Bongkar Mitos Susu UHT, Cari Tahu Faktanya di Sini!

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno June Sun 2024
Bongkar Mitos Susu UHT, Cari Tahu Faktanya di Sini!

Susu UHT merupakan susu yang telah diproses dengan cara dipanaskan pada suhu ultra tinggi (135-150 derajat Celcius) selama 2-5 detik, kemudian dikemas dalam kemasan aseptik. Proses ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang terdapat dalam susu, sehingga susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama tanpa perlu didinginkan.

Terdapat beberapa mitos yang beredar mengenai susu UHT, salah satunya adalah susu UHT tidak bergizi karena telah dipanaskan pada suhu tinggi. Padahal, proses pemanasan UHT tidak merusak kandungan nutrisi susu secara signifikan. Susu UHT tetap mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa fakta penting mengenai susu UHT:

  • Susu UHT aman dikonsumsi oleh segala usia, termasuk bayi dan anak-anak.
  • Susu UHT memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu segar.
  • Susu UHT dapat disimpan dalam suhu ruang selama berbulan-bulan tanpa mengalami kerusakan.
  • Susu UHT mudah dibawa dan dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

Dengan mengetahui fakta dan mitos mengenai susu UHT, masyarakat dapat mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Susu UHT

Susu UHT menjadi pilihan populer karena kemudahan dan daya tahannya. Namun, masih banyak mitos beredar mengenai susu jenis ini. Berikut adalah 10 aspek penting terkait susu UHT yang perlu diketahui:

  • Proses Pemanasan: UHT (Ultra High Temperature)
  • Kemasan Aseptik: Menjaga Kualitas Susu
  • Nutrisi Terjaga: Hampir Sama dengan Susu Segar
  • Penyimpanan: Tahan Lama Tanpa Pendinginan
  • Konsumsi: Aman untuk Semua Usia
  • Harga Terjangkau: Hemat dan Praktis
  • Ketersediaan: Mudah Ditemukan di Pasaran
  • Mitos: Tidak Bergizi
  • Mitos: Berbahaya bagi Kesehatan
  • Fakta: Penting untuk Pola Hidup Sehat

Dengan memahami aspek-aspek tersebut, masyarakat dapat mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak. Susu UHT tidak hanya praktis dan terjangkau, tetapi juga mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Jadikan susu UHT sebagai bagian dari pola makan sehat untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Yuk Baca:

Panduan Lengkap Tumor Payudara Jinak: Gejala, Diagnosis, dan Cara Mengatasinya

Panduan Lengkap Tumor Payudara Jinak: Gejala, Diagnosis, dan Cara Mengatasinya

Proses Pemanasan

Proses pemanasan UHT (Ultra High Temperature) merupakan bagian penting dari produksi susu UHT. Dalam proses ini, susu dipanaskan pada suhu sangat tinggi (135-150 derajat Celcius) selama 2-5 detik. Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang terdapat dalam susu, sehingga susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama tanpa perlu didinginkan.

Proses pemanasan UHT efektif dalam membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti Salmonella dan E. coli, tanpa merusak kandungan nutrisi susu secara signifikan. Dengan demikian, susu UHT tetap mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Susu UHT yang diproses dengan benar aman dikonsumsi oleh segala usia, termasuk bayi dan anak-anak. Proses pemanasan UHT juga tidak mengubah rasa dan tekstur susu secara drastis, sehingga susu UHT tetap dapat dinikmati sebagai minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Kemasan Aseptik

Kemasan aseptik merupakan komponen penting dalam menjaga kualitas susu UHT. Kemasan aseptik adalah kemasan yang telah disterilkan secara menyeluruh untuk menghilangkan mikroorganisme dan udara, sehingga susu UHT yang dikemas di dalamnya dapat terlindungi dari kontaminasi bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Proses pengemasan aseptik dilakukan setelah susu UHT dipanaskan. Susu UHT yang masih panas langsung dikemas dalam kemasan aseptik yang juga telah disterilkan. Proses ini dilakukan dalam ruang tertutup yang steril untuk mencegah masuknya mikroorganisme ke dalam kemasan.

Yuk Baca:

8 Perawatan Wajib untuk Cegah Ambeien Makin Parah

8 Perawatan Wajib untuk Cegah Ambeien Makin Parah

Kemasan aseptik yang digunakan untuk susu UHT biasanya terbuat dari bahan multi-layer yang kedap udara dan cahaya. Bahan-bahan tersebut berfungsi untuk melindungi susu UHT dari pengaruh lingkungan luar, seperti perubahan suhu, cahaya, dan oksigen, yang dapat menurunkan kualitas susu. Dengan demikian, susu UHT yang dikemas secara aseptik dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama tanpa mengalami kerusakan.

Penggunaan kemasan aseptik sangat penting untuk menjaga kualitas susu UHT, sehingga susu UHT dapat dikonsumsi dengan aman dan tetap bernutrisi.

Nutrisi Terjaga

Salah satu fakta penting mengenai susu UHT adalah kandungan nutrisinya yang hampir sama dengan susu segar. Proses pemanasan UHT tidak merusak kandungan nutrisi susu secara signifikan, sehingga susu UHT tetap mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Kandungan Protein

    Susu UHT mengandung protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Kandungan protein dalam susu UHT hampir sama dengan susu segar, sekitar 3,5 gram per 100 ml.

  • Kandungan Kalsium

    Susu UHT merupakan sumber kalsium yang baik, mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dalam susu UHT sekitar 120 mg per 100 ml, yang setara dengan kandungan kalsium dalam susu segar.

  • Kandungan Vitamin

    Susu UHT mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin D penting untuk penyerapan kalsium, dan vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah.

    Yuk Baca:

    Makanan untuk Diare: Panduan Lengkap Anjuran dan Pantangannya

    Makanan untuk Diare: Panduan Lengkap Anjuran dan Pantangannya
  • Kandungan Mineral

    Selain protein, kalsium, dan vitamin, susu UHT juga mengandung berbagai mineral, seperti fosfor, kalium, dan seng. Mineral-mineral ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, serta mendukung fungsi otot dan saraf.

Dengan kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu segar, susu UHT dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Penyimpanan

Salah satu keunggulan susu UHT yang menjadikannya pilihan praktis adalah daya tahannya yang lama tanpa perlu didinginkan. Proses pemanasan UHT dan kemasan aseptik yang digunakan mampu mempertahankan kualitas susu UHT dalam waktu yang lebih lama dibandingkan susu segar.

  • Teknologi Pemanasan UHT

    Proses pemanasan UHT pada suhu tinggi (135-150 derajat Celcius) selama 2-5 detik efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam susu. Hal ini membuat susu UHT lebih tahan lama karena bakteri penyebab kerusakan susu telah dimatikan.

  • Kemasan Aseptik

    Kemasan aseptik yang digunakan untuk susu UHT telah disterilkan secara menyeluruh untuk menghilangkan mikroorganisme dan udara. Kemasan ini mencegah masuknya bakteri dan mikroorganisme dari luar, sehingga susu UHT dapat terjaga kualitasnya dalam waktu yang lebih lama.

  • Suhu Penyimpanan

    Susu UHT dapat disimpan pada suhu ruang tanpa perlu didinginkan. Hal ini sangat memudahkan penyimpanan dan distribusi susu UHT, terutama di daerah yang tidak memiliki akses ke lemari es atau pendingin.

    Yuk Baca:

    Pahami Kondisi Lidah Tertelan dan Cara Penanganannya yang Benar

    Pahami Kondisi Lidah Tertelan dan Cara Penanganannya yang Benar
  • Masa Kadaluarsa

    Masa kadaluarsa susu UHT umumnya lebih lama dibandingkan susu segar. Susu UHT yang disimpan pada suhu ruang dapat bertahan hingga berbulan-bulan, sedangkan susu segar hanya dapat bertahan beberapa hari.

Keunggulan susu UHT dalam hal penyimpanan menjadikannya pilihan yang tepat untuk masyarakat yang memiliki gaya hidup sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja atau menyimpan susu segar. Susu UHT juga cocok untuk daerah-daerah yang memiliki keterbatasan akses ke lemari es atau pendingin.

Konsumsi

Susu UHT umumnya aman dikonsumsi oleh semua usia, termasuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Hal ini karena:

  • Proses Pemanasan UHT

    Proses pemanasan UHT pada suhu tinggi efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam susu, sehingga susu UHT aman dikonsumsi oleh semua usia, termasuk bayi yang sistem kekebalannya belum berkembang sempurna.

  • Kandungan Nutrisi

    Susu UHT mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Susu UHT dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

  • Mudah Dicerna

    Susu UHT lebih mudah dicerna dibandingkan susu segar karena proses pemanasan UHT memecah protein susu menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

  • Rendah Laktosa

    Beberapa orang mengalami kesulitan mencerna laktosa, gula alami yang terdapat dalam susu. Susu UHT umumnya mengandung laktosa yang lebih rendah dibandingkan susu segar, sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa.

    Yuk Baca:

    Minyak Kelapa: Mitos Penyubur Rambut Terbongkar!

    Minyak Kelapa: Mitos Penyubur Rambut Terbongkar!

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, susu UHT dapat menjadi pilihan minuman bergizi dan aman untuk dikonsumsi oleh semua orang, dari bayi hingga orang dewasa.

Harga Terjangkau

Selain fakta-fakta yang telah disebutkan sebelumnya, susu UHT juga memiliki keunggulan dalam hal harga dan kepraktisannya. Hal ini menjadikannya pilihan yang hemat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

  • Harga Terjangkau

    Susu UHT umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan susu segar. Hal ini karena proses produksi susu UHT lebih efisien dan biaya pengemasannya lebih rendah. Dengan demikian, susu UHT dapat menjadi pilihan yang lebih hemat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi susu sehari-hari.

  • Praktis dan Mudah Didapat

    Susu UHT dikemas dalam kemasan yang praktis dan mudah ditemukan di pasaran. Kemasan susu UHT yang umumnya berupa kotak atau botol kecil membuatnya mudah dibawa dan dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Susu UHT juga tersedia dalam berbagai ukuran kemasan, sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mempertimbangkan harga yang terjangkau dan kepraktisannya, susu UHT menjadi pilihan yang hemat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Susu UHT dapat dikonsumsi sebagai minuman langsung, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai resep makanan dan minuman.

Ketersediaan

Ketersediaan susu UHT yang mudah ditemukan di pasaran merupakan salah satu keunggulan yang berkontribusi pada popularitasnya. Faktor ini juga berkaitan erat dengan fakta dan mitos seputar susu UHT.

Yuk Baca:

Jerawat di Kepala: Penyebab dan Tips Ampuh Mengatasinya!

Jerawat di Kepala: Penyebab dan Tips Ampuh Mengatasinya!
  • Distribusi yang Luas

    Susu UHT didistribusikan secara luas ke berbagai daerah, baik perkotaan maupun pedesaan. Hal ini dimungkinkan karena daya tahan susu UHT yang lama, sehingga dapat menjangkau daerah-daerah yang tidak memiliki akses ke lemari es atau pendingin.

  • Kemasan Praktis

    Susu UHT dikemas dalam kemasan yang praktis dan mudah dibawa, seperti kotak atau botol kecil. Kemasan ini memudahkan konsumen untuk membeli dan menyimpan susu UHT, serta membawanya saat bepergian.

  • Beragam Ukuran Kemasan

    Susu UHT tersedia dalam berbagai ukuran kemasan, dari kemasan kecil untuk konsumsi individu hingga kemasan besar untuk kebutuhan keluarga. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi konsumen dalam memilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Harga Terjangkau

    Harga susu UHT yang terjangkau menjadi faktor pendukung ketersediaannya di pasaran. Harga yang bersaing membuat susu UHT dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang lebih luas.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, ketersediaan susu UHT yang mudah ditemukan di pasaran menjadi bukti bahwa susu UHT merupakan pilihan yang praktis, terjangkau, dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat luas.

Mitos

Salah satu mitos yang beredar mengenai susu UHT adalah anggapan bahwa susu UHT tidak bergizi karena telah dipanaskan pada suhu tinggi. Mitos ini tidak berdasar karena proses pemanasan UHT tidak merusak kandungan nutrisi susu secara signifikan. Susu UHT tetap mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Yuk Baca:

Nanas saat Hamil: Dampak dan Tips Konsumsi Aman

Nanas saat Hamil: Dampak dan Tips Konsumsi Aman

Proses pemanasan UHT yang dilakukan pada suhu tinggi (135-150 derajat Celcius) selama 2-5 detik bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya dalam susu, bukan untuk menghilangkan kandungan nutrisinya. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa kandungan nutrisi susu UHT hampir sama dengan susu segar, meskipun terdapat sedikit penurunan pada beberapa vitamin yang sensitif terhadap panas, seperti vitamin C.

Mitos bahwa susu UHT tidak bergizi dapat berdampak negatif pada pola konsumsi masyarakat. Jika masyarakat mempercayai mitos ini, mereka mungkin akan menghindari konsumsi susu UHT dan beralih ke sumber nutrisi lain yang mungkin kurang bergizi. Padahal, susu UHT merupakan sumber nutrisi yang penting, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Dengan memahami fakta bahwa susu UHT tetap bergizi, masyarakat dapat mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak. Susu UHT dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Mitos

Mitos mengenai susu UHT yang menyatakan bahwa susu UHT berbahaya bagi kesehatan tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Proses pemanasan UHT justru bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya, sehingga susu UHT aman dikonsumsi.

  • Proses Pemanasan UHT

    Proses pemanasan UHT pada suhu tinggi (135-150 derajat Celcius) selama 2-5 detik efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti Salmonella dan E. coli, tanpa merusak kandungan nutrisi susu secara signifikan.

  • Kandungan Nutrisi

    Susu UHT tetap mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, meskipun terdapat sedikit penurunan pada beberapa vitamin yang sensitif terhadap panas, seperti vitamin C.

  • Kemasan Aseptik

    Susu UHT dikemas dalam kemasan aseptik yang telah disterilkan untuk mencegah kontaminasi bakteri dan mikroorganisme, sehingga susu UHT tetap aman dikonsumsi.

  • Konsumsi oleh Semua Usia

    Susu UHT aman dikonsumsi oleh semua usia, termasuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa, karena telah melalui proses pemanasan dan pengemasan yang ketat.

Dengan memahami fakta-fakta tersebut, masyarakat dapat mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak dan tidak perlu khawatir akan risiko kesehatan yang ditimbulkan. Susu UHT merupakan pilihan yang aman dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Fakta

Susu UHT merupakan bagian penting dari pola hidup sehat karena mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi susu UHT secara teratur, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis, seperti osteoporosis, penyakit jantung, dan stroke. Susu UHT juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan yang sehat, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Dalam konteks “susu uht ketahui fakta dan mitosnya di sini”, pemahaman tentang fakta bahwa susu UHT penting untuk pola hidup sehat sangat penting untuk mendorong konsumsi susu UHT di masyarakat. Dengan mengetahui fakta ini, masyarakat dapat membedakan susu UHT dari mitos yang beredar, seperti susu UHT tidak bergizi atau berbahaya bagi kesehatan. Dengan demikian, masyarakat dapat mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Proses pemanasan UHT telah diteliti secara ekstensif dan terbukti efektif dalam membunuh bakteri berbahaya tanpa merusak kandungan nutrisi susu secara signifikan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Science menunjukkan bahwa susu UHT memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu segar, termasuk protein, kalsium, dan vitamin B12.

Studi lain yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi susu UHT dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause. Hal ini menunjukkan bahwa susu UHT dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Terdapat beberapa perdebatan mengenai apakah susu UHT dapat menyebabkan intoleransi laktosa. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa susu UHT umumnya mengandung laktosa yang lebih rendah dibandingkan susu segar, sehingga lebih mudah dicerna oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah dan studi kasus yang ada, masyarakat dapat secara kritis mengevaluasi mitos yang beredar mengenai susu UHT dan membuat pilihan yang tepat dalam mengonsumsi susu.

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT

Untuk mendapatkan manfaat susu UHT secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Pilih Susu UHT yang Berkualitas

Pilih susu UHT yang diproduksi oleh perusahaan terkemuka dan telah memenuhi standar keamanan pangan. Periksa tanggal kedaluwarsa dan pastikan kemasan susu UHT dalam kondisi baik dan tidak rusak.

2. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Meskipun kandungan nutrisi susu UHT hampir sama dengan susu segar, namun terdapat sedikit perbedaan. Perhatikan label nutrisi pada kemasan susu UHT untuk mengetahui kandungan protein, kalsium, dan vitamin lainnya.

3. Simpan Susu UHT dengan Benar

Susu UHT dapat disimpan pada suhu ruang tanpa perlu didinginkan. Namun, setelah kemasan dibuka, susu UHT harus segera disimpan di lemari es dan dikonsumsi dalam waktu 3-4 hari.

4. Konsumsi Susu UHT Secara Teratur

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, disarankan untuk mengonsumsi susu UHT secara teratur. Susu UHT dapat dikonsumsi sebagai minuman langsung, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai resep makanan dan minuman.

5. Variasikan Konsumsi Susu

Selain susu UHT, terdapat berbagai jenis susu lainnya yang juga memiliki manfaat kesehatan. Variasikan konsumsi susu untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih lengkap.

Dengan mengikuti tips di atas, masyarakat dapat memilih dan mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Transisi ke FAQ:

Berikutnya, kita akan membahas beberapa pertanyaan umum mengenai susu UHT dan menjawabnya berdasarkan fakta dan penelitian ilmiah.

FAQs

1. Apakah susu UHT aman dikonsumsi?-
Ya, susu UHT aman dikonsumsi karena telah melalui proses pemanasan UHT (Ultra High Temperature) yang efektif membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya.
2. Apakah susu UHT bergizi?-
Ya, susu UHT tetap mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin, dan mineral, meskipun sedikit berkurang dibandingkan susu segar karena proses pemanasan.
3. Apakah susu UHT menyebabkan intoleransi laktosa?-
Tidak selalu, susu UHT umumnya mengandung laktosa yang lebih rendah dibandingkan susu segar, sehingga lebih mudah dicerna oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa.
4. Bagaimana cara menyimpan susu UHT yang benar?-
Susu UHT dapat disimpan pada suhu ruang sebelum dibuka. Setelah dibuka, susu UHT harus segera disimpan di lemari es dan dikonsumsi dalam waktu 3-4 hari.
5. Apakah susu UHT dapat dikonsumsi oleh semua usia?-
Ya, susu UHT aman dikonsumsi oleh semua usia, termasuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa.
6. Apa saja manfaat mengonsumsi susu UHT?-
Mengonsumsi susu UHT secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan risiko penyakit kronis.

Kesimpulan

Susu UHT merupakan pilihan susu yang praktis dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Proses pemanasan UHT dan kemasan aseptik yang digunakan memastikan keamanan dan kualitas susu UHT. Meskipun terdapat beberapa mitos yang beredar, fakta ilmiah menunjukkan bahwa susu UHT aman dikonsumsi oleh semua usia dan tetap mengandung nutrisi penting, meskipun sedikit berkurang dibandingkan susu segar.

Dengan memahami fakta dan mitos mengenai susu UHT, masyarakat dapat mengonsumsi susu UHT dengan lebih bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal. Susu UHT dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan risiko penyakit kronis.

Youtube Video: