Rahasia Wajah Cantik dan Terlindungi: Tips Memakai Sunblock & Make Up

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno June Sun 2024
Rahasia Wajah Cantik dan Terlindungi: Tips Memakai Sunblock & Make Up

Penggunaan tabir surya merupakan salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari demi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, seperti penuaan dini, kulit terbakar, hingga risiko kanker kulit. Bagi mereka yang menggunakan make up, mengaplikasikan tabir surya sebelum memakai make up menjadi hal yang krusial. Berikut adalah beberapa tips memakai tabir surya wajah bersamaan dengan make up yang perlu diketahui:

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan perlindungan broad spectrum (UVA dan UVB) sangat dianjurkan. Aplikasikan tabir surya secara merata pada wajah dan leher sekitar 15-20 menit sebelum keluar rumah. Diamkan beberapa saat hingga tabir surya meresap sempurna ke dalam kulit.

Setelah tabir surya meresap, aplikasikan make up seperti biasa. Gunakan primer atau foundation yang mengandung SPF untuk perlindungan tambahan. Hindari penggunaan bedak tabur yang dapat mengangkat tabir surya yang sudah diaplikasikan. Jika diperlukan, aplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam, terutama jika beraktivitas di luar ruangan.

tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up

Menggunakan tabir surya bersamaan dengan make up merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Berikut adalah 7 aspek penting yang perlu diperhatikan:

  • Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30
  • Gunakan tabir surya dengan perlindungan broad spectrum (UVA dan UVB)
  • Aplikasikan tabir surya secara merata
  • Diamkan tabir surya meresap sebelum memakai make up
  • Gunakan primer atau foundation yang mengandung SPF
  • Hindari penggunaan bedak tabur yang dapat mengangkat tabir surya
  • Aplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa kulit wajah Anda terlindungi dari efek buruk sinar matahari, bahkan ketika menggunakan make up. Tabir surya menjadi lapisan pelindung penting yang membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Yuk Baca:

Waspada Penyakit Ketinggian, Ayo Piknik Aman ke Gunung!

Waspada Penyakit Ketinggian, Ayo Piknik Aman ke Gunung!

Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30

Memilih tabir surya dengan SPF minimal 30 merupakan aspek krusial dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up. SPF (Sun Protection Factor) menunjukkan kemampuan tabir surya dalam melindungi kulit dari sinar UVB, yaitu sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar. SPF 30 dapat memblokir hingga 97% sinar UVB, sehingga efektif melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari.

  • Perlindungan dari Kanker Kulit

    Sinar UVB merupakan salah satu faktor risiko utama kanker kulit. Menggunakan tabir surya dengan SPF 30 dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena kanker kulit, termasuk melanoma.

  • Mencegah Penuaan Dini

    Sinar UVB juga dapat merusak kolagen dan elastin di kulit, yang menyebabkan kerutan, garis halus, dan kulit kendur. Tabir surya dengan SPF 30 membantu melindungi kulit dari kerusakan ini, sehingga menjaga kulit tetap awet muda.

  • Melindungi dari Hiperpigmentasi

    Paparan sinar UVB dapat memicu produksi melanin, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi seperti bintik hitam dan melasma. Tabir surya dengan SPF 30 membantu mencegah hiperpigmentasi dengan memblokir sinar UVB.

  • Aman Digunakan dengan Make Up

    Tabir surya dengan SPF 30 umumnya memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket, sehingga tidak akan mengganggu aplikasi make up. Tabir surya dengan SPF 30 juga dapat digunakan sebagai dasar make up, sehingga memberikan perlindungan ganda terhadap sinar matahari.

Dengan memilih tabir surya dengan SPF minimal 30, Anda dapat memastikan bahwa kulit wajah Anda terlindungi secara optimal dari efek berbahaya sinar matahari, bahkan ketika menggunakan make up.

Yuk Baca:

Jangan Sia-siakan Suplemen Vitamin, Begini Caranya!

Jangan Sia-siakan Suplemen Vitamin, Begini Caranya!

Gunakan tabir surya dengan perlindungan broad spectrum (UVA dan UVB)

Dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, menggunakan tabir surya dengan perlindungan broad spectrum (UVA dan UVB) menjadi sangat penting. Perlindungan broad spectrum berarti tabir surya mampu melindungi kulit dari dua jenis sinar matahari yang berbahaya, yaitu UVA dan UVB.

  • Perlindungan dari Sinar UVA

    Sinar UVA dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan hiperpigmentasi. Tabir surya dengan perlindungan UVA membantu mencegah kerusakan ini dengan menyerap atau memantulkan sinar UVA.

  • Perlindungan dari Sinar UVB

    Sinar UVB adalah sinar yang menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit. Tabir surya dengan perlindungan UVB membantu memblokir sinar UVB sebelum mencapai lapisan kulit yang lebih dalam.

  • Penting untuk Make Up

    Saat menggunakan make up, penting untuk menggunakan tabir surya dengan perlindungan broad spectrum karena make up sendiri tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap sinar matahari. Tabir surya dengan perlindungan broad spectrum akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, bahkan ketika menggunakan make up.

  • Meminimalisir Risiko Kanker Kulit

    Penggunaan tabir surya dengan perlindungan broad spectrum secara teratur dapat membantu meminimalisir risiko kanker kulit, termasuk melanoma, karena melindungi kulit dari kedua jenis sinar matahari yang berbahaya.

Dengan menggunakan tabir surya dengan perlindungan broad spectrum (UVA dan UVB) dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, kulit wajah akan terlindungi secara optimal dari efek berbahaya sinar matahari, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Yuk Baca:

Mengenal Terapi Bekam: Khasiatnya yang Tersembunyi untuk Kesehatan Anda

Mengenal Terapi Bekam: Khasiatnya yang Tersembunyi untuk Kesehatan Anda

Aplikasikan tabir surya secara merata

Dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, mengaplikasikan tabir surya secara merata sangatlah penting untuk memastikan perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari.

  • Perlindungan Maksimal

    Mengaplikasikan tabir surya secara merata memastikan bahwa seluruh permukaan kulit wajah terlindungi dari sinar matahari. Hal ini meminimalisir risiko kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit.

  • Efektifitas Tabir Surya

    Ketika tabir surya diaplikasikan secara merata, bahan aktif tabir surya dapat bekerja secara efektif untuk menyerap atau memantulkan sinar matahari. Pengaplikasian yang tidak merata dapat mengurangi efektivitas tabir surya.

  • Hindari Hiperpigmentasi

    Paparan sinar matahari yang tidak merata dapat menyebabkan hiperpigmentasi, seperti bintik hitam dan melasma. Mengaplikasikan tabir surya secara merata membantu mencegah hiperpigmentasi dengan memastikan bahwa semua area kulit terlindungi secara sama.

  • Tidak Mengganggu Make Up

    Mengaplikasikan tabir surya secara merata tidak akan mengganggu aplikasi make up. Tabir surya dengan tekstur yang ringan dan tidak lengket dapat digunakan sebagai dasar make up, sehingga memberikan perlindungan ganda terhadap sinar matahari.

Dengan mengaplikasikan tabir surya secara merata dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, kulit wajah akan terlindungi secara optimal dari efek berbahaya sinar matahari, sehingga menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Diamkan tabir surya meresap sebelum memakai make up

Dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, mendiamkan tabir surya meresap sebelum memakai make up merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Mendiamkan tabir surya meresap memberikan waktu bagi bahan aktif tabir surya untuk bekerja secara efektif dan membentuk lapisan pelindung pada kulit.

Yuk Baca:

Cara Jitu Cegah Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Cara Jitu Cegah Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Ketika tabir surya diaplikasikan, bahan aktifnya membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit dan membentuk lapisan pelindung yang optimal. Jika make up diaplikasikan segera setelah tabir surya, bahan aktif tabir surya dapat terganggu oleh bahan-bahan dalam make up, sehingga mengurangi efektivitasnya. Selain itu, mengaplikasikan make up pada tabir surya yang belum meresap dapat membuat make up menjadi menggumpal dan tidak rata.

Dengan mendiamkan tabir surya meresap sebelum memakai make up, kita memberikan waktu yang cukup bagi bahan aktif tabir surya untuk bekerja dan membentuk lapisan pelindung yang kuat pada kulit. Hal ini memastikan perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari, bahkan saat menggunakan make up. Selain itu, mendiamkan tabir surya meresap membuat make up lebih mudah diaplikasikan dan menghasilkan tampilan yang lebih halus dan tahan lama.

Untuk hasil yang optimal, disarankan untuk mendiamkan tabir surya meresap selama setidaknya 15-20 menit sebelum memakai make up. Selama waktu ini, hindari menyentuh atau mengusap wajah, karena dapat mengganggu proses penyerapan tabir surya.

Gunakan primer atau foundation yang mengandung SPF

Dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, menggunakan primer atau foundation yang mengandung SPF sangat penting untuk perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari. Primer dan foundation dengan SPF memberikan lapisan perlindungan tambahan di atas tabir surya, sehingga meningkatkan efektivitas proteksi terhadap sinar UVA dan UVB.

Yuk Baca:

Waspada Kista Ganglion, Kenali Sebelum Terlambat!

Waspada Kista Ganglion, Kenali Sebelum Terlambat!

Ketika digunakan bersamaan, tabir surya, primer, dan foundation dengan SPF bekerja secara sinergis untuk menciptakan perisai yang kuat pada kulit. Primer membantu meratakan permukaan kulit, mengisi pori-pori, dan menciptakan dasar yang halus untuk aplikasi foundation. Foundation dengan SPF kemudian memberikan warna dan coverage pada kulit, sekaligus melindungi dari sinar matahari. Kombinasi ini memastikan perlindungan kulit yang komprehensif, bahkan saat menggunakan make up.

Selain manfaat perlindungan matahari, primer dan foundation dengan SPF juga menawarkan keuntungan tambahan. Primer dapat membantu mengontrol minyak berlebih, membuat make up lebih tahan lama, dan memberikan tampilan yang lebih halus. Foundation dengan SPF juga tersedia dalam berbagai formula dan warna, sehingga dapat disesuaikan dengan jenis dan warna kulit yang berbeda.

Dengan menggunakan primer atau foundation yang mengandung SPF dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, kita tidak hanya mempercantik wajah dengan make up, tetapi juga melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Hindari penggunaan bedak tabur yang dapat mengangkat tabir surya

Dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, menghindari penggunaan bedak tabur sangat penting untuk memastikan perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari.

  • Mengangkat Tabir Surya

    Bedak tabur dapat menyerap dan mengangkat tabir surya yang telah diaplikasikan pada wajah. Hal ini mengurangi efektivitas tabir surya dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sehingga meningkatkan risiko kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit.

    Yuk Baca:

    Cara Jitu Berteman dengan Kawat Gigi: Rahasia Mendapat Teman Baru Meskipun Pakai Behel

    Cara Jitu Berteman dengan Kawat Gigi: Rahasia Mendapat Teman Baru Meskipun Pakai Behel
  • Tekstur Bedak Tabur

    Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan dan berpartikel halus. Ketika diaplikasikan pada wajah yang sudah menggunakan tabir surya, partikel-partikel bedak dapat menempel pada tabir surya dan mengangkatnya dari kulit.

  • Penggunaan Bedak Tabur

    Bedak tabur umumnya digunakan untuk mengontrol minyak berlebih dan memberikan hasil akhir matte pada wajah. Namun, saat menggunakan tabir surya, sebaiknya hindari penggunaan bedak tabur atau gunakan dengan sangat hati-hati agar tidak mengganggu lapisan tabir surya.

  • Alternatif Bedak Tabur

    Jika ingin menggunakan bedak untuk hasil akhir matte, disarankan untuk menggunakan bedak padat atau liquid yang tidak mengandung talc. Bedak jenis ini tidak akan mengangkat tabir surya dan tetap memberikan hasil akhir yang diinginkan.

Dengan menghindari penggunaan bedak tabur yang dapat mengangkat tabir surya dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, kita dapat memastikan perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari, bahkan saat menggunakan make up. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Aplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam

Dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, mengaplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam sangat penting untuk mempertahankan perlindungan kulit dari sinar matahari.

  • Melindungi Kulit Sepanjang Hari

    Sinar matahari dapat mengurangi efektivitas tabir surya seiring waktu. Mengaplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam memastikan perlindungan kulit yang konsisten sepanjang hari, terutama jika beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

    Yuk Baca:

    Obat Aman dan Efektif, Anak Cepat Sembuh dari Pilek!

    Obat Aman dan Efektif, Anak Cepat Sembuh dari Pilek!
  • Menjaga Efektivitas Tabir Surya

    Mengaplikasikan kembali tabir surya membantu menjaga efektivitasnya dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Hal ini penting untuk mencegah kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit.

  • Menghindari Hiperpigmentasi

    Paparan sinar matahari yang tidak terlindungi dapat menyebabkan hiperpigmentasi, seperti bintik hitam dan melasma. Mengaplikasikan kembali tabir surya secara teratur membantu mencegah hiperpigmentasi dengan menjaga kulit tetap terlindungi.

  • Melindungi Kulit Saat Berkeringat

    Berkeringat dapat menghilangkan tabir surya dari kulit. Mengaplikasikan kembali tabir surya setelah berkeringat atau berenang sangat penting untuk mempertahankan perlindungan kulit.

Dengan mengaplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam dalam tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, kita dapat memastikan perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah

Penggunaan tabir surya bersamaan dengan make up telah menjadi topik yang banyak diteliti dalam bidang dermatologi dan perawatan kulit. Berbagai studi kasus dan penelitian ilmiah telah mendukung manfaat dan efektivitas tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up.

Salah satu studi kasus yang signifikan dilakukan oleh American Academy of Dermatology (AAD). Studi ini melibatkan sekelompok wanita yang menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi bersamaan dengan make up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan tabir surya memiliki risiko kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit yang lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan tabir surya.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology juga menemukan hasil serupa. Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi secara signifikan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari, termasuk keriput, garis halus, dan hiperpigmentasi.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, masih terdapat perdebatan mengenai jenis dan tekstur tabir surya yang paling efektif untuk digunakan bersama make up. Beberapa ahli merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan tekstur ringan dan tidak lengket, sementara yang lain menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan bahan aktif yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up, penting untuk melakukan riset dan memilih produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit masing-masing. Konsultasi dengan dokter kulit juga dapat membantu menentukan pilihan tabir surya terbaik.

Tips Mengenakan Tabir Surya Wajah Bersamaan dengan Make Up

Penggunaan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari, seperti kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit. Bagi mereka yang menggunakan make up, mengaplikasikan tabir surya sebelum memakai make up menjadi hal yang krusial. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara menggunakan tabir surya wajah bersamaan dengan make up:

1. Pilih Tabir Surya dengan SPF Minimal 30

Gunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 untuk perlindungan yang optimal terhadap sinar UVB, yang menyebabkan kulit terbakar.

2. Gunakan Tabir Surya dengan Perlindungan Broad Spectrum (UVA dan UVB)

Pilih tabir surya yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Sinar UVA menyebabkan penuaan dini, sedangkan sinar UVB menyebabkan kulit terbakar.

3. Aplikasikan Tabir Surya Secara Merata

Aplikasikan tabir surya secara merata ke seluruh wajah dan leher. Pastikan tidak ada area yang terlewatkan untuk perlindungan yang optimal.

4. Diamkan Tabir Surya Meresap Sebelum Memakai Make Up

Biarkan tabir surya meresap ke dalam kulit selama 15-20 menit sebelum mengaplikasikan make up. Ini akan memberikan waktu bagi tabir surya untuk bekerja secara efektif.

5. Gunakan Primer atau Foundation yang Mengandung SPF

Gunakan primer atau foundation yang mengandung SPF untuk perlindungan tambahan. Hal ini akan membantu meningkatkan efektivitas perlindungan dari sinar matahari.

6. Hindari Penggunaan Bedak Tabur yang Dapat Mengangkat Tabir Surya

Hindari penggunaan bedak tabur karena dapat menyerap dan mengangkat tabir surya, sehingga mengurangi efektivitasnya.

7. Aplikasikan Kembali Tabir Surya Setiap 2-3 Jam

Aplikasikan kembali tabir surya setiap 2-3 jam, terutama jika beraktivitas di luar ruangan atau berkeringat. Ini akan memastikan perlindungan yang konsisten sepanjang hari.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa kulit wajah Anda terlindungi dari efek buruk sinar matahari, bahkan saat menggunakan make up. Tabir surya menjadi lapisan pelindung penting yang membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tips Memakai Sunblock Wajah Bersama Make Up

1. Apa pentingnya menggunakan sunblock wajah saat memakai make up?-
Menggunakan sunblock wajah sangat penting saat memakai make up karena dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, seperti kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit.
2. Berapa SPF yang disarankan untuk sunblock wajah yang digunakan bersama make up?-
Disarankan untuk menggunakan sunblock wajah dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan optimal terhadap sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar.
3. Apakah perlu mengaplikasikan kembali sunblock wajah setelah memakai make up?-
Ya, disarankan untuk mengaplikasikan kembali sunblock wajah setiap 2-3 jam, terutama jika beraktivitas di luar ruangan atau berkeringat, untuk memastikan perlindungan yang konsisten sepanjang hari.
4. Bisakah menggunakan bedak tabur setelah memakai sunblock wajah?-
Sebaiknya hindari menggunakan bedak tabur setelah memakai sunblock wajah karena dapat menyerap dan mengangkat sunblock, sehingga mengurangi efektivitasnya.
5. Apakah make up dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari?-
Meskipun beberapa produk make up mengandung SPF, namun umumnya tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, tetap penting untuk menggunakan sunblock wajah sebelum memakai make up.
6. Bagaimana cara memilih sunblock wajah yang tepat untuk digunakan bersama make up?-
Pilih sunblock wajah dengan tekstur yang ringan dan tidak lengket, serta mengandung bahan aktif yang aman untuk kulit. Konsultasi dengan dokter kulit dapat membantu menentukan pilihan sunblock wajah yang terbaik.

Kesimpulan

Menggunakan tabir surya wajah bersamaan dengan make up merupakan langkah penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Dengan mengikuti tips yang telah diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat memastikan bahwa kulit wajah Anda terlindungi secara optimal, bahkan saat menggunakan make up. Perlindungan dari sinar matahari sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam jangka panjang.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya perawatan kulit, diharapkan masyarakat semakin memahami dan mempraktikkan tips memakai sunblock wajah bersamaan dengan make up. Hal ini akan berdampak positif pada kesehatan kulit masyarakat secara keseluruhan, sekaligus mengurangi risiko penyakit kulit yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Youtube Video: