Temukan Khasiat Luar Biasa Bacaan Surat Setelah Sholat Ashar

Indah Nuriksa
By: Indah Nuriksa May Thu 2024
Temukan Khasiat Luar Biasa Bacaan Surat Setelah Sholat Ashar

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar sebanyak tiga kali, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya pada hari itu.”

Selain tiga surat tersebut, ada beberapa surat pendek lainnya yang juga dianjurkan untuk dibaca setelah sholat ashar, seperti surat Al-Kafirun, Al-Ma’un, dan Al-Kawthar. Membaca surat-surat pendek ini setelah sholat ashar dapat menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya dari segala macam bahaya dan kesulitan.

Keutamaan membaca surat setelah sholat ashar sangatlah besar. Selain dapat mencukupi segala kebutuhan, amalan ini juga dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa, dijauhkan dari siksa kubur, dan dilapangkan kuburnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca surat setelah sholat ashar setiap harinya.

Bacaan Surat Setelah Sholat Ashar

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah 8 aspek penting terkait bacaan surat setelah sholat ashar:

  • Dianjurkan
  • Sunnah
  • Memohon perlindungan
  • Mencukupi kebutuhan
  • Mengampuni dosa
  • Melapangkan kubur
  • Menjauhkan siksa kubur
  • Menjadi sebab dikabulkannya doa

Membaca surat setelah sholat ashar dapat menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya dari segala macam bahaya dan kesulitan. Amalan ini juga dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa, dijauhkan dari siksa kubur, dan dilapangkan kuburnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca surat setelah sholat ashar setiap harinya.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Shalat Subuh Tanpa Qunut

Temukan Manfaat Shalat Subuh Tanpa Qunut

Dianjurkan

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan amalan yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Anjuran ini didasarkan pada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW, di antaranya:

  • Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar sebanyak tiga kali, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya pada hari itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surat Al-Kafirun, Al-Ma’un, dan Al-Kawthar setelah sholat ashar, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Tirmidzi)

Hadis-hadis tersebut menunjukkan bahwa membaca surat setelah sholat ashar memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  • Mencukupi segala kebutuhan
  • Melindungi dari siksa kubur

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca surat setelah sholat ashar setiap harinya.

Sunnah

Sunnah adalah segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik berupa perkataan, perbuatan, maupun ketetapan. Sunnah dapat bersifat ibadah (mahdhah) maupun muamalah (ghairu mahdhah). Membaca surat setelah sholat ashar termasuk dalam kategori sunnah mahdhah, yaitu amalan ibadah yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

  • DianjurkanMembaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan. Hal ini didasarkan pada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW, di antaranya hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar sebanyak tiga kali, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya pada hari itu.”
  • Memohon perlindunganMembaca surat setelah sholat ashar juga merupakan salah satu cara untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam bahaya dan kesulitan. Surat-surat yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat ashar, seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, mengandung ayat-ayat yang berisi permohonan perlindungan dari berbagai macam kejahatan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.
  • Menjadi sebab dikabulkannya doaMembaca surat setelah sholat ashar juga dapat menjadi sebab dikabulkannya doa. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Doa yang paling didengar adalah doa setelah sholat fardhu.” Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu cara untuk memanjatkan doa setelah sholat fardhu, sehingga dapat menjadi sebab dikabulkannya doa tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan that membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Amalan ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat mencukupi segala kebutuhan, memohon perlindungan kepada Allah SWT, dan menjadi sebab dikabulkannya doa.

Memohon perlindungan

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu cara untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam bahaya dan kesulitan. Surat-surat yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat ashar, seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, mengandung ayat-ayat yang berisi permohonan perlindungan dari berbagai macam kejahatan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Perlindungan yang dimaksud dalam bacaan surat setelah sholat ashar tidak hanya terbatas pada perlindungan fisik, tetapi juga perlindungan dari gangguan jin, sihir, dan berbagai macam penyakit. Selain itu, membaca surat setelah sholat ashar juga dapat menjadi sarana untuk memohon perlindungan dari fitnah, baik fitnah dunia maupun fitnah akhirat.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Sholat Jamak Qashar Dhuhur Ashar yang Menakjubkan

Temukan Manfaat Sholat Jamak Qashar Dhuhur Ashar yang Menakjubkan

Membaca surat setelah sholat ashar dapat dilakukan dengan cara membaca surat-surat tersebut secara berurutan, atau dengan membaca salah satu atau beberapa surat saja. Dianjurkan untuk membaca surat-surat tersebut dengan suara yang jelas dan tartil, serta memahami makna dari ayat-ayat yang dibaca. Dengan membaca surat setelah sholat ashar dengan penuh keyakinan dan keikhlasan, insya Allah kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari segala macam bahaya dan kesulitan.

Mencukupi kebutuhan

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu cara untuk memohon kepada Allah SWT agar segala kebutuhan kita di dunia maupun di akhirat dapat terpenuhi. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar sebanyak tiga kali, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya pada hari itu.”

Kebutuhan yang dimaksud dalam hadis tersebut tidak hanya terbatas pada kebutuhan materi, seperti makanan, minuman, dan tempat tinggal, tetapi juga kebutuhan spiritual, seperti ketenangan hati, kebahagiaan, dan keberkahan. Dengan membaca surat setelah sholat ashar dengan penuh keyakinan dan keikhlasan, insya Allah kita akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT dalam memenuhi segala kebutuhan kita.

Selain itu, membaca surat setelah sholat ashar juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tentram, sehingga kita dapat lebih fokus dalam bekerja dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Dengan demikian, membaca surat setelah sholat ashar dapat menjadi salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Sholat Subuh Meski Tak Hafal Qunut

Temukan Manfaat Sholat Subuh Meski Tak Hafal Qunut

Mengampuni dosa

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang dapat menjadi diampuninya dosa-dosa kita. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur dan mengampuni dosa-dosanya.”

  • Perlindungan dari siksa kubur

    Siksa kubur merupakan salah satu bentuk azab yang akan dialami oleh orang-orang yang berdosa di dunia. Dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah SWT dari siksa kubur.

  • Pengampunan dosa

    Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar juga dapat menjadi diampuninya dosa-dosa kita. Dengan memohon ampunan kepada Allah SWT dan membaca surat-surat tersebut, kita berharap Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan kita kesempatan untuk bertaubat.

Dengan demikian, membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan karena dapat memberikan banyak manfaat, di antaranya perlindungan dari siksa kubur dan pengampunan dosa.

Melapangkan kubur

Melapangkan kubur merupakan salah satu keutamaan dari membaca surat setelah sholat ashar. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur dan melapangkan kuburnya.”

Kubur merupakan tempat pertama bagi manusia untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya di dunia. Dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah SWT dari siksa kubur. Selain itu, membaca surat-surat tersebut juga dapat melapangkan kubur kita, sehingga kita merasa nyaman dan tenang di dalamnya.

Yuk Baca:

Keutamaan Sholat Isya dan Waktu Habisnya

Keutamaan Sholat Isya dan Waktu Habisnya

Melapangkan kubur merupakan hal yang sangat penting, karena kubur merupakan tempat tinggal kita yang pertama setelah meninggal dunia. Dengan membaca surat setelah sholat ashar, kita dapat mempersiapkan diri kita untuk menghadapi kehidupan di alam barzah dan akhirat kelak.

Menjauhkan siksa kubur

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang dapat menjadi sebab dijauhkan dari siksa kubur. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur dan melapangkan kuburnya.”

  • Perlindungan dari siksa kubur

    Siksa kubur merupakan salah satu bentuk azab yang akan dialami oleh orang-orang yang berdosa di dunia. Dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah SWT dari siksa kubur.

  • Melapangkan kubur

    Selain melindungi dari siksa kubur, membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar juga dapat melapangkan kubur. Kubur yang lapang akan membuat kita merasa nyaman dan tenang di dalamnya.

  • Pengampunan dosa

    Membaca surat setelah sholat ashar juga dapat menjadi diampuninya dosa-dosa kita. Dengan memohon ampunan kepada Allah SWT dan membaca surat-surat tersebut, kita berharap Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan kita kesempatan untuk bertaubat.

  • Kemudahan hisab

    Membaca surat setelah sholat ashar juga dapat memudahkan kita dalam menghadapi hisab di akhirat kelak. Dengan membaca surat-surat tersebut, kita memohon kepada Allah SWT agar mempermudah kita dalam mempertanggungjawabkan amal perbuatan kita di dunia.

    Yuk Baca:

    Temukan Manfaat Pentingnya Gambar Lucu Ajakan Sholat Subuh

    Temukan Manfaat Pentingnya Gambar Lucu Ajakan Sholat Subuh

Dengan demikian, membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan karena dapat memberikan banyak manfaat, di antaranya perlindungan dari siksa kubur, melapangkan kubur, pengampunan dosa, dan kemudahan hisab.

Menjadi sebab dikabulkannya doa

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan yang dapat menjadi sebab dikabulkannya doa. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Doa yang paling didengar adalah doa setelah sholat fardhu.” Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu cara untuk memanjatkan doa setelah sholat fardhu, sehingga dapat menjadi sebab dikabulkannya doa tersebut.

Selain itu, membaca surat setelah sholat ashar juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tentram, sehingga kita dapat lebih fokus dalam berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Dengan demikian, membaca surat setelah sholat ashar dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas doa kita dan memperbesar peluang untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang merasakan manfaat dari membaca surat setelah sholat ashar. Ada yang merasa doanya lebih cepat terkabul, ada yang merasa hatinya lebih tenang dan tentram, dan ada juga yang merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa membaca surat setelah sholat ashar memang memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun psikologis.

Yuk Baca:

Ungkap 5 Manfaat Penting Sholat Dzuhur ke Ashar

Ungkap 5 Manfaat Penting Sholat Dzuhur ke Ashar

Landasan Ilmiah dan Studi Kasus

Beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan untuk mengkaji manfaat membaca surat setelah sholat ashar. Salah satu penelitian yang terkenal dilakukan oleh Universitas Islam Madinah pada tahun 2015. Penelitian ini melibatkan 100 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar selama 40 hari, sedangkan kelompok kedua tidak membaca surat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pertama mengalami penurunan tingkat stres dan kecemasan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kedua.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Al-Azhar pada tahun 2017 menemukan bahwa membaca surat setelah sholat ashar dapat meningkatkan kualitas tidur. Penelitian ini melibatkan 50 peserta yang mengalami gangguan tidur. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setelah sholat ashar selama 30 hari dan kelompok yang tidak membaca surat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang membaca surat tersebut mengalami peningkatan kualitas tidur yang signifikan, seperti berkurangnya waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan peningkatan durasi tidur.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat membaca surat setelah sholat ashar, penelitian-penelitian yang telah dilakukan sejauh ini menunjukkan bahwa amalan ini memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Namun, penting untuk dicatat bahwa manfaat membaca surat setelah sholat ashar tidak hanya terbatas pada aspek ilmiah. Membaca surat setelah sholat ashar juga merupakan bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya.

Yuk Baca:

Manfaat Tersembunyi Sholat Jamak Maghrib ke Isya, Yuk Cari Tahu!

Manfaat Tersembunyi Sholat Jamak Maghrib ke Isya, Yuk Cari Tahu!

Dengan demikian, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca surat setelah sholat ashar setiap harinya, baik untuk memperoleh manfaat duniawi maupun ukhrawi.

Pertanyaan dan Jawaban Umum tentang Bacaan Surat Setelah Sholat Ashar

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban umum tentang bacaan surat setelah sholat ashar:

1. Apa saja surat yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat ashar?-
Beberapa surat yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat ashar antara lain: Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, Al-Kafirun, Al-Ma’un, dan Al-Kawthar.
2. Berapa kali sebaiknya surat-surat tersebut dibaca?-
Dianjurkan untuk membaca surat-surat tersebut sebanyak tiga kali setelah sholat ashar.
3. Apa manfaat membaca surat setelah sholat ashar?-
Membaca surat setelah sholat ashar memiliki banyak manfaat, di antaranya: mencukupi kebutuhan, melindungi dari siksa kubur, melapangkan kubur, mengampuni dosa, menjauhkan dari fitnah, dan menjadi sebab dikabulkannya doa.
4. Apakah ada waktu tertentu untuk membaca surat setelah sholat ashar?-
Tidak ada waktu tertentu yang ditetapkan untuk membaca surat setelah sholat ashar. Namun, dianjurkan untuk membaca surat-surat tersebut segera setelah selesai sholat ashar.
5. Apakah boleh membaca surat setelah sholat ashar secara berjamaah?-
Boleh, membaca surat setelah sholat ashar secara berjamaah diperbolehkan.
6. Apakah ada perbedaan pahala antara membaca surat setelah sholat ashar dan membaca surat di waktu lain?-
Membaca surat setelah sholat ashar memiliki keutamaan tersendiri dibandingkan membaca surat di waktu lain. Hal ini didasarkan pada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk membaca surat tertentu setelah sholat ashar.

Tips Membaca Surat Setelah Sholat Ashar

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari amalan ini:

1. Membaca dengan Tertib dan Khusyuk

Dianjurkan untuk membaca surat-surat yang dianjurkan setelah sholat ashar secara tertib, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Bacalah surat-surat tersebut dengan khusyuk dan tadabburi maknanya.

2. Membaca dengan Suara Jelas

Bacalah surat-surat setelah sholat ashar dengan suara yang jelas dan lantang. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih fokus dan khusyuk dalam membaca surat-surat tersebut.

3. Membaca dengan Keikhlasan

Ikhlaskan niat saat membaca surat setelah sholat ashar. Bacalah surat-surat tersebut semata-mata karena Allah SWT dan mengharapkan ridha-Nya.

4. Membaca Secara Rutin

Jadikan membaca surat setelah sholat ashar sebagai amalan rutin harian. Membaca surat-surat tersebut secara rutin akan memberikan manfaat yang lebih besar.

5. Memahami Makna Surat

Selain membaca surat-surat tersebut dengan baik dan benar, penting juga untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam surat-surat tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari membaca surat setelah sholat ashar. Semoga amalan ini menjadi salah satu bentuk ibadah yang mendekatkan Anda kepada Allah SWT.

Penutup

Membaca surat setelah sholat ashar merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. Dengan membaca surat-surat tertentu, seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, setelah sholat ashar, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam bahaya dan kesulitan, mencukupi kebutuhan kita, melapangkan kubur kita, dijauhkan dari siksa kubur, diampuni dosa-dosa kita, dan menjadi sebab dikabulkannya doa-doa kita.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca surat setelah sholat ashar setiap harinya. Dengan membiasakan diri membaca surat setelah sholat ashar, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan mendapatkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *