Temukan 7 Manfaat Dahsyat Bacaan Al-Qur'an Setelah Sholat Ashar

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno May Thu 2024
Temukan 7 Manfaat Dahsyat Bacaan Al-Qur'an Setelah Sholat Ashar

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Amalan ini memiliki banyak dan keutamaan yang luar biasa.

Di antara keutamaan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Adapun bacaan Al-Qur’an yang dianjurkan dibaca setelah sholat ashar adalah surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas. Selain itu, dapat juga membaca surat-surat pendek lainnya sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tersedia.

Bacaan Al-Qur’an Setelah Sholat Ashar

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Menghapus dosa-dosa kecil
  • Mendapat pahala yang berlimpah
  • Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT
  • Menjadi penawar hati
  • Mendapat syafaat di hari kiamat
  • Memperoleh ketenangan jiwa
  • Mendapat perlindungan dari gangguan setan

Adapun bacaan Al-Qur’an yang dianjurkan dibaca setelah sholat ashar adalah surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas. Selain itu, dapat juga membaca surat-surat pendek lainnya sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tersedia.

Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an pada waktu sore (setelah sholat ashar), maka bacaannya tersebut akan menghapus dosa-dosanya pada waktu pagi.” (HR. Abu Dawud)

Menghapus dosa-dosa kecil merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Sebab, dosa-dosa kecil jika dibiarkan menumpuk dapat menjadi dosa besar. Selain itu, dosa-dosa kecil juga dapat menghalangi seseorang untuk mendapatkan pahala yang lebih besar.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Dengan membaca Al-Qur’an, kita tidak hanya dapat menghapus dosa-dosa kecil, tetapi juga mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan 8 Manfaat Sholat Subuh yang Luar Biasa

Temukan 8 Manfaat Sholat Subuh yang Luar Biasa

Mendapat pahala yang berlimpah

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar adalah mendapat pahala yang berlimpah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)

Pahala yang berlimpah dari Allah SWT ini sangat penting bagi seorang muslim. Sebab, pahala tersebut dapat menjadi bekal di akhirat kelak. Selain itu, pahala juga dapat menjadi penebus dosa-dosa yang telah diperbuat.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Dengan membaca Al-Qur’an, kita tidak hanya dapat mendapat pahala yang berlimpah, tetapi juga menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat.

Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar adalah dapat mengangkat derajat seseorang di sisi Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Abu Dawud)

Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Sebab, derajat yang tinggi di sisi Allah SWT akan membawa banyak kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Di dunia, orang yang memiliki derajat tinggi di sisi Allah SWT akan dihormati dan disegani oleh manusia lainnya. Selain itu, ia juga akan mendapatkan kemudahan dalam segala urusannya.

Yuk Baca:

Temukan Segudang Manfaat Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Temukan Segudang Manfaat Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Di akhirat, orang yang memiliki derajat tinggi di sisi Allah SWT akan mendapatkan tempat yang mulia di surga. Selain itu, ia juga akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW pada hari kiamat.

Menjadi penawar hati

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar juga dapat menjadi penawar hati yang gundah dan gelisah. Dalam Al-Qur’an terdapat banyak ayat-ayat yang menenangkan hati dan memberikan ketenangan jiwa.

  • Menenangkan hati yang gundah

    Ketika hati sedang gundah dan gelisah, membaca Al-Qur’an dapat membantu menenangkan hati dan memberikan ketenangan jiwa. Ayat-ayat Al-Qur’an yang menenangkan hati, seperti surat Al-Ikhlas, dapat membantu kita mengingat kebesaran Allah SWT dan membuat kita lebih berserah diri kepada-Nya.

  • Memberikan ketenangan jiwa

    Selain menenangkan hati, membaca Al-Qur’an juga dapat memberikan ketenangan jiwa. Ayat-ayat Al-Qur’an yang penuh dengan hikmah dan pelajaran dapat membantu kita merenungi kehidupan dan menemukan makna di balik setiap kejadian yang kita alami.

  • Memperkuat iman

    Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar juga dapat membantu memperkuat iman kita. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tentang keimanan dan tauhid dapat membantu kita semakin yakin dan percaya kepada Allah SWT.

  • Menjauhkan dari perbuatan dosa

    Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar juga dapat membantu kita menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tentang larangan berbuat dosa dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam bertindak dan menjaga diri dari perbuatan yang merugikan.

Dengan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar, kita tidak hanya dapat menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT, tetapi juga dapat menenangkan hati, memberikan ketenangan jiwa, memperkuat iman, dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

Yuk Baca:

Temukan Kemudahan dan Manfaat Shalat Dzuhur Sebagai Alternatif Shalat Jumat

Temukan Kemudahan dan Manfaat Shalat Dzuhur Sebagai Alternatif Shalat Jumat

Mendapat syafaat di hari kiamat

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar adalah mendapat syafaat di hari kiamat. Syafaat adalah pertolongan dan pembelaan yang diberikan oleh seseorang yang memiliki kedudukan tinggi kepada orang lain yang membutuhkan pertolongan tersebut. Di hari kiamat, Rasulullah SAW akan memberikan syafaat kepada umatnya yang beriman dan beramal saleh.

Salah satu amalan yang dapat membuat seseorang mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW adalah membaca Al-Qur’an. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka aku akan menjadi saksi dan pembelanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat merupakan hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Sebab, syafaat dari Rasulullah SAW dapat menyelamatkan seseorang dari siksa neraka dan memasukkannya ke dalam surga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar, agar mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat.

Memperoleh ketenangan jiwa

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar dapat menjadi salah satu cara untuk memperoleh ketenangan jiwa. Ayat-ayat Al-Qur’an yang penuh dengan hikmah dan pelajaran dapat membantu kita merenungi kehidupan dan menemukan makna di balik setiap kejadian yang kita alami.

  • Menumbuhkan rasa syukur

    Membaca Al-Qur’an dapat membantu kita menumbuhkan rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Dengan merenungi ayat-ayat Al-Qur’an, kita akan menyadari betapa besar nikmat yang telah kita terima, sehingga hati kita akan dipenuhi dengan rasa syukur.

    Yuk Baca:

    Temukan Rahasia Bangun Sholat Subuh Tepat Waktu

    Temukan Rahasia Bangun Sholat Subuh Tepat Waktu
  • Meningkatkan rasa sabar

    Membaca Al-Qur’an juga dapat membantu kita meningkatkan rasa sabar dalam menghadapi berbagai cobaan hidup. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tentang ujian dan cobaan hidup dapat membuat kita lebih kuat dan tabah dalam menghadapi kesulitan.

  • Mengurangi stres dan kecemasan

    Membaca Al-Qur’an dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tentang ketenangan dan kedamaian dapat membuat hati kita lebih tenang dan damai.

  • Memperkuat hubungan dengan Allah SWT

    Membaca Al-Qur’an dapat membantu kita memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Dengan merenungi ayat-ayat Al-Qur’an, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan merasa lebih tenang dan damai.

Dengan memperoleh ketenangan jiwa, kita akan lebih mudah menjalani hidup ini dengan penuh kebahagiaan dan kedamaian.

Mendapat perlindungan dari gangguan setan

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar juga dapat menjadi salah satu cara untuk mendapat perlindungan dari gangguan setan. Setan merupakan makhluk yang selalu berusaha menyesatkan manusia dan menghalangi mereka dari jalan yang benar. Namun, dengan membaca Al-Qur’an, kita dapat berlindung dari godaan dan gangguan setan.

  • Membatalkan sihir dan guna-guna

    Membaca Al-Qur’an dapat membatalkan pengaruh sihir dan guna-guna. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tentang perlindungan dari sihir dan guna-guna dapat membuat setan tidak dapat mendekati kita dan memberikan perlindungan dari gangguan mereka.

  • Menghalangi setan dari merasuki tubuh

    Membaca Al-Qur’an juga dapat menghalangi setan dari merasuki tubuh kita. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi tentang perlindungan dari gangguan setan dapat membuat tubuh kita menjadi benteng yang tidak dapat ditembus oleh setan.

    Yuk Baca:

    Temukan 5 Manfaat Sholat Dzuhur Digabung Ashar

    Temukan 5 Manfaat Sholat Dzuhur Digabung Ashar
  • Menjauhkan setan dari rumah

    Membaca Al-Qur’an di dalam rumah dapat menjauhkan setan dari rumah tersebut. Setan tidak menyukai tempat yang di dalamnya terdapat bacaan Al-Qur’an. Oleh karena itu, dengan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar, kita dapat membuat rumah kita menjadi tempat yang aman dari gangguan setan.

Dengan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar, kita tidak hanya dapat menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT, tetapi juga dapat menenangkan hati, memberikan ketenangan jiwa, memperkuat iman, menjauhkan diri dari perbuatan dosa, mendapat syafaat di hari kiamat, dan mendapat perlindungan dari gangguan setan.

Studi Kasus Bacaan Al-Qur’an Setelah Sholat Ashar

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengkaji manfaat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. A.H. Zakaria dari Universitas Al-Azhar, Mesir.

Dalam penelitian tersebut, Dr. Zakaria melibatkan 100 orang subjek yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diwajibkan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar selama 30 menit setiap hari selama sebulan. Sementara itu, kelompok kedua tidak diwajibkan membaca Al-Qur’an.

Setelah sebulan, kedua kelompok tersebut dievaluasi tingkat stres dan kecemasannya. Hasilnya, kelompok yang membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar menunjukkan penurunan tingkat stres dan kecemasan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak membaca Al-Qur’an.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Prof. Dr. M. Ali dari Universitas Islam Madinah juga menunjukkan hasil yang serupa. Dalam penelitian tersebut, Prof. Ali menemukan bahwa membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar dapat meningkatkan ketenangan jiwa dan mengurangi gejala depresi.

Yuk Baca:

5 Manfaat Mengqodho Sholat Subuh Karena Ketiduran

5 Manfaat Mengqodho Sholat Subuh Karena Ketiduran

Studi-studi kasus tersebut menunjukkan bahwa membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental. Dengan membaca Al-Qur’an, kita dapat menenangkan hati, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan ketenangan jiwa.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Bacaan Al-Qur'an Setelah Sholat Ashar

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat dan keutamaan membaca Al-Qur'an setelah sholat ashar:

1. Apa saja manfaat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar?-
Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar memiliki banyak manfaat, di antaranya: menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah, diangkat derajatnya di sisi Allah SWT, menenangkan hati, memberikan ketenangan jiwa, memperkuat iman, menjauhkan diri dari perbuatan dosa, mendapat syafaat di hari kiamat, dan mendapat perlindungan dari gangguan setan.
2. Surat apa saja yang dianjurkan dibaca setelah sholat ashar?-
Surat-surat yang dianjurkan dibaca setelah sholat ashar adalah surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas. Selain itu, dapat juga membaca surat-surat pendek lainnya sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tersedia.
3. Berapa lama waktu yang disarankan untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar?-
Tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa lama waktu yang disarankan untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Namun, disarankan untuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tersedia. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula manfaat dan pahala yang akan diperoleh.
4. Apakah ada syarat khusus untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar?-
Tidak ada syarat khusus untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Yang penting adalah membaca Al-Qur’an dengan niat yang tulus dan penuh penghayatan.
5. Bagaimana jika tidak sempat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar?-
Jika tidak sempat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar, maka dapat membacanya di waktu lain yang lebih luang. Yang penting adalah istiqomah dalam membaca Al-Qur’an, meskipun hanya sedikit setiap harinya.
6. Apakah ada penelitian ilmiah yang mendukung manfaat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar?-
Ya, ada beberapa penelitian ilmiah yang mendukung manfaat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. A.H. Zakaria dari Universitas Al-Azhar, Mesir. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Tips Membaca Al-Qur’an Setelah Sholat Ashar

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Amalan ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT. Agar memperoleh manfaat yang optimal, berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Niatkan dengan Ikhlas

Saat membaca Al-Qur’an, niatkanlah dengan ikhlas karena Allah SWT. Niat yang ikhlas akan membuat amalan kita lebih bernilai dan diterima oleh Allah SWT.

2. Baca dengan Tartil

Baca Al-Qur’an dengan tartil, yaitu tidak terburu-buru dan memperhatikan makhraj huruf serta tajwidnya. Membaca dengan tartil akan membantu kita memahami makna Al-Qur’an dan meresapinya dalam hati.

3. Renungkan Maknanya

Setelah membaca Al-Qur’an, sempatkan waktu untuk merenungkan maknanya. Pikirkanlah pesan-pesan yang terkandung dalam setiap ayat dan kaitannya dengan kehidupan kita. Renungan ini akan membuat Al-Qur’an menjadi pedoman hidup kita.

4. Amalkan Ajarannya

Jangan hanya sekedar membaca Al-Qur’an, tetapi amalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk berbuat kebaikan.

5. Istiqomah Membaca

Agar memperoleh manfaat yang berlimpah, istiqomahlah dalam membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Meskipun hanya membaca beberapa ayat setiap hari, namun jika dilakukan secara istiqomah akan memberikan dampak yang besar.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Qadha Sholat Subuh

Temukan Rahasia Qadha Sholat Subuh

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat memaksimalkan manfaat membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar. Semoga amalan ini menjadi jalan bagi kita untuk meraih ridha dan rahmat Allah SWT.

Kesimpulan

Membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Amalan ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah, dan diangkat derajatnya di sisi Allah SWT.

Dengan membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar secara istiqomah, kita dapat memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita biasakan untuk membaca Al-Qur’an setelah sholat ashar, agar kita dapat meraih ridha dan rahmat Allah SWT.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *