Terungkap! Peninggalan Sejarah Banyak Dimanfaatkan Sebagai Ragam Manfaat yang Menarik dan Menyenangkan

Gunto Sunoyo
By: Gunto Sunoyo May Mon 2024
Terungkap! Peninggalan Sejarah Banyak Dimanfaatkan Sebagai  Ragam Manfaat yang Menarik dan Menyenangkan

Peninggalan sejarah banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata, sarana edukasi, dan penelitian. Contohnya, Candi Borobudur dimanfaatkan sebagai objek wisata religi dan edukasi.

Peninggalan sejarah memiliki nilai penting karena dapat memberikan informasi tentang masa lalu, melestarikan budaya, dan meningkatkan perekonomian melalui pariwisata. Pemanfaatan peninggalan sejarah sebagai objek wisata dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat sekitar. Selain itu, peninggalan sejarah juga dapat menjadi sarana edukasi bagi generasi muda untuk belajar tentang sejarah dan budaya bangsa.

Topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini meliputi:

Jenis-jenis peninggalan sejarah Pemanfaatan peninggalan sejarah Pentingnya pelestarian peninggalan sejarah

Peninggalan Sejarah Banyak Dimanfaatkan Sebagai

Peninggalan sejarah merupakan warisan budaya yang sangat berharga. Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan, di antaranya sebagai objek wisata, sarana edukasi, dan penelitian.

  • Objek Wisata
  • Sarana Edukasi
  • Penelitian
  • Pelestarian Budaya
  • Pengembangan Ekonomi
  • Identitas Bangsa
  • Inspirasi Seni

Peninggalan sejarah memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan. Sebagai objek wisata, peninggalan sejarah dapat menarik wisatawan dan memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat sekitar. Sebagai sarana edukasi, peninggalan sejarah dapat menjadi tempat belajar dan penelitian tentang sejarah dan budaya. Peninggalan sejarah juga dapat menjadi inspirasi bagi seniman dan desainer.

Pelestarian peninggalan sejarah sangat penting untuk menjaga warisan budaya dan identitas bangsa. Peninggalan sejarah dapat menjadi pengingat akan kejayaan masa lalu dan menjadi pelajaran berharga bagi generasi mendatang.

Objek Wisata

Peninggalan sejarah banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata karena memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Daya tarik tersebut dapat berupa nilai sejarah, keindahan arsitektur, atau keunikan budaya yang terkandung dalam peninggalan sejarah tersebut.

Yuk Baca:

Temukan 10 Manfaat Minyak Tawon untuk Luka yang Menakjubkan

Temukan 10 Manfaat Minyak Tawon untuk Luka yang Menakjubkan
  • Nilai Sejarah

    Peninggalan sejarah dapat memberikan informasi tentang masa lalu dan menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah. Nilai sejarah inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin belajar dan mengetahui lebih banyak tentang sejarah.

  • Keindahan Arsitektur

    Banyak peninggalan sejarah yang memiliki keindahan arsitektur yang memukau. Arsitektur tersebut dapat mencerminkan kejayaan dan kemajuan peradaban pada masanya. Keindahan arsitektur ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengagumi keindahan bangunan-bangunan bersejarah.

  • Keunikan Budaya

    Peninggalan sejarah juga dapat menjadi representasi dari keunikan budaya suatu daerah atau bangsa. Keunikan budaya tersebut dapat tercermin dalam bentuk upacara adat, tradisi, atau kesenian yang masih dilestarikan hingga saat ini. Keunikan budaya ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengenal dan mempelajari budaya yang berbeda.

Pemanfaatan peninggalan sejarah sebagai objek wisata memberikan banyak manfaat, baik bagi wisatawan maupun masyarakat sekitar. Bagi wisatawan, objek wisata sejarah dapat memberikan pengalaman belajar dan rekreasi yang menyenangkan. Bagi masyarakat sekitar, objek wisata sejarah dapat menjadi sumber pendapatan dan lapangan pekerjaan.

Sarana Edukasi

Peninggalan sejarah memiliki nilai edukatif yang tinggi, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai sarana edukasi. Peninggalan sejarah dapat menjadi tempat belajar dan penelitian tentang sejarah, budaya, dan ilmu pengetahuan.

Peninggalan sejarah dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata dan mendalam dibandingkan dengan belajar dari buku atau sumber tertulis. Misalnya, dengan mengunjungi situs Candi Borobudur, siswa dapat belajar tentang sejarah dan arsitektur Buddha secara langsung. Mereka dapat melihat dan menyentuh relief-relief yang menceritakan kisah hidup Buddha dan ajaran-ajarannya.

Yuk Baca:

Ungkap 7 Manfaat Budaya Kerja yang Menakjubkan

Ungkap 7 Manfaat Budaya Kerja yang Menakjubkan

Selain itu, peninggalan sejarah juga dapat menjadi sumber penelitian bagi para akademisi dan peneliti. Peninggalan sejarah dapat memberikan data dan informasi yang berharga tentang masa lalu. Misalnya, penelitian arkeologi di situs Trowulan telah memberikan banyak informasi tentang Kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan terbesar di Nusantara.

Pemanfaatan peninggalan sejarah sebagai sarana edukasi memiliki banyak manfaat. Bagi siswa, peninggalan sejarah dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan berkesan. Bagi akademisi dan peneliti, peninggalan sejarah dapat menjadi sumber data yang berharga. Bagi masyarakat luas, peninggalan sejarah dapat menjadi sarana untuk mengenal dan memahami sejarah dan budaya bangsa.

Penelitian

Peninggalan sejarah merupakan sumber data penting bagi penelitian sejarah, arkeologi, dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Melalui penelitian, peninggalan sejarah dapat memberikan informasi tentang masa lalu dan membantu kita memahami perkembangan peradaban manusia.

  • Sejarah

    Peninggalan sejarah dapat memberikan data tentang peristiwa sejarah, tokoh-tokoh penting, dan kehidupan masyarakat pada masa lalu. Misalnya, penelitian terhadap prasasti dan dokumen sejarah dapat membantu kita merekonstruksi sejarah Kerajaan Majapahit.

  • Arkeologi

    Peninggalan sejarah yang berupa situs arkeologi dapat memberikan informasi tentang kebudayaan dan teknologi masyarakat pada masa lalu. Misalnya, penelitian arkeologi di situs Sangiran telah memberikan banyak informasi tentang evolusi manusia.

  • Ilmu Sosial

    Peninggalan sejarah juga dapat menjadi sumber data bagi penelitian ilmu-ilmu sosial, seperti antropologi, sosiologi, dan ekonomi. Misalnya, penelitian terhadap arsitektur dan tata ruang kota dapat memberikan informasi tentang struktur masyarakat dan kehidupan sosial pada masa lalu.

    Yuk Baca:

    Ungkap Khasiat Kolang Kaling untuk Ibu Hamil

    Ungkap Khasiat Kolang Kaling untuk Ibu Hamil

Penelitian terhadap peninggalan sejarah sangat penting untuk menambah pengetahuan kita tentang masa lalu dan untuk memahami perkembangan peradaban manusia. Peninggalan sejarah dapat memberikan data dan informasi yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.

Pelestarian Budaya

Pelestarian budaya merupakan upaya untuk melindungi, memelihara, dan mengembangkan warisan budaya suatu bangsa. Peninggalan sejarah merupakan bagian penting dari warisan budaya, sehingga pelestarian budaya sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan peninggalan sejarah.

Peninggalan sejarah dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya suatu bangsa. Misalnya, dengan melestarikan situs sejarah, kita dapat melestarikan arsitektur tradisional, upacara adat, dan tradisi lisan yang terkait dengan situs tersebut. Dengan melestarikan benda-benda bersejarah, kita dapat melestarikan kerajinan tangan, kesenian, dan teknologi tradisional.

Selain itu, peninggalan sejarah juga dapat menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan budaya. Misalnya, arsitektur tradisional dapat menginspirasi desain bangunan modern, upacara adat dapat diadaptasi menjadi pertunjukan seni, dan tradisi lisan dapat menjadi bahan sastra dan film.

Dengan demikian, pelestarian budaya sangat penting untuk pemanfaatan peninggalan sejarah secara optimal. Pelestarian budaya dapat memastikan bahwa peninggalan sejarah tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti pendidikan, penelitian, pariwisata, dan pengembangan budaya.

Pengembangan Ekonomi

Peninggalan sejarah tidak hanya memiliki nilai sejarah dan budaya, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi. Pemanfaatan peninggalan sejarah sebagai objek wisata, sarana edukasi, dan penelitian dapat memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan.

Yuk Baca:

Manfaat Pasar Modal yang Mencengangkan, Yuk Intip 7 Rahasianya!

Manfaat Pasar Modal yang Mencengangkan, Yuk Intip 7 Rahasianya!
  • Pariwisata

    Peninggalan sejarah yang memiliki nilai sejarah, keindahan arsitektur, atau keunikan budaya dapat menarik wisatawan baik domestik maupun internasional. Pariwisata peninggalan sejarah dapat memberikan pendapatan bagi masyarakat sekitar melalui sektor perhotelan, kuliner, transportasi, dan suvenir.

  • Pendidikan

    Peninggalan sejarah dapat menjadi sarana edukasi yang menarik dan efektif. Misalnya, situs sejarah dapat dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi siswa dan mahasiswa. Selain itu,peninggalan sejarah juga dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan, seminar, dan konferensi. Kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan pendapatan bagi pengelola peninggalan sejarah dan masyarakat sekitar.

  • Penelitian

    Peninggalan sejarah dapat menjadi sumber data yang berharga bagi para peneliti. Misalnya, situs arkeologi dapat memberikan informasi tentang sejarah, budaya, dan teknologi masyarakat pada masa lalu. Penelitian-penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Industri Kreatif

    Peninggalan sejarah dapat menjadi inspirasi bagi industri kreatif. Misalnya, arsitektur tradisional dapat menginspirasi desain bangunan modern, upacara adat dapat diadaptasi menjadi pertunjukan seni, dan tradisi lisan dapat menjadi bahan sastra dan film. Industri kreatif dapat memberikan kontribusi ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja, pengembangan produk-produk kreatif, dan peningkatan daya tarik wisata.

Dengan demikian, pemanfaatan peninggalan sejarah dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan ekonomi. Peninggalan sejarah dapat menjadi sumber pendapatan, menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan industri kreatif, dan meningkatkan daya tarik wisata.

Yuk Baca:

Temukan 5 Manfaat Keanekaragaman Hayati yang Mencengangkan

Temukan 5 Manfaat Keanekaragaman Hayati yang Mencengangkan

Identitas Bangsa

Peninggalan sejarah merupakan salah satu faktor penting yang membentuk identitas bangsa. Identitas bangsa adalah ciri khas yang membedakan suatu bangsa dengan bangsa lainnya. Ciri khas tersebut dapat berupa bahasa, budaya, adat istiadat, dan sejarah. Peninggalan sejarah merupakan bukti nyata dari sejarah suatu bangsa. Dengan adanya peninggalan sejarah, suatu bangsa dapat mengetahui asal-usulnya, perjuangannya, dan kejayaannya di masa lalu.

Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan untuk memperkuat identitas bangsa. Misalnya, dengan melestarikan situs sejarah, kita dapat melestarikan arsitektur tradisional, upacara adat, dan tradisi lisan yang terkait dengan situs tersebut. Dengan melestarikan benda-benda bersejarah, kita dapat melestarikan kerajinan tangan, kesenian, dan teknologi tradisional. Semua itu merupakan bagian dari identitas bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Selain itu, peninggalan sejarah juga dapat menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan identitas bangsa. Misalnya, arsitektur tradisional dapat menginspirasi desain bangunan modern, upacara adat dapat diadaptasi menjadi pertunjukan seni, dan tradisi lisan dapat menjadi bahan sastra dan film. Dengan demikian, peninggalan sejarah dapat menjadi jembatan antara masa lalu dan masa kini, serta menjadi sumber inspirasi untuk membangun identitas bangsa yang lebih kuat di masa depan.

Inspirasi Seni

Peninggalan sejarah tidak hanya memberikan informasi tentang masa lalu, tetapi juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan seni dan budaya. Para seniman dan budayawan seringkali terinspirasi oleh peninggalan sejarah untuk menciptakan karya-karya baru.

Yuk Baca:

Manfaat Bioplacenton: Temukan Khasiatnya!

Manfaat Bioplacenton: Temukan Khasiatnya!
  • Arsitektur

    Peninggalan sejarah yang berupa bangunan-bangunan kuno dapat menginspirasi para arsitek untuk menciptakan desain bangunan modern yang unik dan berkarakter. Misalnya, arsitektur Candi Borobudur telah menginspirasi desain beberapa bangunan modern di Indonesia, seperti Masjid Istiqlal di Jakarta.

  • Seni Rupa

    Peninggalan sejarah yang berupa lukisan, patung, dan relief dapat menginspirasi para seniman rupa untuk menciptakan karya-karya baru yang lebih kreatif. Misalnya, lukisan-lukisan pada dinding Candi Prambanan telah menginspirasi para pelukis Indonesia untuk mengembangkan gaya lukisan baru yang disebut “wayang modern”.

  • Seni Pertunjukan

    Peninggalan sejarah yang berupa upacara adat dan tradisi lisan dapat menginspirasi para seniman pertunjukan untuk menciptakan karya-karya baru yang lebih menarik dan bermakna. Misalnya, upacara Ngaben di Bali telah menginspirasi para seniman tari untuk menciptakan tarian-tarian baru yang lebih dinamis dan ekspresif.

  • Sastra

    Peninggalan sejarah yang berupa prasasti, naskah kuno, dan cerita rakyat dapat menginspirasi para sastrawan untuk menciptakan karya-karya sastra baru yang lebih kaya dan mendalam. Misalnya, prasasti-prasasti Kerajaan Majapahit telah menginspirasi para penulis Indonesia untuk menciptakan novel-novel sejarah yang menarik dan penuh dengan intrik.

Dengan demikian, peninggalan sejarah memiliki peran penting dalam perkembangan seni dan budaya. Peninggalan sejarah dapat menginspirasi para seniman dan budayawan untuk menciptakan karya-karya baru yang lebih kreatif, inovatif, dan bermakna.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah

Pemanfaatan peninggalan sejarah sebagai objek wisata, sarana edukasi, dan penelitian telah banyak dikaji oleh para ahli. Berikut beberapa studi kasus dan bukti ilmiah yang mendukung pemanfaatan peninggalan sejarah:

Yuk Baca:

10 Manfaat Promavit yang Menakjubkan, Wajib Tahu!

10 Manfaat Promavit yang Menakjubkan, Wajib Tahu!

Studi Kasus: Candi BorobudurCandi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Candi ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Candi Borobudur tidak hanya menjadi objek wisata yang menarik, tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi wisatawan untuk mempelajari sejarah dan budaya Buddha. Selain itu, Candi Borobudur juga menjadi tempat penelitian bagi para arkeolog dan sejarawan.

Studi Kasus: Situs SangiranSitus Sangiran merupakan salah satu situs arkeologi terpenting di dunia. Situs ini telah menghasilkan banyak penemuan fosil manusia purba, termasuk fosil Homo erectus. Situs Sangiran telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996. Situs Sangiran menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mempelajari evolusi manusia. Selain itu, Situs Sangiran juga menjadi tempat penelitian bagi para arkeolog dan antropolog.

Studi Kasus: Museum Nasional IndonesiaMuseum Nasional Indonesia merupakan museum terbesar dan terlengkap di Indonesia. Museum ini menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari zaman prasejarah hingga zaman modern. Museum Nasional Indonesia menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mempelajari sejarah dan budaya Indonesia. Selain itu, Museum Nasional Indonesia juga menjadi tempat penelitian bagi para sejarawan dan arkeolog.

Studi kasus dan bukti ilmiah di atas menunjukkan bahwa peninggalan sejarah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata, sarana edukasi, dan penelitian. Manfaat-manfaat ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat.

Tips Memanfaatkan Peninggalan Sejarah

Peninggalan sejarah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata, sarana edukasi, dan penelitian. Agar pemanfaatan peninggalan sejarah optimal, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Pelestarian dan Perawatan

Peninggalan sejarah perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan secara optimal. Pelestarian dan perawatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:- Melakukan konservasi dan restorasi secara berkala- Melindungi peninggalan sejarah dari kerusakan alam dan manusia- Mengawasi dan mengontrol pengunjung

2. Pengembangan Infrastruktur

Peninggalan sejarah perlu didukung oleh infrastruktur yang memadai agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Pengembangan infrastruktur dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:- Membangun akses jalan dan transportasi yang mudah- Menyediakan fasilitas penunjang seperti toilet, tempat parkir, dan pusat informasi- Menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi pengunjung

3. Promosi dan Pemasaran

Peninggalan sejarah perlu dipromosikan dan dipasarkan agar dikenal oleh masyarakat luas. Promosi dan pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:- Membuat brosur, pamflet, dan website- Mengadakan event dan kegiatan di peninggalan sejarah- Bekerja sama dengan agen perjalanan dan tour operator

4. Pengembangan SDM

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) sangat penting untuk mengelola dan memanfaatkan peninggalan sejarah secara optimal. Pengembangan SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:- Melatih dan mendidik petugas pengelola peninggalan sejarah- Memberikan pelatihan dan edukasi kepada masyarakat sekitar- Melibatkan masyarakat dalam pengelolaan peninggalan sejarah

5. Pemanfaatan Teknologi

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemanfaatan peninggalan sejarah. Pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:- Membuat aplikasi dan website yang berisi informasi tentang peninggalan sejarah- Menggunakan teknologi virtual reality dan augmented reality untuk memberikan pengalaman yang lebih interaktif- Menggunakan drone untuk memantau dan mendokumentasikan peninggalan sejarah

Dengan mengikuti tips di atas, pemanfaatan peninggalan sejarah dapat dioptimalkan. Peninggalan sejarah dapat menjadi sumber pengetahuan, inspirasi, dan kebanggaan bagi masyarakat.

Peninggalan sejarah merupakan aset berharga yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan baik. Dengan memanfaatkan peninggalan sejarah secara optimal, kita dapat melestarikan sejarah dan budaya bangsa, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) Pemanfaatan Peninggalan Sejarah

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait dengan pemanfaatan peninggalan sejarah:

1. Apa saja manfaat pemanfaatan peninggalan sejarah?-
Peninggalan sejarah memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai objek wisata, sarana edukasi, penelitian, pelestarian budaya, pengembangan ekonomi, identitas bangsa, dan inspirasi seni.
2. Bagaimana cara memanfaatkan peninggalan sejarah sebagai objek wisata?-
Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata dengan cara mengemasnya menjadi destinasi wisata yang menarik, menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang memadai, serta mempromosikannya kepada wisatawan lokal dan internasional.
3. Bagaimana cara memanfaatkan peninggalan sejarah sebagai sarana edukasi?-
Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dengan cara menjadikannya sebagai tempat wisata edukasi, mengembangkan program-program edukasi, dan melibatkan masyarakat dalam kegiatan edukasi.
4. Bagaimana cara memanfaatkan peninggalan sejarah untuk penelitian?-
Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan untuk penelitian dengan cara menjadikannya sebagai sumber data, menyediakan akses kepada peneliti, dan bekerja sama dengan lembaga penelitian.
5. Bagaimana cara melindungi peninggalan sejarah dari kerusakan?-
Peninggalan sejarah dapat dilindungi dari kerusakan dengan cara melakukan konservasi dan restorasi secara berkala, mengawasi dan mengontrol pengunjung, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga peninggalan sejarah.
6. Apa peran pemerintah dalam pemanfaatan peninggalan sejarah?-
Pemerintah memiliki peran penting dalam pemanfaatan peninggalan sejarah, di antaranya dengan membuat kebijakan pelestarian, menyediakan dana untuk konservasi dan restorasi, serta mempromosikan peninggalan sejarah kepada masyarakat.

Kesimpulan Peninggalan Sejarah Banyak Dimanfaatkan Sebagai

Peninggalan sejarah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata, sarana edukasi, penelitian, pelestarian budaya, pengembangan ekonomi, identitas bangsa, dan inspirasi seni. Pemanfaatan peninggalan sejarah secara optimal dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan masyarakat.

Pemerintah dan masyarakat memiliki peran penting dalam pemanfaatan peninggalan sejarah. Pemerintah dapat membuat kebijakan pelestarian, menyediakan dana untuk konservasi dan restorasi, serta mempromosikan peninggalan sejarah kepada masyarakat. Masyarakat dapat berperan dalam menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah, serta memanfaatkan peninggalan sejarah untuk berbagai kegiatan positif.

Dengan memanfaatkan peninggalan sejarah secara bijak, kita dapat melestarikan sejarah dan budaya bangsa, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *