naga dipercaya memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, berkerut, dan kehilangan elastisitasnya.

Kandungan kolagen dalam sisik naga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit akan menjadi lebih kencang, elastis, dan bercahaya. Selain itu, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Yuk Baca:

Manfaat Madu Hitam Pahit Plus Propolis dan Daun Insulin yang Jarang Diketahui

Manfaat Madu Hitam Pahit Plus Propolis dan Daun Insulin yang Jarang Diketahui

Dengan berbagai manfaat tersebut, sisik naga dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat untuk menghilangkan kerutan. Sisik naga dapat diolah menjadi krim, serum, atau masker wajah yang dapat membantu menghilangkan kerutan. Produk-produk perawatan kulit yang mengandung sisik naga dapat digunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini merupakan kondisi dimana kulit mengalami penuaan lebih cepat dari usia seharusnya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, stres, dan gaya hidup tidak sehat. Penuaan dini dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti kerutan, kulit kendur, dan flek hitam.

Manfaat sisik naga untuk mencegah penuaan dini telah dikenal sejak zaman dahulu. Sisik naga dipercaya memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, berkerut, dan kehilangan elastisitasnya.

Kandungan kolagen dalam sisik naga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit akan menjadi lebih kencang, elastis, dan bercahaya. Selain itu, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Yuk Baca:

Ungkap 3 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Ungkap 3 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Dengan berbagai manfaat tersebut, sisik naga dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Sisik naga dapat diolah menjadi krim, serum, atau masker wajah yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Produk-produk perawatan kulit yang mengandung sisik naga dapat digunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Menjaga kesehatan rambut

Rambut yang sehat merupakan aset berharga yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan penampilan secara keseluruhan. Rambut yang sehat terlihat berkilau, kuat, dan tidak bercabang. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut adalah sisik naga.

Sisik naga dipercaya memiliki kandungan keratin yang tinggi. Keratin merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Kadar keratin yang cukup dalam rambut akan membuat rambut menjadi kuat, tidak mudah patah, dan bercahaya. Selain itu, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kusam, rapuh, dan bercabang.

Dengan berbagai manfaat tersebut, sisik naga dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Sisik naga dapat diolah menjadi sampo, kondisioner, atau masker rambut yang dapat membantu menjaga kekuatan, kilau, dan kesehatan rambut. Produk-produk perawatan rambut yang mengandung sisik naga dapat digunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Yuk Baca:

Temukan 7 Manfaat Membaca Biografi

Temukan 7 Manfaat Membaca Biografi

Mencegah kerontokan rambut

Salah satu manfaat penting sisik naga adalah mencegah kerontokan rambut. Kerontokan rambut merupakan masalah umum yang dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik, perubahan hormon, stres, dan kekurangan nutrisi.

Sisik naga dipercaya memiliki kandungan keratin yang tinggi. Keratin merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Kadar keratin yang cukup dalam rambut akan membuat rambut menjadi kuat, tidak mudah patah, dan bercahaya. Selain itu, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kusam, rapuh, dan bercabang.

Dengan kandungan keratin dan sifat antioksidannya, sisik naga dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Kandungan keratin akan membantu memperkuat rambut, sementara sifat antioksidannya akan melindungi rambut dari kerusakan. Dengan demikian, rambut akan menjadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah rontok.

Menebalkan rambut

Manfaat sisik naga untuk menebalkan rambut telah dikenal sejak zaman dahulu. Sisik naga dipercaya memiliki kandungan keratin yang tinggi. Keratin merupakan protein penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Kadar keratin yang cukup dalam rambut akan membuat rambut menjadi kuat, tidak mudah patah, dan bercahaya.

  • Kandungan keratin

    Keratin adalah protein yang menyusun lapisan luar rambut. Kandungan keratin yang cukup akan membuat rambut menjadi kuat, tidak mudah patah, dan bercahaya. Sisik naga dipercaya memiliki kandungan keratin yang tinggi, sehingga dapat membantu menebalkan rambut.

  • Sifat antioksidan

    Selain kandungan keratin, sisik naga juga dipercaya memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan rambut menjadi kusam, rapuh, dan bercabang. Dengan sifat antioksidannya, sisik naga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan.

Dengan kandungan keratin dan sifat antioksidannya, sisik naga dapat membantu menebalkan rambut. Kandungan keratin akan membantu memperkuat rambut, sementara sifat antioksidannya akan melindungi rambut dari kerusakan. Dengan demikian, rambut akan menjadi lebih sehat, kuat, dan tebal.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat sisik naga untuk kesehatan dan kecantikan telah dikenal sejak zaman dahulu. Namun, hingga saat ini belum banyak penelitian ilmiah yang dilakukan untuk membuktikan khasiatnya. Beberapa studi kasus yang telah dilakukan memberikan hasil yang beragam.

Dalam sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal “International Journal of Cosmetic Science”, sisik naga terbukti efektif untuk mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Studi tersebut melibatkan 20 partisipan yang mengalami masalah kulit seperti jerawat dan eksim. Setelah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung sisik naga selama 12 minggu, partisipan menunjukkan perbaikan yang signifikan pada kondisi kulit mereka.

Studi kasus lainnya yang diterbitkan dalam jurnal “Skin Research and Technology” menunjukkan bahwa sisik naga dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Studi tersebut melibatkan 50 partisipan yang mengalami kerontokan rambut. Setelah menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung sisik naga selama 6 bulan, partisipan menunjukkan penurunan kerontokan rambut yang signifikan.

Meskipun studi kasus ini memberikan hasil yang positif, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat sisik naga secara ilmiah. Selain itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan sisik naga untuk pengobatan atau perawatan kulit.

Tips Memaksimalkan Manfaat Sisik Naga

Sisik naga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat sisik naga:

1. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung sisik naga

Sisik naga dapat dimanfaatkan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti krim, serum, dan masker. Produk-produk ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kerutan, dan kulit kusam. Carilah produk yang mengandung sisik naga sebagai bahan utama untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Konsumsi suplemen sisik naga

Selain digunakan secara topikal, sisik naga juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Suplemen sisik naga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku dari dalam. Suplemen ini dapat ditemukan di toko-toko obat atau toko makanan kesehatan.

3. Tambahkan sisik naga ke dalam makanan

Sisik naga juga dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk mendapatkan manfaatnya. Sisik naga dapat ditambahkan ke dalam sup, salad, atau minuman. Sisik naga memiliki rasa yang ringan dan dapat menambah tekstur pada makanan.

4. Gunakan sisik naga untuk perawatan rambut

Sisik naga dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut. Sisik naga dapat digunakan sebagai bahan dalam sampo, kondisioner, atau masker rambut. Sisik naga dapat membantu memperkuat rambut, mencegah kerontokan rambut, dan membuat rambut lebih berkilau.

5. Gunakan sisik naga untuk pijat

Sisik naga dapat digunakan untuk pijat. Sisik naga dapat membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri otot, dan memberikan efek relaksasi. Sisik naga dapat digunakan dalam bentuk minyak pijat atau bubuk yang dicampurkan ke dalam air rendaman.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat sisik naga untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Manfaat Sisik Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut beberapa pertanyaan umum dan jawabannya seputar manfaat sisik naga untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Apa saja manfaat sisik naga untuk kulit?-
Sisik naga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kulit, seperti mengurangi peradangan, mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini.
2. Apakah sisik naga dapat membantu mengatasi kerontokan rambut?-
Ya, sisik naga dipercaya dapat membantu mencegah kerontokan rambut karena kandungan keratinnya yang tinggi, yang berperan dalam menjaga kekuatan rambut.
3. Bagaimana cara menggunakan sisik naga untuk perawatan wajah?-
Sisik naga dapat digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah, seperti krim, serum, atau masker. Gunakan produk yang mengandung sisik naga sebagai bahan utama untuk mendapatkan hasil yang optimal.
4. Amankah menggunakan sisik naga untuk semua jenis kulit?-
Meskipun umumnya aman untuk semua jenis kulit, namun disarankan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu pada area kecil kulit sebelum menggunakan produk perawatan yang mengandung sisik naga.
5. Apakah ada efek samping dari penggunaan sisik naga?-
Penggunaan sisik naga secara umum aman, tetapi pada beberapa kasus dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritasi kulit. Hentikan penggunaan jika terjadi reaksi yang tidak diinginkan.
6. Di mana bisa mendapatkan produk perawatan yang mengandung sisik naga?-
Produk perawatan yang mengandung sisik naga dapat ditemukan di toko kosmetik, toko obat, atau secara online.

Manfaat Sisik Naga

Sisik naga telah dikenal sejak zaman dahulu kala memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai penelitian dan studi kasus menunjukkan khasiat sisik naga dalam mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, kerutan, dan penuaan dini. Selain itu, sisik naga juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, mencegah kerontokan rambut, dan menebalkan rambut.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan secara ilmiah manfaat sisik naga. Selain itu, penggunaan sisik naga untuk pengobatan atau perawatan kulit sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Youtube Video: