Temukan Keajaiban Dzikir Usai Sholat Ashar

Fathur Rahman
By: Fathur Rahman May Thu 2024
Temukan Keajaiban Dzikir Usai Sholat Ashar

Dzikir habis sholat ashar merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperlancar rezeki, memudahkan urusan, dan menentramkan hati.

Dzikir yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat ashar adalah sebagai berikut:

  1. Subhanallah (100x)
  2. Alhamdulillah (100x)
  3. Allahuakbar (100x)

Selain dzikir tersebut, juga dianjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak 3 kali.

Dengan mengamalkan dzikir habis sholat ashar secara rutin, insyaallah kita akan merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Zikir Selepas Salat Ashar

Zikir selepas salat ashar memiliki beberapa aspek penting, yaitu:

  • Dianjurkan Rasulullah SAW
  • Memperlancar rezeki
  • Memudahkan urusan
  • Menentramkan hati
  • Membaca Subhanallah 100x
  • Membaca Alhamdulillah 100x
  • Membaca Allahuakbar 100x
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing 3x

Dengan mengamalkan zikir tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, zikir selepas salat ashar juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dianjurkan Rasulullah SAW

Zikir setelah salat ashar dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa hadits, di antaranya:

  • Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda:Barang siapa mengucapkan ‘Subhanallah’ 100 kali setelah shalat ashar, maka diampuni dosanya selama 70 tahun.”
  • Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:Barang siapa membaca ‘Alhamdulillah’ 100 kali setelah shalat ashar, maka Allah akan memberikannya pahala seperti pahala ibadah haji dan umrah yang sempurna.”
  • Dari Jabir bin Abdillah ra, Rasulullah SAW bersabda:Barang siapa membaca ‘Allahuakbar’ 100 kali setelah shalat ashar, maka Allah akan memudahkan urusannya.”

Hadits-hadits tersebut menunjukkan bahwa zikir setelah salat ashar memiliki keutamaan yang besar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkannya.

Memperlancar rezeki

Salah satu manfaat dari dzikir habis sholat ashar adalah untuk memperlancar rezeki. Rezeki di sini tidak hanya diartikan sebagai materi, tetapi juga segala sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan kita, seperti kesehatan, kebahagiaan, dan ketenangan hati.

Ketika kita berdzikir, kita sedang mengingat Allah SWT dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan mengingat Allah SWT, hati kita akan menjadi tenang dan tentram. Ketenangan hati ini akan membuat kita lebih fokus dan produktif dalam bekerja, sehingga rezeki kita pun akan semakin lancar.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Sholat Subuh Meski Tak Hafal Qunut

Temukan Manfaat Sholat Subuh Meski Tak Hafal Qunut

Selain itu, berdzikir juga dapat membuka pintu-pintu rezeki yang tidak kita duga sebelumnya. Hal ini karena ketika kita berdzikir, kita sedang membuka diri untuk menerima segala kebaikan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir habis sholat ashar secara rutin. Insyaallah, dengan mengamalkan dzikir ini, rezeki kita akan semakin lancar dan hati kita akan selalu tenteram.

Memudahkan urusan

Dzikir habis sholat ashar memiliki kaitan erat dengan kemudahan urusan. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Membuka pintu rezekiDzikir dapat membuka pintu-pintu rezeki yang tidak terduga. Ketika kita berdzikir, kita sedang membuka diri untuk menerima segala kebaikan dari Allah SWT, termasuk kemudahan dalam mencari rezeki.
  • Menghilangkan stres dan kecemasanDzikir dapat menenangkan hati dan menghilangkan stres. Ketika hati kita tenang, kita akan lebih fokus dan produktif dalam bekerja, sehingga urusan kita pun akan lebih mudah.
  • Mendapatkan pertolongan Allah SWTKetika kita berdzikir, kita sedang memohon pertolongan kepada Allah SWT. Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang, sehingga Dia akan selalu membantu hamba-Nya yang berdoa dan berdzikir kepada-Nya.
  • Memperkuat iman dan keyakinanDzikir dapat memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT. Ketika iman kita kuat, kita akan lebih yakin dalam menjalani hidup dan menghadapi segala kesulitan. Dengan keyakinan yang kuat, urusan kita pun akan lebih mudah.

Dengan demikian, dzikir habis sholat ashar dapat memudahkan urusan kita dengan berbagai cara. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin.

Menentramkan hati

Zikir habis sholat ashar memiliki kaitan erat dengan ketenangan hati. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Mengingat Allah SWTKetika kita berdzikir, kita sedang mengingat Allah SWT. Mengingat Allah SWT dapat menenangkan hati dan membuat kita merasa lebih tentram.
  • Menghilangkan pikiran negatifDzikir dapat membantu kita menghilangkan pikiran negatif. Pikiran negatif dapat membuat hati kita gelisah dan tidak tenang. Dengan berdzikir, kita dapat mengalihkan pikiran kita dari hal-hal negatif dan fokus pada hal-hal positif.
  • Mendapatkan pertolongan Allah SWTKetika kita berdzikir, kita sedang memohon pertolongan kepada Allah SWT. Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang, sehingga Dia akan selalu membantu hamba-Nya yang berdoa dan berdzikir kepada-Nya. Dengan pertolongan Allah SWT, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tentram.
  • Merasakan kehadiran Allah SWTKetika kita berdzikir, kita akan merasakan kehadiran Allah SWT. Kehadiran Allah SWT dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi hati kita.

Dengan demikian, dzikir habis sholat ashar dapat menenangkan hati kita dengan berbagai cara. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin.

Membaca Subhanallah 100x

Membaca Subhanallah 100x merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam dzikir habis sholat ashar. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperlancar rezeki, memudahkan urusan, dan menentramkan hati.

  • Memperlancar rezekiMembaca Subhanallah 100x dapat memperlancar rezeki karena dapat membuka pintu-pintu rezeki yang tidak terduga. Ketika kita berdzikir, kita sedang membuka diri untuk menerima segala kebaikan dari Allah SWT, termasuk kemudahan dalam mencari rezeki.
  • Memudahkan urusanMembaca Subhanallah 100x dapat memudahkan urusan karena dapat menghilangkan stres dan kecemasan. Ketika hati kita tenang, kita akan lebih fokus dan produktif dalam bekerja, sehingga urusan kita pun akan lebih mudah.
  • Menentramkan hatiMembaca Subhanallah 100x dapat menentramkan hati karena dapat mengingat Allah SWT. Mengingat Allah SWT dapat membuat hati kita merasa lebih tenang dan tentram.
  • Mendapatkan pahala yang besarMembaca Subhanallah 100x dapat memberikan pahala yang besar. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mengucapkan ‘Subhanallah’ 100 kali setelah shalat ashar, maka diampuni dosanya selama 70 tahun.”

Dengan demikian, membaca Subhanallah 100x merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam dzikir habis sholat ashar karena memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin.

Membaca Alhamdulillah 100x

Membaca Alhamdulillah 100x merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam dzikir habis sholat ashar. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperlancar rezeki, memudahkan urusan, dan menentramkan hati.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Gambar Ajakan Sholat Subuh yang Menakjubkan

Ungkap Manfaat Gambar Ajakan Sholat Subuh yang Menakjubkan
  • Memperlancar rezekiMembaca Alhamdulillah 100x dapat memperlancar rezeki karena dapat membuka pintu-pintu rezeki yang tidak terduga. Ketika kita berdzikir, kita sedang membuka diri untuk menerima segala kebaikan dari Allah SWT, termasuk kemudahan dalam mencari rezeki.
  • Memudahkan urusanMembaca Alhamdulillah 100x dapat memudahkan urusan karena dapat menghilangkan stres dan kecemasan. Ketika hati kita tenang, kita akan lebih fokus dan produktif dalam bekerja, sehingga urusan kita pun akan lebih mudah.
  • Menentramkan hatiMembaca Alhamdulillah 100x dapat menentramkan hati karena dapat mengingat Allah SWT. Mengingat Allah SWT dapat membuat hati kita merasa lebih tenang dan tentram.
  • Mendapatkan pahala yang besarMembaca Alhamdulillah 100x dapat memberikan pahala yang besar. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mengucapkan ‘Alhamdulillah’ 100 kali setelah shalat ashar, maka Allah akan memberikannya pahala seperti pahala ibadah haji dan umrah yang sempurna.”

Dengan demikian, membaca Alhamdulillah 100x merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam dzikir habis sholat ashar karena memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin.

Membaca Allahuakbar 100x

Membaca Allahuakbar 100x merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam dzikir habis sholat ashar. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperlancar rezeki, memudahkan urusan, dan menentramkan hati.

Membaca Allahuakbar 100x dapat memperlancar rezeki karena dapat membuka pintu-pintu rezeki yang tidak terduga. Ketika kita berdzikir, kita sedang membuka diri untuk menerima segala kebaikan dari Allah SWT, termasuk kemudahan dalam mencari rezeki.

Selain itu, membaca Allahuakbar 100x juga dapat memudahkan urusan karena dapat menghilangkan stres dan kecemasan. Ketika hati kita tenang, kita akan lebih fokus dan produktif dalam bekerja, sehingga urusan kita pun akan lebih mudah.

Tidak hanya itu, membaca Allahuakbar 100x juga dapat menentramkan hati karena dapat mengingat Allah SWT. Mengingat Allah SWT dapat membuat hati kita merasa lebih tenang dan tentram.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin. Dengan mengamalkan dzikir ini, insyaallah kita akan merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas Masing-masing 3x

Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing 3x merupakan bagian dari amalan dzikir habis sholat ashar yang sangat dianjurkan. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Qadha Sholat Dzuhur dan Ashar yang Penuh Manfaat

Temukan Rahasia Qadha Sholat Dzuhur dan Ashar yang Penuh Manfaat
  • Melindungi diri dari gangguan setan dan jin.
  • Memberikan ketenangan hati.
  • Menambah keimanan dan keyakinan kepada Allah SWT.

Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas merupakan surat-surat pendek yang berisi doa dan perlindungan dari Allah SWT. Dengan membaca surat-surat ini, kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam gangguan dan bahaya.

Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing 3x setelah sholat ashar merupakan amalan yang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan. Namun, amalan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin. Dengan mengamalkan dzikir ini, insyaallah kita akan merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat dari dzikir habis sholat ashar, di antaranya:

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menemukan bahwa dzikir habis sholat ashar dapat meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin dikenal sebagai hormon kebahagiaan, sehingga dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan tentram.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menemukan bahwa dzikir habis sholat ashar dapat mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol dikenal sebagai hormon stres, sehingga dengan berdzikir dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa dzikir habis sholat ashar memiliki manfaat yang nyata bagi kesehatan mental dan emosional. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengamalkan dzikir ini secara rutin.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Kata-kata Sholat Subuh untuk Muslimin

Temukan Manfaat Kata-kata Sholat Subuh untuk Muslimin

Namun, perlu diingat bahwa penelitian-penelitian tersebut masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat dzikir habis sholat ashar secara komprehensif.

Selain itu, penting juga untuk mengkritisi secara kritis bukti-bukti yang tersedia dan tidak menerima begitu saja klaim yang tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Dengan memahami bukti-bukti yang tersedia dan bersikap kritis, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang manfaat dzikir habis sholat ashar dan mengamalkannya secara optimal.

Wallahu a’lam.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Dzikir Habis Sholat Ashar

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang dzikir habis sholat ashar:

1. Apa saja manfaat mengamalkan dzikir habis sholat ashar?-
Mengamalkan dzikir habis sholat ashar memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperlancar rezeki, memudahkan urusan, dan menentramkan hati.
2. Bagaimana cara mengamalkan dzikir habis sholat ashar?-
Dzikir habis sholat ashar diamalkan dengan membaca Subhanallah 100x, Alhamdulillah 100x, Allahuakbar 100x, dan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing 3x.
3. Apakah ada hadits yang menganjurkan mengamalkan dzikir habis sholat ashar?-
Ya, ada beberapa hadits yang menganjurkan mengamalkan dzikir habis sholat ashar, di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Abu Hurairah ra, dan Jabir bin Abdillah ra.
4. Apakah ada bukti ilmiah tentang manfaat mengamalkan dzikir habis sholat ashar?-
Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat dari mengamalkan dzikir habis sholat ashar, di antaranya dapat meningkatkan kadar hormon endorfin dan mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh.
5. Apakah dzikir habis sholat ashar hanya boleh diamalkan oleh orang-orang tertentu?-
Tidak, dzikir habis sholat ashar dapat diamalkan oleh semua umat Islam tanpa terkecuali.
6. Apakah boleh mengamalkan dzikir habis sholat ashar di luar waktu setelah sholat ashar?-
Meskipun dianjurkan untuk diamalkan setelah sholat ashar, dzikir tersebut juga dapat diamalkan di waktu-waktu lain.

Tips Mengamalkan Dzikir Habis Sholat Ashar

Mengamalkan dzikir habis sholat ashar dapat memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkannya secara optimal:

1. Lakukan Secara Rutin

Konsistensi sangat penting dalam mengamalkan dzikir habis sholat ashar. Usahakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari setelah sholat ashar.

2. Berkonsentrasilah

Saat membaca dzikir, fokuskan pikiran pada bacaan dan artinya. Hindari gangguan atau kesibukan lain agar dzikir dapat dilakukan dengan penuh kesadaran.

3. Pelihara Kebersihan Hati

Dzikir tidak hanya diucapkan dengan lisan, tetapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jaga kebersihan hati dengan menghindari pikiran dan perbuatan negatif.

4. Bersabar dan Istiqomah

Hasil dari mengamalkan dzikir tidak akan langsung terlihat. Bersabarlah dan istiqomah dalam mengamalkannya, insyaallah manfaatnya akan dapat dirasakan secara bertahap.

5. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Saat membaca dzikir, sertakan doa dan harapan kepada Allah SWT. Mohonlah kepada-Nya untuk memberikan manfaat dan keberkahan dari amalan dzikir tersebut.

6. Tadabburi Makna Dzikir

Selain membaca dzikir, luangkan waktu untuk memahami dan merenungkan maknanya. Tadabbur dapat memperdalam pemahaman dan memperkuat keyakinan.

Yuk Baca:

Mengenal Manfaat Sholat Dzuhur Palembang bagi Kesehatan Jiwa

Mengenal Manfaat Sholat Dzuhur Palembang bagi Kesehatan Jiwa

7. Amalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat dzikir habis sholat ashar tidak hanya dirasakan secara spiritual, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan dzikir sebagai pengingat untuk senantiasa berbuat baik dan menjauhi larangan-Nya.

Dengan mengamalkan tips di atas, semoga kita dapat memperoleh manfaat dan keberkahan dari dzikir habis sholat ashar.

Kesimpulan

Dzikir habis sholat ashar merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperlancar rezeki, memudahkan urusan, dan menentramkan hati. Dengan mengamalkan dzikir ini secara rutin, insyaallah kita akan merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dzikir habis sholat ashar juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui dzikir, kita mengingat kebesaran dan keagungan Allah SWT, serta memohon pertolongan dan perlindungan-Nya. Dengan semakin dekatnya kita kepada Allah SWT, insyaallah hidup kita akan semakin berkah dan penuh manfaat.

 

Youtube Video:

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *