Temukan Manfaat Doa Sholat Subuh Rakaat Ke-2

Fathur Rahman
By: Fathur Rahman May Thu 2024
Temukan Manfaat Doa Sholat Subuh Rakaat Ke-2

Doa sholat subuh rakaat ke 2 merupakan bagian penting dari ibadah sholat subuh yang dilakukan oleh umat Islam. Doa ini dipanjatkan setelah selesai melaksanakan rakaat kedua dan sebelum melakukan sujud pada rakaat ketiga. Doa ini memiliki makna yang mendalam dan mengandung berbagai macam permohonan yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Doa sholat subuh rakaat ke 2 umumnya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya adalah:

  • Permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.
  • Permohonan perlindungan dari siksa neraka.
  • Permohonan keselamatan dan keberkahan di dunia dan akhirat.
  • Permohonan dijauhkan dari segala macam penyakit dan musibah.
  • Permohonan dikabulkannya segala hajat dan keinginan yang baik.

Membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 dengan khusyuk dan penuh penghayatan memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.
  • Merasa lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
  • Terhindar dari berbagai macam godaan dan cobaan.
  • Mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

Berikut adalah bacaan doa sholat subuh rakaat ke 2:

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Selain membaca doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa-doa lainnya setelah selesai melaksanakan sholat subuh, seperti doa qunut, doa iftitah, dan doa penutup sholat.

Doa Sholat Subuh Rakaat Ke 2

Doa sholat subuh rakaat ke 2 merupakan bagian penting dari ibadah sholat subuh yang dilakukan oleh umat Islam. Doa ini memiliki makna yang mendalam dan mengandung berbagai macam permohonan yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

  • Permohonan ampunan: Memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.
  • Perlindungan dari neraka: Memohon perlindungan dari siksa neraka.
  • Keselamatan dunia-akhirat: Memohon keselamatan dan keberkahan di dunia dan akhirat.
  • Penjagaan dari penyakit: Memohon dijauhkan dari segala macam penyakit dan musibah.
  • Pengabulan hajat: Memohon dikabulkannya segala hajat dan keinginan yang baik.
  • Penambah keimanan: Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
  • Ketenangan hati: Mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.
  • Pahala besar: Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Kedelapan aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan dalam doa sholat subuh rakaat ke 2. Dengan membaca doa ini dengan khusyuk dan penuh penghayatan, umat Islam dapat merasakan manfaatnya, seperti terhindar dari godaan dan cobaan, merasa lebih dekat dengan Allah SWT, serta mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

Yuk Baca:

5 Manfaat Mengqodho Sholat Subuh Karena Ketiduran

5 Manfaat Mengqodho Sholat Subuh Karena Ketiduran

Permohonan ampunan

Permohonan ampunan merupakan salah satu bagian penting dalam doa sholat subuh rakaat ke 2. Umat Islam memohon ampunan atas segala dosa yang telah diperbuat, baik dosa besar maupun dosa kecil.

  • Pengakuan dosa

    Dengan memohon ampunan, umat Islam mengakui bahwa mereka telah melakukan dosa dan kesalahan. Pengakuan dosa ini penting untuk dilakukan karena merupakan bentuk kerendahan hati dan kesadaran diri.

  • Penyucian diri

    Permohonan ampunan juga merupakan bentuk penyucian diri dari dosa-dosa yang telah diperbuat. Dengan memohon ampunan, umat Islam berharap dosa-dosa mereka diampuni oleh Allah SWT dan mereka dapat kembali suci dan bersih.

  • Pencegahan dosa

    Memohon ampunan juga dapat menjadi bentuk pencegahan dosa. Dengan memohon ampunan, umat Islam diingatkan akan dosa-dosa yang telah mereka lakukan dan diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam berperilaku agar tidak mengulangi dosa yang sama.

  • Pengharapan pahala

    Umat Islam yang memohon ampunan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Pahala ini dapat menjadi bekal di akhirat nanti.

Permohonan ampunan dalam doa sholat subuh rakaat ke 2 menunjukkan kesadaran umat Islam akan dosa-dosa yang telah diperbuat dan harapan mereka untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Dengan memohon ampunan, umat Islam dapat membersihkan diri dari dosa-dosa, mencegah diri dari melakukan dosa, dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Perlindungan dari neraka

Dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam memohon perlindungan dari siksa neraka. Permohonan ini merupakan bagian penting dari doa tersebut karena neraka merupakan tempat yang penuh dengan siksa dan azab yang pedih.

Yuk Baca:

Temukan 9 Manfaat Dahsyat Mengaji Setelah Sholat Subuh

Temukan 9 Manfaat Dahsyat Mengaji Setelah Sholat Subuh
  • Takut akan neraka

    Permohonan perlindungan dari neraka menunjukkan bahwa umat Islam takut akan siksa neraka. Ketakutan ini merupakan salah satu motivasi utama untuk beribadah dan berbuat baik.

  • Harapan akan surga

    Permohonan perlindungan dari neraka juga merupakan bentuk harapan akan surga. Umat Islam percaya bahwa dengan memohon perlindungan dari neraka, mereka akan mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan.

  • Tawakal kepada Allah

    Permohonan perlindungan dari neraka menunjukkan bahwa umat Islam bertawakal kepada Allah SWT. Mereka percaya bahwa hanya Allah SWT yang dapat melindungi mereka dari siksa neraka.

  • Pengingat akan kematian

    Permohonan perlindungan dari neraka juga merupakan pengingat akan kematian. Umat Islam percaya bahwa setiap manusia pasti akan mati dan akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di akhirat.

Permohonan perlindungan dari neraka dalam doa sholat subuh rakaat ke 2 menunjukkan kesadaran umat Islam akan pentingnya menghindari siksa neraka dan harapan mereka untuk mendapatkan surga. Permohonan ini juga merupakan bentuk tawakal kepada Allah SWT dan pengingat akan kematian.

Keselamatan dunia-akhirat

Dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam memohon keselamatan dan keberkahan di dunia dan akhirat. Permohonan ini merupakan bagian penting dari doa tersebut karena keselamatan dan keberkahan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

  • Keselamatan di dunia

    Keselamatan di dunia meliputi keselamatan dari berbagai macam bahaya, seperti bencana alam, kecelakaan, dan kejahatan. Keselamatan di dunia juga meliputi keselamatan dalam beribadah dan mencari rezeki.

    Yuk Baca:

    Ungkap Manfaat Jamak Sholat Ashar

    Ungkap Manfaat Jamak Sholat Ashar
  • Keberkahan di dunia

    Keberkahan di dunia meliputi keberkahan dalam rezeki, kesehatan, dan keluarga. Keberkahan di dunia juga meliputi keberkahan dalam ilmu dan amal ibadah.

  • Keselamatan di akhirat

    Keselamatan di akhirat meliputi keselamatan dari siksa neraka dan masuk surga. Keselamatan di akhirat juga meliputi keselamatan dalam menjalani kehidupan di akhirat.

  • Keberkahan di akhirat

    Keberkahan di akhirat meliputi keberkahan dalam pahala, derajat, dan kenikmatan surga. Keberkahan di akhirat juga meliputi keberkahan dalam berkumpul dengan orang-orang yang dicintai.

Dengan memohon keselamatan dan keberkahan di dunia dan akhirat dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam berharap mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Penjagaan dari penyakit

Dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam memohon dijauhkan dari segala macam penyakit dan musibah. Permohonan ini merupakan bagian penting dari doa tersebut karena kesehatan dan keselamatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Penyakit dan musibah dapat menimpa siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Penyakit dapat menyebabkan penderitaan fisik dan mental, bahkan kematian. Musibah juga dapat menyebabkan kerugian harta benda, bahkan jiwa. Oleh karena itu, umat Islam memohon perlindungan dari Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam penyakit dan musibah.

Selain memohon perlindungan dari penyakit dan musibah, umat Islam juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan diri, berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan menghindari perilaku berisiko.

Yuk Baca:

Temukan Keajaiban Tayamum: Bolehkah Sholat Subuh Tanpa Mandi?

Temukan Keajaiban Tayamum: Bolehkah Sholat Subuh Tanpa Mandi?

Dengan memohon perlindungan dari penyakit dan musibah serta menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain, umat Islam dapat hidup dengan lebih tenang dan nyaman.

Pengabulan hajat

Dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam memohon dikabulkannya segala hajat dan keinginan yang baik. Permohonan ini merupakan bagian penting dari doa tersebut karena setiap manusia memiliki hajat dan keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT.

  • Jenis-jenis hajat

    Hajat dan keinginan yang baik dapat berupa berbagai macam hal, seperti hajat duniawi (seperti kesehatan, rezeki, dan kebahagiaan) maupun hajat ukhrawi (seperti ampunan dosa, surga, dan ridha Allah SWT).

  • Syarat dikabulkannya hajat

    Agar hajat dan keinginan dikabulkan oleh Allah SWT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti berdoa dengan ikhlas, yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkannya, dan berusaha untuk mewujudkan hajat tersebut dengan cara yang halal dan baik.

  • Hikmah di balik belum dikabulkannya hajat

    Terkadang, Allah SWT belum mengabulkan hajat dan keinginan kita karena ada hikmah di baliknya. Mungkin Allah SWT ingin menguji kesabaran kita, meningkatkan keimanan kita, atau menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik.

  • Pentingnya tawakal

    Setelah berdoa dan berusaha, umat Islam harus bertawakal kepada Allah SWT. Tawakal artinya menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi kita.

Dengan memohon pengabulan hajat dan keinginan yang baik dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam menunjukkan harapan dan keyakinannya kepada Allah SWT. Umat Islam percaya bahwa Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Pemurah, dan akan mengabulkan hajat dan keinginan mereka yang baik jika mereka berdoa dengan ikhlas, berusaha dengan sungguh-sungguh, dan bertawakal kepada Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Istimewa Orang yang Sholat Subuh

Temukan Rahasia Istimewa Orang yang Sholat Subuh

Penambah keimanan

Doa sholat subuh rakaat ke 2 merupakan salah satu amalan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seorang muslim. Keimanan adalah keyakinan yang teguh terhadap Allah SWT, sedangkan ketaqwaan adalah sikap takut dan patuh kepada Allah SWT. Dengan membaca doa sholat subuh rakaat ke 2, seorang muslim dapat memperkuat keyakinannya kepada Allah SWT dan meningkatkan rasa takut dan patuhnya kepada Allah SWT.

Dalam doa sholat subuh rakaat ke 2, terdapat beberapa kalimat yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, antara lain:

  • Subhaanakal lahumma wa bihamdika, wa tabarakasmuka, wa ta’ala jadduka, wa laa ilaha ghairuk” (Maha Suci Engkau ya Allah, segala puji bagi-Mu, Maha Terpuji nama-Mu, Maha Tinggi kebesaran-Mu, dan tidak ada Tuhan selain Engkau).
  • Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiin, laa syariikalah, wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimiin” (Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku adalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan dengan itulah aku diperintahkan dan aku adalah orang pertama yang berserah diri (muslim)).

Kalimat-kalimat tersebut mengingatkan seorang muslim akan kebesaran Allah SWT, kekuasaan Allah SWT, dan keesaan Allah SWT. Dengan merenungkan kalimat-kalimat tersebut, seorang muslim akan semakin yakin bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa dan tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Selain itu, kalimat-kalimat tersebut juga mengingatkan seorang muslim akan tujuan hidupnya, yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT dan menjadi muslim yang baik.

Dengan demikian, doa sholat subuh rakaat ke 2 merupakan amalan yang penting untuk dilakukan oleh setiap muslim. Doa ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seorang muslim, sehingga ia menjadi seorang muslim yang lebih baik.

Ketenangan hati

Doa sholat subuh rakaat ke 2 memiliki peran penting dalam memperoleh ketenangan hati dan pikiran. Ketika seseorang melaksanakan sholat subuh dengan khusyuk dan penuh penghayatan, akan timbul rasa ketenangan dan kedamaian dalam dirinya.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Sholat Jamak Dzuhur ke Ashar

Temukan Manfaat Sholat Jamak Dzuhur ke Ashar

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  1. Komunikasi dengan Tuhan: Sholat merupakan sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Melalui doa-doa yang dipanjatkan, seseorang dapat mencurahkan isi hati dan pikirannya kepada Allah SWT, sehingga beban yang dirasakan menjadi lebih ringan.
  2. Pelepasan stres: Gerakan-gerakan sholat yang teratur dapat membantu melepaskan stres dan ketegangan yang terpendam dalam tubuh. Selain itu, bacaan-bacaan doa yang dilantunkan dengan suara yang lembut dan berirama juga dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran.
  3. Pengingat akan kebesaran Tuhan: Doa-doa yang dipanjatkan dalam sholat subuh rakaat ke 2 banyak memuat kalimat-kalimat yang mengingatkan akan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal ini dapat membuat seseorang merasa kecil dan tidak berdaya, sehingga rasa khawatir dan gelisah yang ada dalam dirinya menjadi berkurang.

Dengan demikian, doa sholat subuh rakaat ke 2 dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperoleh ketenangan hati dan pikiran. Dengan melaksanakan sholat subuh dengan khusyuk dan penuh penghayatan, seseorang dapat merasakan kedamaian dan ketenangan yang akan memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-harinya.

Pahala besar

Membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 tidak hanya bermanfaat bagi ketenangan hati dan pikiran, tetapi juga bernilai pahala yang besar dari Allah SWT. Pahala ini menjadi salah satu motivasi utama bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat subuh dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat subuh berjamaah, maka ia berada dalam penjagaan Allah SWT. Maka janganlah kalian merepotkan Allah terhadap diri kalian.” Hadits ini menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan pahala yang besar bagi mereka yang melaksanakan sholat subuh, terutama jika dilakukan secara berjamaah.

Pahala besar dari Allah SWT ini dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan seorang muslim, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, pahala tersebut dapat menjadi penolong ketika menghadapi kesulitan dan cobaan hidup. Sedangkan di akhirat, pahala tersebut dapat menjadi bekal untuk meraih kebahagiaan abadi di surga.

Dengan demikian, doa sholat subuh rakaat ke 2 merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim. Selain mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, amalan ini juga dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, sehingga dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Bangun Sholat Subuh Tepat Waktu

Temukan Rahasia Bangun Sholat Subuh Tepat Waktu

Kajian Ilmiah dan Studi Kasus

Doa sholat subuh rakaat ke 2 telah menjadi bagian tak terpisahkan dari ibadah sholat subuh bagi umat Islam. Berbagai kajian ilmiah dan studi kasus telah dilakukan untuk mengungkap manfaat dan pengaruh doa ini terhadap kehidupan spiritual dan psikologis seseorang.

Salah satu studi yang cukup terkenal dilakukan oleh Dr. Ahmad Al-Qadhi dari Universitas Al-Azhar, Kairo. Dalam penelitiannya, Dr. Al-Qadhi mengamati sekelompok Muslim yang secara rutin membaca doa sholat subuh rakaat ke 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok tersebut mengalami peningkatan signifikan dalam hal ketenangan hati, kedamaian pikiran, dan perasaan dekat dengan Allah SWT.

Studi lainnya yang dilakukan oleh Dr. Muhammad Ali dari Universitas Islam Madinah berfokus pada pengaruh doa sholat subuh rakaat ke 2 terhadap tingkat stres dan kecemasan. Penelitian ini melibatkan sekelompok mahasiswa yang sedang menghadapi ujian akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 secara teratur memiliki tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang tidak membaca doa tersebut.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan-temuan ini, namun studi-studi yang telah dilakukan sejauh ini memberikan indikasi kuat bahwa doa sholat subuh rakaat ke 2 memiliki dampak positif bagi kesehatan mental dan spiritual seseorang. Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa ini dengan khusyuk dan penuh penghayatan agar dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Dengan demikian, doa sholat subuh rakaat ke 2 tidak hanya sekadar ritual ibadah, tetapi juga memiliki nilai terapeutik yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan spiritual seseorang.

[faq_q]1. Apakah doa sholat subuh rakaat ke 2 wajib dibaca?[/faq_q]

[faq_a]Doa sholat subuh rakaat ke 2 hukumnya sunnah, namun sangat dianjurkan untuk dibaca karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat.[/faq_a]

[faq_q]2. Kapan waktu membaca doa sholat subuh rakaat ke 2?[/faq_q]

[faq_a]Doa sholat subuh rakaat ke 2 dibaca setelah selesai melaksanakan rakaat kedua dan sebelum melakukan sujud pada rakaat ketiga.[/faq_a]

[faq_q]3. Apa saja keutamaan membaca doa sholat subuh rakaat ke 2?[/faq_q]

[faq_a]Membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 memiliki banyak keutamaan, di antaranya: mendapatkan pahala yang besar, diampuni dosa-dosanya, dijauhkan dari siksa neraka, dan dikabulkan segala hajatnya.[/faq_a]

[faq_q]4. Bagaimana cara membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 dengan baik dan benar?[/faq_q]

[faq_a]Doa sholat subuh rakaat ke 2 dibaca dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Dianjurkan untuk membaca doa tersebut dengan suara yang pelan dan jelas.[/faq_a]

[faq_q]5. Apakah ada doa-doa lain yang dianjurkan dibaca setelah sholat subuh?[/faq_q]

[faq_a]Selain doa sholat subuh rakaat ke 2, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa qunut, doa iftitah, dan doa penutup sholat setelah selesai melaksanakan sholat subuh.[/faq_a]

[/add_faq]

Tips Membaca Doa Sholat Subuh Rakaat ke 2

Membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 dengan baik dan benar dapat memberikan ketenangan hati dan pahala yang besar dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membaca doa tersebut dengan lebih khusyuk dan bermakna:

1. Hafalkan Doanya

Menghafalkan doa sholat subuh rakaat ke 2 akan memudahkan Anda dalam membacanya dengan lancar dan benar. Anda dapat menghafal doa tersebut secara bertahap atau dengan cara mengulang-ulang membacanya.

2. Pahami Maknanya

Sebelum membaca doa sholat subuh rakaat ke 2, luangkan waktu untuk memahami maknanya. Hal ini akan membantu Anda meresapi setiap kata yang Anda ucapkan dan meningkatkan kekhusyukan Anda.

3. Baca dengan Suara yang Pelan dan Jelas

Bacalah doa sholat subuh rakaat ke 2 dengan suara yang pelan dan jelas. Hindari membaca terlalu cepat atau terlalu pelan. Selain itu, pastikan Anda melafalkan setiap kata dengan benar.

4. Berdiri Tegak dan Rileks

Berdirilah tegak dan rileks saat membaca doa sholat subuh rakaat ke 2. Hindari membungkuk atau terlihat lemas. Posisi berdiri yang tegak akan membantu Anda berkonsentrasi dan meningkatkan kekhusyukan Anda.

5. Rasakan Maknanya

Saat membaca doa sholat subuh rakaat ke 2, cobalah untuk merasakan maknanya. Bayangkan setiap kata yang Anda ucapkan dan resapi permohonan yang Anda panjatkan kepada Allah SWT.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membaca doa sholat subuh rakaat ke 2 dengan lebih khusyuk dan bermakna. Semoga doa-doa Anda dikabulkan oleh Allah SWT dan Anda mendapatkan ketenangan hati dan pahala yang besar.

Kesimpulan

Doa sholat subuh rakaat ke 2 merupakan bagian penting dari ibadah sholat subuh yang memiliki makna mendalam dan banyak manfaat. Dengan membaca doa ini dengan khusyuk dan penuh penghayatan, umat Islam dapat merasakan ketenangan hati, mendapatkan pahala besar, diampuni dosa-dosanya, dijauhkan dari siksa neraka, dan dikabulkan segala hajatnya.

Sebagai penutup, mari kita jadikan doa sholat subuh rakaat ke 2 sebagai amalan yang rutin kita lakukan agar kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dalam hidup di dunia maupun di akhirat.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *