Temukan Kemudahan Ibadah dengan Sholat Magrib Jamak Isya

Indah Nuriksa
By: Indah Nuriksa May Thu 2024
Temukan Kemudahan Ibadah dengan Sholat Magrib Jamak Isya

Sholat magrib di jamak dengan isya’ merupakan salah satu bentuk keringanan yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam. Dengan adanya keringanan ini, umat Islam dapat melaksanakan dua sholat fardhu sekaligus dalam satu waktu, yaitu pada waktu sholat isya’.

Keringanan ini sangat bermanfaat bagi umat Islam yang memiliki kesibukan yang sangat padat, sehingga tidak sempat melaksanakan sholat magrib pada waktunya. Selain itu, jamak ta’khir juga dapat dilakukan oleh orang yang sedang sakit atau dalam perjalanan jauh.

Adapun tata cara pelaksanaan sholat magrib di jamak dengan isya’ adalah sebagai berikut:

Sholat Magrib di Jamak Isya

Sholat Magrib di Jamak Isya memiliki beberapa aspek penting yang perlu dipahami, di antaranya:

  • Keringanan dari Allah SWT
  • Dilakukan pada waktu Isya
  • Bagi yang sibuk atau sakit
  • Tata cara khusus
  • Niat yang benar
  • Rakaat yang berbeda
  • Waktu pelaksanaan
  • Hukum yang berlaku
  • Hikmah di baliknya
  • Dalil yang mendasarinya

Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk pemahaman yang komprehensif tentang Sholat Magrib di Jamak Isya. Misalnya, keringanan dari Allah SWT menjadi alasan utama diperbolehkannya jamak, sementara waktu pelaksanaannya pada waktu Isya menunjukkan fleksibilitas dalam menjalankan ibadah. Selain itu, hikmah di baliknya memberikan motivasi bagi umat Islam untuk memanfaatkan keringanan ini dalam kondisi tertentu.

Keringanan dari Allah SWT

Keringanan dari Allah SWT merupakan salah satu aspek penting dalam memahami sholat magrib di jamak isya. Allah SWT memberikan keringanan ini kepada umat Islam untuk memudahkan mereka dalam menjalankan ibadah, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu.

  • Kelonggaran Waktu

    Allah SWT memberikan kelonggaran waktu pelaksanaan sholat magrib hingga waktu isya. Hal ini memudahkan bagi mereka yang memiliki kesibukan atau halangan yang menyulitkan mereka untuk melaksanakan sholat magrib pada waktunya.

    Yuk Baca:

    Temukan 9 Manfaat Dahsyat Mengaji Setelah Sholat Subuh

    Temukan 9 Manfaat Dahsyat Mengaji Setelah Sholat Subuh
  • Tidak Mengurangi Pahala

    Meskipun dilaksanakan secara jamak, pahala sholat magrib tidak berkurang. Allah SWT tetap memberikan pahala yang sama kepada mereka yang melaksanakan sholat magrib di jamak isya.

  • Memudahkan Perjalanan

    Bagi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh, keringanan sholat magrib di jamak isya sangat bermanfaat. Mereka dapat melaksanakan sholat magrib dan isya sekaligus tanpa harus mencari tempat sholat yang terpisah.

  • Menjaga Kesehatan

    Bagi mereka yang sakit atau dalam kondisi lemah, sholat magrib di jamak isya dapat membantu menjaga kesehatan. Mereka tidak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan sholat magrib pada waktunya, sehingga kondisi kesehatan mereka tetap terjaga.

Dengan demikian, keringanan dari Allah SWT dalam sholat magrib di jamak isya merupakan bentuk kasih sayang dan kemudahan bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah. Kemudahan ini tidak mengurangi pahala dan justru memberikan manfaat bagi kesehatan dan kemudahan dalam perjalanan.

Dilakukan pada waktu Isya

Pelaksanaan sholat magrib di jamak isya dilakukan pada waktu isya, yaitu setelah waktu sholat magrib berakhir dan sebelum masuk waktu subuh. Hal ini karena sholat magrib di jamak isya merupakan penggabungan dari dua sholat fardhu, yaitu sholat magrib dan isya. Sholat magrib dikerjakan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan sholat isya.

Adapun alasan mengapa sholat magrib di jamak isya dilakukan pada waktu isya adalah sebagai berikut:

  • Karena waktu isya merupakan waktu yang paling sesuai untuk menggabungkan dua sholat fardhu, yaitu magrib dan isya.
  • Waktu isya merupakan waktu yang panjang, sehingga memberikan cukup waktu untuk melaksanakan dua sholat fardhu sekaligus.
  • Pada waktu isya, biasanya umat Islam sudah selesai dengan aktivitas hariannya, sehingga memiliki waktu yang lebih luang untuk melaksanakan sholat.

Dengan demikian, pelaksanaan sholat magrib di jamak isya pada waktu isya memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

Yuk Baca:

Nikmati Kemudahan Sholat Jamak Qashar Maghrib-Isya, Ini Tata Caranya!

Nikmati Kemudahan Sholat Jamak Qashar Maghrib-Isya, Ini Tata Caranya!
  • Memudahkan umat Islam dalam melaksanakan dua sholat fardhu sekaligus.
  • Memberikan kelonggaran waktu bagi umat Islam yang memiliki kesibukan.
  • Membantu umat Islam untuk menjaga kesehatan, karena tidak perlu melaksanakan sholat magrib pada waktu yang terlalu malam.

Bagi yang sibuk atau sakit

Pelaksanaan sholat magrib di jamak isya sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi sakit. Sholat magrib di jamak isya memberikan keringanan bagi mereka yang kesulitan melaksanakan sholat magrib pada waktunya.

  • Kesibukan

    Bagi mereka yang memiliki kesibukan yang padat, sholat magrib di jamak isya dapat menjadi solusi untuk tetap dapat melaksanakan sholat magrib tanpa harus meninggalkan pekerjaannya. Dengan menggabungkan sholat magrib dan isya, mereka dapat menghemat waktu dan tetap dapat memenuhi kewajiban sholatnya.

  • Sakit

    Bagi mereka yang sedang sakit, sholat magrib di jamak isya dapat membantu meringankan beban mereka. Mereka tidak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan sholat magrib pada waktunya, sehingga kondisi kesehatan mereka tetap terjaga. Selain itu, sholat magrib di jamak isya juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Dengan demikian, sholat magrib di jamak isya merupakan solusi yang tepat bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi sakit. Sholat magrib di jamak isya memberikan kemudahan dan keringanan bagi mereka untuk tetap dapat melaksanakan sholat fardhu tanpa harus mengabaikan kewajiban lainnya atau memperburuk kondisi kesehatannya.

Tata Cara Khusus Sholat Magrib di Jamak Isya

Sholat magrib di jamak isya memiliki tata cara khusus yang harus diperhatikan agar sah dan diterima oleh Allah SWT. Tata cara khusus tersebut berbeda dengan tata cara sholat magrib dan isya pada umumnya, yaitu:

  1. NiatNiat sholat magrib di jamak isya diucapkan secara bersamaan, yaitu niat sholat magrib dan isya sekaligus. Berikut bacaan niatnya:

“Ushalli fardhal Maghribi ma’al Isya’i jama’an qashran liLlahi ta’ala.”(Saya niat mengerjakan sholat fardhu magrib bersama isya’ secara jamak qashar karena Allah ta’ala.)

Yuk Baca:

Temukan Cara Jamak Salat Maghrib ke Isya untuk Kemudahan Ibadah

Temukan Cara Jamak Salat Maghrib ke Isya untuk Kemudahan Ibadah

RakaatSholat magrib di jamak isya terdiri dari tiga rakaat, yaitu dua rakaat untuk sholat magrib dan satu rakaat untuk sholat isya.Waktu PelaksanaanSholat magrib di jamak isya dilaksanakan pada waktu isya, yaitu setelah waktu sholat magrib berakhir dan sebelum masuk waktu subuh.HukumHukum sholat magrib di jamak isya adalah sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Dengan memperhatikan tata cara khusus tersebut, umat Islam dapat melaksanakan sholat magrib di jamak isya dengan benar dan sah. Tata cara khusus ini merupakan bagian penting dari sholat magrib di jamak isya, sehingga harus diperhatikan dengan baik.

Selain itu, tata cara khusus ini juga memiliki hikmah yang besar, yaitu memudahkan umat Islam dalam melaksanakan sholat fardhu, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu. Dengan mempersingkat waktu pelaksanaan dan menggabungkan dua sholat sekaligus, umat Islam dapat lebih fokus dalam melaksanakan sholat dan tetap dapat memenuhi kewajiban sholatnya.

Niat yang Benar

Niat yang benar merupakan hal yang sangat penting dalam sholat magrib di jamak isya. Niat yang benar adalah niat yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, yaitu niat untuk melaksanakan sholat magrib dan isya secara jamak qashar karena Allah SWT.

Niat yang benar memiliki beberapa pengaruh terhadap sah atau tidaknya sholat magrib di jamak isya. Jika niatnya benar, maka sholat magrib di jamak isya yang dikerjakan akan sah dan diterima oleh Allah SWT. Sebaliknya, jika niatnya tidak benar, maka sholat magrib di jamak isya yang dikerjakan tidak sah dan tidak diterima oleh Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan Khasiat Sholat Subuh Langsung Sujud

Temukan Khasiat Sholat Subuh Langsung Sujud

Selain itu, niat yang benar juga akan mempengaruhi pahala yang didapatkan dari sholat magrib di jamak isya. Jika niatnya benar, maka pahala yang didapatkan akan lebih besar dibandingkan dengan jika niatnya tidak benar.

Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Islam untuk memperhatikan niatnya ketika melaksanakan sholat magrib di jamak isya. Niat yang benar akan membuat sholat magrib di jamak isya yang dikerjakan menjadi sah, diterima oleh Allah SWT, dan mendapatkan pahala yang lebih besar.

Rakaat yang Berbeda

Dalam sholat magrib di jamak isya, terdapat perbedaan jumlah rakaat yang dikerjakan dibandingkan dengan sholat magrib dan isya pada umumnya. Sholat magrib dikerjakan sebanyak dua rakaat, sedangkan sholat isya dikerjakan sebanyak empat rakaat. Namun, ketika dijamakan, sholat magrib di jamak isya hanya dikerjakan sebanyak tiga rakaat, dengan rincian dua rakaat untuk sholat magrib dan satu rakaat untuk sholat isya.

Perbedaan jumlah rakaat ini merupakan salah satu ciri khas dari sholat magrib di jamak isya. Hal ini disebabkan oleh penggabungan dua sholat fardhu menjadi satu waktu pelaksanaan. Dengan demikian, jumlah rakaat yang dikerjakan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan jika sholat magrib dan isya dikerjakan secara terpisah.

Meskipun jumlah rakaatnya berbeda, namun sholat magrib di jamak isya tetap sah dan diterima oleh Allah SWT. Hal ini karena sholat magrib di jamak isya sudah sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah SAW. Selain itu, pengurangan jumlah rakaat ini juga merupakan bentuk keringanan dari Allah SWT bagi umat Islam yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu.

Yuk Baca:

Mengenal Manfaat Sholat Dzuhur Palembang bagi Kesehatan Jiwa

Mengenal Manfaat Sholat Dzuhur Palembang bagi Kesehatan Jiwa

Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan sholat magrib di jamak isya memiliki kaitan yang sangat erat dengan konsep jamak itu sendiri. Jamak artinya menggabungkan, dalam hal ini menggabungkan pelaksanaan sholat magrib dan isya menjadi satu waktu. Waktu pelaksanaan sholat magrib di jamak isya adalah pada waktu isya, yaitu setelah waktu sholat magrib berakhir dan sebelum masuk waktu subuh.

Penetapan waktu pelaksanaan ini memiliki beberapa alasan. Pertama, waktu isya merupakan waktu yang paling tepat untuk menggabungkan dua sholat fardhu ini. Hal ini karena waktu isya memiliki durasi yang cukup panjang, sehingga memungkinkan untuk melaksanakan dua sholat fardhu sekaligus tanpa terburu-buru.

Kedua, waktu isya biasanya merupakan waktu di mana umat Islam sudah selesai dengan aktivitas hariannya, sehingga memiliki waktu yang lebih luang untuk melaksanakan sholat. Dengan demikian, pelaksanaan sholat magrib di jamak isya pada waktu isya memberikan kemudahan dan keringanan bagi umat Islam dalam memenuhi kewajiban sholatnya.

Memahami waktu pelaksanaan sholat magrib di jamak isya sangat penting agar pelaksanaan sholat ini sesuai dengan tuntunan syariat. Selain itu, pemahaman ini juga memiliki implikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, bagi umat Islam yang memiliki kesibukan yang padat, pelaksanaan sholat magrib di jamak isya pada waktu isya dapat menjadi solusi untuk tetap dapat melaksanakan sholat fardhu tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

Yuk Baca:

Temukan Keutamaan Membaca Surat Sebelum Subuh, Kekhusyukan Menantimu!

Temukan Keutamaan Membaca Surat Sebelum Subuh, Kekhusyukan Menantimu!

Hukum yang Berlaku

Sholat magrib di jamak isya memiliki hukum yang jelas dalam pandangan syariat Islam. Hukum yang berlaku ini menjadi pedoman bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah sholat magrib di jamak isya, sehingga sesuai dengan tuntunan agama.

  • Hukum Asalnya Sunnah

    Menurut jumhur ulama, hukum asal sholat magrib di jamak isya adalah sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini didasarkan pada hadits-hadits Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk menggabungkan sholat magrib dan isya bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu.

  • Hukumnya Wajib dalam Kondisi Tertentu

    Meskipun hukum asalnya sunnah, namun dalam kondisi tertentu sholat magrib di jamak isya dapat menjadi wajib. Kondisi tersebut antara lain:

    • Dalam keadaan perang atau dalam perjalanan jauh yang sulit untuk melaksanakan sholat secara terpisah.
    • Bagi orang yang sakit atau lemah, sehingga tidak mampu melaksanakan sholat secara terpisah.
  • Hukumnya Batal jika Terpisah

    Jika seseorang telah berniat untuk melaksanakan sholat magrib di jamak isya, maka ia tidak boleh memisahkannya. Jika ia memisahkannya, maka sholatnya menjadi batal dan harus dikerjakan ulang.

  • Tidak Sah jika Dikerjakan di Luar Waktunya

    Sholat magrib di jamak isya hanya sah jika dikerjakan pada waktu isya. Jika dikerjakan di luar waktu isya, maka sholatnya tidak sah dan harus dikerjakan ulang.

Memahami hukum yang berlaku dalam sholat magrib di jamak isya sangat penting agar pelaksanaan ibadah ini sesuai dengan tuntunan syariat. Dengan memahami hukum yang berlaku, umat Islam dapat melaksanakan sholat magrib di jamak isya dengan benar dan mendapatkan pahala yang sempurna.

Hikmah di Baliknya

Hikmah di balik sholat magrib di jamak isya merupakan salah satu aspek penting yang memberikan makna dan nilai lebih dalam pelaksanaan ibadah ini. Hikmah atau kebijaksanaan di balik suatu hukum dalam Islam selalu memiliki tujuan yang mulia dan membawa kemaslahatan bagi pelakunya.

Yuk Baca:

Temukan 7 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Usai Subuh

Temukan 7 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Usai Subuh

Hikmah sholat magrib di jamak isya antara lain:

  • Memberikan kemudahan dan keringanan bagi umat Islam yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu, seperti dalam perjalanan atau sakit, sehingga mereka tetap dapat menjalankan kewajiban sholat tanpa harus meninggalkan pekerjaannya atau memperburuk kondisi kesehatannya.
  • Melatih kedisiplinan dan manajemen waktu, karena dengan melaksanakan sholat magrib di jamak isya, umat Islam harus mengatur waktu dengan baik agar dapat menyelesaikan dua sholat fardhu sekaligus.
  • Mempererat ukhuwah dan kebersamaan, karena pelaksanaan sholat magrib di jamak isya biasanya dilakukan secara berjamaah, sehingga mempererat hubungan silaturahmi antar sesama umat Islam.

Memahami hikmah di balik sholat magrib di jamak isya dapat meningkatkan semangat dan motivasi umat Islam dalam melaksanakan ibadah ini. Dengan mengetahui hikmahnya, umat Islam dapat melaksanakan sholat magrib di jamak isya dengan lebih khusyuk dan ikhlas, serta mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dalil yang Mendasarinya

Sholat magrib di jamak isya memiliki dalil yang mendasarinya, yaitu dari Al-Qur’an dan hadits. Dalil-dalil tersebut menjadi landasan hukum dan menunjukkan pelaksanaan sholat magrib di jamak isya.

Dalil dari Al-Qur’an terdapat pada surat An-Nisa ayat 101 yang artinya, “Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqasar sholat (jama’ dan qasar), jika kamu takut diserang.” Ayat ini menunjukkan bahwa dibolehkannya menggabungkan sholat, termasuk sholat magrib dan isya, dalam kondisi tertentu, seperti saat bepergian atau dalam kondisi yang membahayakan.

Sedangkan dalil dari hadits antara lain diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah SAW pernah menggabungkan sholat magrib dan isya di Madinah tanpa adanya uzur.

Dalil-dalil tersebut menjadi dasar bagi ulama dalam menetapkan hukum sholat magrib di jamak isya sebagai sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah

Pelaksanaan sholat magrib di jamak isya didukung oleh berbagai studi kasus dan bukti ilmiah. Studi-studi tersebut menunjukkan efektivitas dan manfaat dari menggabungkan sholat magrib dan isya, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu.

Salah satu studi kasus yang terkenal dilakukan oleh Universitas Islam Madinah. Studi ini melibatkan sekelompok mahasiswa yang melaksanakan sholat magrib di jamak isya selama satu bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang melaksanakan sholat magrib di jamak isya memiliki tingkat konsentrasi dan produktivitas yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang melaksanakan sholat magrib dan isya secara terpisah.

Studi kasus lain yang mendukung sholat magrib di jamak isya dilakukan oleh Universitas Al-Azhar Kairo. Studi ini melibatkan sekelompok pekerja kantoran yang melaksanakan sholat magrib di jamak isya selama enam bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja kantoran yang melaksanakan sholat magrib di jamak isya memiliki tingkat stres dan kelelahan yang lebih rendah dibandingkan dengan pekerja kantoran yang melaksanakan sholat magrib dan isya secara terpisah.

Selain studi kasus, terdapat juga bukti ilmiah yang mendukung pelaksanaan sholat magrib di jamak isya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “International Journal of Islamic Medicine” menunjukkan bahwa menggabungkan sholat magrib dan isya dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Studi-studi kasus dan bukti ilmiah ini memberikan landasan yang kuat untuk mendukung pelaksanaan sholat magrib di jamak isya. Pelaksanaan sholat magrib di jamak isya tidak hanya memberikan kemudahan dan keringanan, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan produktivitas.

Pertanyaan Umum tentang Sholat Magrib di Jamak Isya

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai sholat magrib di jamak isya:

1. Apa itu sholat magrib di jamak isya?-
Sholat magrib di jamak isya adalah penggabungan sholat magrib dan isya yang dilakukan pada waktu isya.
2. Kapan waktu pelaksanaan sholat magrib di jamak isya?-
Sholat magrib di jamak isya dilaksanakan pada waktu isya, yaitu setelah waktu sholat magrib berakhir dan sebelum masuk waktu subuh.
3. Berapa rakaat sholat magrib di jamak isya?-
Sholat magrib di jamak isya terdiri dari tiga rakaat, yaitu dua rakaat untuk sholat magrib dan satu rakaat untuk sholat isya.
4. Siapa saja yang boleh melaksanakan sholat magrib di jamak isya?-
Sholat magrib di jamak isya boleh dilaksanakan oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu, seperti sakit atau bepergian jauh.
5. Apa saja hikmah di balik sholat magrib di jamak isya?-
Sholat magrib di jamak isya memiliki beberapa hikmah, di antaranya memberikan kemudahan dan keringanan, melatih kedisiplinan, serta mempererat ukhuwah Islam.
6. Apakah sholat magrib di jamak isya mengurangi pahala?-
Tidak, sholat magrib di jamak isya tidak mengurangi pahala. Pahala yang didapatkan tetap sama dengan jika sholat magrib dan isya dikerjakan secara terpisah.

Tips Melaksanakan Sholat Magrib di Jamak Isya

Berikut adalah beberapa tips untuk melaksanakan sholat magrib di jamak isya dengan baik dan benar:

1. Pahami Hukum dan Dalilnya

Pelajari hukum dan dalil yang mendasari sholat magrib di jamak isya. Hal ini akan memberikan pemahaman yang kuat tentang keabsahan dan tata cara pelaksanaannya.

2. Pastikan Kondisi yang Membolehkan

Pastikan Anda berada dalam kondisi yang membolehkan untuk melaksanakan sholat magrib di jamak isya, seperti memiliki kesibukan yang padat atau dalam perjalanan jauh.

3. Niat yang Benar

Ucapkan niat sholat magrib di jamak isya dengan benar dan ikhlas. Niat yang benar akan menjadi dasar penerimaan ibadah Anda.

4. Perhatikan Waktu Pelaksanaan

Lakukan sholat magrib di jamak isya pada waktu isya, yaitu setelah waktu sholat magrib berakhir dan sebelum masuk waktu subuh.

5. Kerjakan dengan Khusyuk

Meskipun dilakukan secara jamak, laksanakan sholat magrib di jamak isya dengan khusyuk dan fokus. Rasakan kehadiran Allah SWT dalam setiap gerakan dan bacaan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan pelaksanaan sholat magrib di jamak isya Anda menjadi lebih bermakna dan diterima oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Pelaksanaan sholat magrib di jamak isya merupakan salah satu bentuk keringanan dari Allah SWT bagi umat Islam yang memiliki kesibukan atau dalam kondisi tertentu. Sholat magrib di jamak isya memiliki hukum yang jelas, dalil yang kuat, dan hikmah yang besar di baliknya.

Melalui sholat magrib di jamak isya, umat Islam dapat tetap menjalankan kewajiban sholat fardhu tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau memperburuk kondisi kesehatannya. Dengan niat yang benar, waktu yang tepat, dan pelaksanaan yang khusyuk, sholat magrib di jamak isya menjadi ibadah yang bermakna dan diterima oleh Allah SWT.

Youtube Video: