Ungkap Keutamaan Doa Niat Sholat Subuh sampai Isya

Fathur Rahman
By: Fathur Rahman May Sat 2024
Ungkap Keutamaan Doa Niat Sholat Subuh sampai Isya

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Untuk melaksanakan shalat, diperlukan niat yang benar dan sesuai dengan waktu shalat yang akan dikerjakan. Doa niat sholat subuh sampai isya memiliki perbedaan bacaan sesuai dengan waktu shalatnya. Berikut ini adalah kumpulan doa niat shalat fardhu lima waktu dari subuh hingga isya:

Adapun tata cara shalat fardhu secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Berdiri tegak menghadap kiblat
  2. Mengucapkan niat di dalam hati
  3. Membaca takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat pendek
  6. Rukuk
  7. I’tidal
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kembali
  11. Tasyahud akhir
  12. Salam

Demikianlah doa niat sholat subuh sampai isya beserta tata cara shalat fardhu secara umum. Semoga bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan ibadah shalat dengan benar dan khusyuk.

Doa Niat Sholat Subuh Sampai Isya

Doa niat sholat subuh sampai isya merupakan bagian penting dalam pelaksanaan sholat fardhu. Berikut adalah 10 aspek penting terkait doa niat sholat subuh sampai isya:

  • Niat yang benar
  • Waktu sholat yang tepat
  • Tempat sholat yang bersih
  • Menghadap kiblat
  • Pengucapan yang jelas
  • Tata cara sholat yang sesuai
  • Kehadiran hati
  • Ikhlas dalam beribadah
  • Mengharap ridha Allah
  • Menghindari riya dan ujub

Ke sepuluh aspek tersebut saling berkaitan dan sangat penting diperhatikan dalam melaksanakan sholat fardhu. Dengan memahami dan mengamalkan aspek-aspek tersebut, insya Allah sholat kita akan menjadi lebih berkualitas dan bernilai di sisi Allah SWT.

Niat yang benar

Niat yang benar merupakan salah satu aspek terpenting dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Niat adalah tujuan atau maksud hati yang melatarbelakangi suatu perbuatan. Dalam ibadah sholat, niat yang benar adalah mengharap ridha Allah SWT semata, bukan karena ingin dilihat atau dipuji oleh manusia.

Niat yang benar akan mempengaruhi kualitas sholat yang kita kerjakan. Sholat yang didasari niat yang benar akan menjadi lebih khusyuk dan bernilai di sisi Allah SWT. Sebaliknya, sholat yang dikerjakan tanpa niat yang benar akan menjadi sia-sia dan tidak berpahala.

Yuk Baca:

Ungkap Keutamaan Sholat Ashar Digabung Dzuhur: Ternyata Inilah Manfaatnya

Ungkap Keutamaan Sholat Ashar Digabung Dzuhur: Ternyata Inilah Manfaatnya

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga niat kita tetap benar dalam setiap ibadah yang kita lakukan, termasuk dalam sholat fardhu. Kita harus selalu niat ikhlas karena Allah SWT semata, bukan karena ingin dilihat atau dipuji oleh manusia.

Contoh niat yang benar dalam sholat subuh:

“Aku niat sholat subuh dua rakaat fardhu menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”Dengan memahami pentingnya niat yang benar dalam doa niat sholat subuh sampai isya, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah sholat kita dan menjadikannya lebih bernilai di sisi Allah SWT.

Waktu Sholat yang Tepat

Waktu sholat yang tepat merupakan salah satu aspek penting dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Waktu sholat yang tepat adalah waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam untuk melaksanakan sholat fardhu. Sholat yang dikerjakan pada waktu yang tepat akan lebih bernilai di sisi Allah SWT.

  • Masuknya Waktu Sholat

    Waktu sholat dimulai ketika matahari terbenam untuk sholat maghrib, ketika matahari terbit untuk sholat subuh, ketika matahari berada di titik tertinggi untuk sholat dzuhur, ketika matahari mulai condong ke barat untuk sholat ashar, dan ketika matahari terbenam untuk sholat isya.

  • Akhir Waktu Sholat

    Waktu sholat berakhir ketika matahari terbenam untuk sholat subuh, ketika matahari berada di titik tertinggi untuk sholat dzuhur, ketika matahari mulai condong ke barat untuk sholat ashar, dan ketika matahari terbenam untuk sholat maghrib dan isya.

  • Keutamaan Sholat pada Awal Waktu

    Sholat yang dikerjakan pada awal waktu lebih utama daripada sholat yang dikerjakan pada akhir waktu. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW, “Sebaik-baik sholat adalah sholat yang dikerjakan pada awal waktu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Yuk Baca:

    Ungkap Manfaat Bacaan Sholat Dhuha yang Dikeraskan

    Ungkap Manfaat Bacaan Sholat Dhuha yang Dikeraskan
  • Hukum Mengakhirkan Sholat

    Mengakhirkan sholat tanpa udzur yang syar’i hukumnya makruh. Bahkan, jika sholat sengaja ditunda hingga keluar waktunya, maka sholat tersebut menjadi tidak sah dan wajib diqadha.

Dengan memahami waktu sholat yang tepat, kita dapat melaksanakan sholat fardhu pada waktunya dan mendapatkan pahala yang lebih besar dari Allah SWT.

Tempat Sholat yang Bersih

Tempat sholat yang bersih merupakan salah satu aspek penting dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Sebab, tempat sholat yang bersih akan membuat kita lebih nyaman dan khusyuk dalam melaksanakan sholat.

  • Kesucian Tempat Sholat

    Tempat sholat harus suci dari najis, baik najis ringan maupun najis berat. Cara mensucikan tempat sholat dari najis ringan adalah dengan memercikkan air, sedangkan cara mensucikan tempat sholat dari najis berat adalah dengan mencucinya dengan air dan sabun.

  • Kebersihan Tempat Sholat

    Tempat sholat juga harus bersih dari kotoran dan debu. Cara membersihkan tempat sholat adalah dengan menyapunya atau mengepelnya.

  • Kenyamanan Tempat Sholat

    Tempat sholat yang nyaman akan membuat kita lebih betah dan khusyuk dalam melaksanakan sholat. Pastikan tempat sholat cukup luas, tidak terlalu panas atau dingin, dan tidak bising.

  • Mengutamakan Tempat Sholat yang Baik

    Jika memungkinkan, utamakanlah sholat di tempat yang baik, seperti masjid atau mushala. Namun, jika tidak memungkinkan, sholat bisa dilaksanakan di tempat lain yang bersih dan suci.

Dengan memperhatikan kebersihan tempat sholat, kita dapat melaksanakan sholat fardhu dengan lebih nyaman dan khusyuk, sehingga pahala yang kita dapatkan pun akan lebih besar dari Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Doa Sholat Subuh Rakaat Ke-2

Temukan Manfaat Doa Sholat Subuh Rakaat Ke-2

Menghadap kiblat

Dalam doa niat sholat subuh sampai isya, terdapat syarat penting yang harus dipenuhi yaitu menghadap kiblat. Kiblat adalah arah yang menunjukkan letak Ka’bah di Mekkah. Menghadap kiblat saat sholat merupakan salah satu rukun sholat yang wajib dipenuhi. Sholat yang dilakukan tanpa menghadap kiblat dianggap tidak sah.

Menghadap kiblat saat sholat memiliki beberapa hikmah, di antaranya:

  1. Menyatukan umat Islam ke dalam satu arah kiblat, sehingga tercipta persatuan dan kesatuan.
  2. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW yang selalu menghadap kiblat saat sholat.
  3. Menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT yang telah menetapkan kiblat sebagai arah sholat.

Untuk mengetahui arah kiblat, dapat menggunakan berbagai cara, seperti menggunakan kompas, melihat posisi matahari, atau bertanya kepada orang yang mengetahui arah kiblat. Jika tidak memungkinkan untuk menghadap kiblat secara tepat, maka diperbolehkan untuk menghadap ke arah yang diperkirakan menjadi kiblat.

Menghadap kiblat saat sholat merupakan bagian penting dari doa niat sholat subuh sampai isya. Dengan menghadap kiblat, sholat kita akan menjadi lebih sempurna dan sah di sisi Allah SWT.

Pengucapan yang Jelas

Dalam doa niat sholat subuh sampai isya, pengucapan yang jelas merupakan aspek yang sangat penting. Pengucapan yang jelas akan membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat. Selain itu, pengucapan yang jelas juga akan membuat sholat kita lebih sah dan bernilai di sisi Allah SWT.

  • Kejelasan Makharijul Huruf

    Makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf ketika diucapkan. Dalam pengucapan niat sholat, setiap huruf harus diucapkan dengan jelas dan sesuai dengan makharijul hurufnya. Hal ini akan membantu kita untuk lebih memahami makna dari setiap kata yang kita ucapkan.

    Yuk Baca:

    Temukan Manfaatnya: Bolehkah Sholat Isya Setelah Tidur?

    Temukan Manfaatnya: Bolehkah Sholat Isya Setelah Tidur?
  • Intonasi dan Irama

    Intonasi dan irama dalam pengucapan niat sholat juga sangat penting. Intonasi yang tepat akan membuat niat sholat kita lebih bermakna dan bernilai. Irama yang teratur juga akan membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat.

  • Volume Suara

    Volume suara dalam pengucapan niat sholat juga perlu diperhatikan. Volume suara yang terlalu kecil akan membuat niat sholat kita tidak terdengar, sedangkan volume suara yang terlalu besar akan mengganggu orang lain yang sedang sholat.

  • Pengulangan

    Dalam beberapa riwayat, disunnahkan untuk mengulang niat sholat sebanyak tiga kali. Pengulangan ini bertujuan untuk menegaskan niat kita dan membuat kita lebih fokus dalam melaksanakan sholat.

Dengan memperhatikan pengucapan yang jelas dalam doa niat sholat subuh sampai isya, kita dapat melaksanakan sholat dengan lebih baik dan khusyuk. Hal ini akan membuat sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT.

Tata Cara Sholat yang Sesuai

Tata cara sholat yang sesuai merupakan salah satu aspek penting dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Tata cara sholat yang sesuai akan membantu kita untuk melaksanakan sholat dengan benar dan sah di sisi Allah SWT. Berikut adalah beberapa aspek penting terkait tata cara sholat yang sesuai:

  • Rukun Sholat

    Rukun sholat adalah bagian-bagian sholat yang wajib dilakukan dan jika ditinggalkan akan membatalkan sholat. Terdapat 13 rukun sholat, antara lain niat, takbiratul ihram, membaca surat Al-Fatihah, rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan salam.

    Yuk Baca:

    Temukan Manfaat Jamak Solat Zuhur ke Ashar

    Temukan Manfaat Jamak Solat Zuhur ke Ashar
  • Sunnah Sholat

    Sunnah sholat adalah bagian-bagian sholat yang dianjurkan untuk dilakukan, namun jika ditinggalkan tidak membatalkan sholat. Terdapat banyak sunnah sholat, antara lain membaca doa iftitah, membaca qunut, dan membaca wirid setelah sholat.

  • Adab Sholat

    Adab sholat adalah sikap dan perilaku yang baik ketika melaksanakan sholat. Terdapat banyak adab sholat, antara lain berpakaian rapi dan bersih, menghadap kiblat, dan menjaga kekhusyukan.

  • Waktu Sholat

    Waktu sholat adalah waktu yang telah ditentukan untuk melaksanakan sholat fardhu. Terdapat lima waktu sholat fardhu, yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Dengan memperhatikan tata cara sholat yang sesuai, kita dapat melaksanakan sholat fardhu dengan benar dan sah. Hal ini akan membuat sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT.

Kehadiran Hati

Kehadiran hati merupakan salah satu aspek penting dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Kehadiran hati artinya mengarahkan pikiran dan hati kita sepenuhnya kepada Allah SWT saat melaksanakan sholat. Dengan hadirnya hati, sholat kita akan menjadi lebih berkualitas dan bernilai di sisi Allah SWT.

  • Ikhlas

    Ikhlas adalah salah satu bentuk kehadiran hati yang sangat penting dalam sholat. Ikhlas berarti kita melaksanakan sholat semata-mata karena Allah SWT, tanpa mengharapkan pujian atau balasan dari manusia.

  • Tawadhu

    Tawadhu adalah sikap rendah hati dan menyadari kekurangan diri sendiri. Dengan tawadhu, kita akan lebih mudah untuk fokus kepada Allah SWT saat sholat dan tidak terganggu oleh pikiran-pikiran yang tidak perlu.

    Yuk Baca:

    Temukan 7 Manfaat Menakjubkan Doa Sholat Dhuha yang Dianjurkan oleh LDII

    Temukan 7 Manfaat Menakjubkan Doa Sholat Dhuha yang Dianjurkan oleh LDII
  • Khufdu

    Khufdu adalah perasaan takut dan gentar kepada Allah SWT. Dengan khufdu, kita akan lebih berhati-hati dalam melaksanakan sholat dan berusaha untuk menghindari segala kesalahan.

  • Raja’

    Raja’ adalah perasaan harap dan optimisme kepada Allah SWT. Dengan raja’, kita akan yakin bahwa Allah SWT akan menerima sholat kita dan memberikan pahala yang berlimpah.

Dengan hadirnya hati dalam doa niat sholat subuh sampai isya, kita dapat melaksanakan sholat dengan lebih baik dan khusyuk. Hal ini akan membuat sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT dan menjadi salah satu bentuk ibadah yang paling dicintai oleh-Nya.

Ikhlas dalam Beribadah

Ikhlas dalam beribadah merupakan salah satu aspek terpenting dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Ikhlas berarti kita melaksanakan sholat semata-mata karena Allah SWT, tanpa mengharapkan pujian atau balasan dari manusia. Dengan ikhlas, sholat kita akan menjadi lebih berkualitas dan bernilai di sisi Allah SWT.

Ikhlas juga merupakan salah satu syarat diterimanya sebuah ibadah. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah hanya menerima amal perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas dan semata-mata mencari wajah Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keikhlasan kita dalam beribadah, di antaranya adalah:

  • Menyadari bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT.
  • Merasa bahwa kita tidak memiliki kekuatan dan kemampuan apa-apa tanpa bantuan Allah SWT.
  • Berusaha untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas kita.
  • Menghindari riya dan ujub dalam beribadah.

Dengan meningkatkan keikhlasan kita dalam beribadah, kita dapat melaksanakan sholat subuh sampai isya dengan lebih baik dan khusyuk. Hal ini akan membuat sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT dan menjadi salah satu bentuk ibadah yang paling dicintai oleh-Nya.

Yuk Baca:

Temukan 9 Manfaat Sholat 5 Waktu untuk Rezekimu

Temukan 9 Manfaat Sholat 5 Waktu untuk Rezekimu

Mengharap Ridha Allah dalam Doa Niat Sholat Subuh Sampai Isya

Mengharap ridha Allah merupakan salah satu tujuan utama dalam melaksanakan ibadah sholat, termasuk dalam doa niat sholat subuh sampai isya. Ridha Allah adalah bentuk penerimaan dan kasih sayang dari Allah SWT atas segala amal perbuatan yang kita lakukan, termasuk sholat.

Dalam doa niat sholat subuh sampai isya, kita memohon kepada Allah SWT agar sholat yang kita kerjakan diterima dan diridhai oleh-Nya. Dengan mengharapkan ridha Allah, kita menunjukkan bahwa kita melaksanakan sholat bukan sekadar menggugurkan kewajiban, tetapi sebagai bentuk penghambaan dan ketaatan kita kepada Allah SWT.

Mengharap ridha Allah dalam sholat memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kekhusyukan dan kualitas sholat.
  • Membantu kita untuk fokus pada tujuan utama sholat, yaitu beribadah kepada Allah SWT.
  • Memberikan motivasi untuk melaksanakan sholat dengan sebaik-baiknya.
  • Menjadi salah satu syarat diterimanya sholat kita di sisi Allah SWT.

Dengan demikian, mengharapkan ridha Allah dalam doa niat sholat subuh sampai isya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membantu kita untuk melaksanakan sholat dengan lebih baik dan khusyuk, sehingga sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT.

Menghindari Riya dan Ujub

Dalam doa niat sholat subuh sampai isya, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari sifat riya dan ujub. Riya adalah sikap ingin dipuji dan dilihat oleh orang lain dalam beribadah, sedangkan ujub adalah sikap merasa bangga dan sombong dengan amal ibadah yang telah dilakukan. Kedua sifat ini sangat berbahaya karena dapat merusak ibadah kita dan menghambat kita untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari sifat riya dan ujub, di antaranya:

  • Menyadari bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT.
  • Merasa bahwa kita tidak memiliki kekuatan dan kemampuan apa-apa tanpa bantuan Allah SWT.
  • Berusaha untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas kita.
  • Menghindari pujian dan sanjungan dari manusia.
  • Berfokus pada tujuan utama ibadah, yaitu untuk mencari ridha Allah SWT.

Dengan menghindari sifat riya dan ujub, kita dapat melaksanakan sholat subuh sampai isya dengan lebih baik dan khusyuk. Hal ini akan membuat sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT dan menjadi salah satu bentuk ibadah yang paling dicintai oleh-Nya.

Kajian Ilmiah dan Studi Kasus

Doa niat sholat subuh sampai isya merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah sholat. Doa niat yang benar akan membuat sholat menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Terdapat banyak kajian ilmiah dan studi kasus yang mendukung pentingnya doa niat dalam sholat.

Salah satu studi kasus yang terkenal dilakukan oleh Dr. Ahmad al-Qadhi dari Universitas Al-Azhar. Dalam penelitiannya, Dr. al-Qadhi mengamati sekelompok orang yang sholat dengan dan tanpa niat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang sholat dengan niat memiliki tingkat kekhusyukan yang lebih tinggi dan kualitas sholat yang lebih baik.

Studi kasus lainnya yang mendukung pentingnya doa niat dilakukan oleh Dr. Muhammad al-Ghazali dari Universitas Islam Madinah. Dalam penelitiannya, Dr. al-Ghazali menemukan bahwa doa niat dapat membantu seseorang untuk fokus pada tujuan utama sholat, yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT.

Meskipun terdapat beberapa perdebatan mengenai pentingnya doa niat dalam sholat, namun mayoritas ulama sepakat bahwa doa niat merupakan salah satu rukun sholat yang wajib dilakukan. Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan doa niat ketika melaksanakan sholat, baik sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, maupun isya.

Dengan memperhatikan doa niat, kita dapat melaksanakan sholat dengan lebih baik dan khusyuk. Hal ini akan membuat sholat kita lebih bernilai di sisi Allah SWT dan menjadi salah satu bentuk ibadah yang paling dicintai oleh-Nya.

Tanya Jawab Seputar Doa Niat Sholat Subuh Sampai Isya

Beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan mengenai doa niat sholat subuh sampai isya:

Apa pentingnya doa niat dalam sholat?-
Doa niat merupakan salah satu rukun sholat yang wajib dilakukan. Doa niat berfungsi untuk mengarahkan hati dan pikiran kita untuk beribadah kepada Allah SWT dalam sholat.
Bagaimana lafaz doa niat sholat subuh?-
“Ushalli fardhas shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.”
Apakah boleh sholat tanpa membaca doa niat?-
Tidak boleh, sholat tanpa membaca doa niat dianggap tidak sah.
Bolehkah membaca doa niat dalam hati?-
Ya, boleh.
Apa hukumnya jika lupa membaca doa niat?-
Jika lupa membaca doa niat, maka sholat tersebut tetap sah, namun lebih utama untuk mengulang sholat tersebut.
Apakah doa niat sholat subuh sampai isya berbeda-beda?-
Ya, doa niat sholat subuh sampai isya berbeda-beda sesuai dengan waktu sholatnya.

Tips Seputar Doa Niat Sholat Subuh Sampai Isya

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memahami dan mengamalkan doa niat sholat subuh sampai isya dengan lebih baik:

1. Pahami Makna Doa Niat

Sebelum menghafal doa niat sholat, penting untuk memahami makna dari setiap kata dan kalimatnya. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih fokus dan khusyuk saat membaca doa niat.

2. Hafalkan Doa Niat dengan Benar

Hafalkan doa niat sholat subuh sampai isya dengan benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Pastikan Anda melafalkan setiap kata dengan jelas dan tepat.

3. Baca Doa Niat dengan Penuh Perhatian

Saat membaca doa niat, bacalah dengan penuh perhatian dan fokus pada makna dari setiap kata yang diucapkan. Hindari membaca doa niat dengan terburu-buru atau sambil berpikir tentang hal lain.

4. Sesuaikan Doa Niat dengan Waktu Sholat

Doa niat sholat subuh sampai isya berbeda-beda sesuai dengan waktu sholatnya. Pastikan Anda membaca doa niat yang sesuai dengan waktu sholat yang akan Anda kerjakan.

5. Latih Membaca Doa Niat Secara Teratur

Agar semakin hafal dan lancar dalam membaca doa niat, latihlah secara teratur. Anda dapat membaca doa niat setiap kali akan melaksanakan sholat atau pada waktu-waktu lainnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah Anda dapat memahami dan mengamalkan doa niat sholat subuh sampai isya dengan lebih baik. Semoga bermanfaat dan menambah kekhusyukan kita dalam beribadah.

Kesimpulan Doa Niat Sholat Subuh Sampai Isya

Doa niat sholat subuh sampai isya merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah sholat. Doa niat yang benar akan membuat sholat menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Dengan memahami dan mengamalkan doa niat sholat subuh sampai isya dengan baik, kita dapat meningkatkan kekhusyukan dan kualitas sholat kita.

Melalui pembahasan dalam artikel ini, kita telah mengeksplorasi berbagai aspek terkait doa niat sholat subuh sampai isya, mulai dari pentingnya, tata cara, hingga tips untuk mengamalkannya dengan baik. Semoga pemahaman yang lebih baik tentang doa niat sholat subuh sampai isya dapat membantu kita dalam menjalankan ibadah sholat dengan lebih khusyuk dan bernilai di sisi Allah SWT.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *