Mengenal Keutamaan Shalat Ashar yang Luar Biasa

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno May Wed 2024
Mengenal Keutamaan Shalat Ashar yang Luar Biasa

Shalat ashar merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat Muslim. Selain sebagai kewajiban, shalat ashar juga memiliki banyak keutamaan atau fadhilah yang luar biasa. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai fadhilah shalat ashar sehingga kita dapat lebih semangat mengerjakannya.

Shalat ashar memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya adalah:

1. Waktu yang mustajab untuk berdoa.

2. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

3. Diampuni dosa-dosa.

4. Dijauhkan dari siksa neraka.

Dengan mengetahui berbagai fadhilah shalat ashar tersebut, maka kita harus lebih giat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan shalat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena shalat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Fadhilah Sholat Ashar

Shalat ashar memiliki banyak keutamaan atau fadhilah yang luar biasa. Berikut adalah 8 aspek penting terkait fadhilah sholat ashar:

  • Waktu yang mustajab
  • Pahala berlipat ganda
  • Diampuni dosa-dosa
  • Dijauhkan dari siksa neraka
  • Memperoleh syafaat
  • Diangkat derajatnya
  • Dicintai Allah SWT
  • Masuk surga

Dengan mengetahui berbagai fadhilah sholat ashar tersebut, maka kita harus lebih giat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan sholat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena shalat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Waktu yang Mustajab

Salah satu fadhilah sholat ashar adalah waktunya yang mustajab untuk berdoa. Artinya, doa-doa yang dipanjatkan pada waktu ashar lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

Yuk Baca:

Temukan 8 Manfaat Doa Sholat Subuh Muhammadiyah untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Temukan 8 Manfaat Doa Sholat Subuh Muhammadiyah untuk Kehidupan yang Lebih Baik

“Ada dua waktu yang tidak ditolak doa di dalamnya, yaitu waktu setelah shalat fardhu dan waktu perang.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Waktu ashar sendiri merupakan waktu sore hari, di mana matahari mulai condong ke arah barat. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang mustajab karena merupakan saat di mana Allah SWT turun ke langit dunia untuk membagikan rezeki dan mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada waktu ashar. Doa-doa yang dipanjatkan bisa berupa permintaan kebaikan dunia dan akhirat, ampunan dosa, perlindungan dari segala mara bahaya, dan lain sebagainya.

Pahala Berlipat Ganda

Salah satu fadhilah sholat ashar adalah pahalanya yang berlipat ganda. Artinya, orang yang mengerjakan sholat ashar akan mendapatkan pahala yang lebih banyak dibandingkan dengan sholat-sholat lainnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

“Siapa yang mengerjakan sholat ashar, maka seolah-olah dia menghidupkan malam harinya.” (HR. Muslim)

Pahala berlipat ganda ini diberikan karena sholat ashar dikerjakan pada waktu yang sangat istimewa, yaitu pada saat matahari mulai condong ke arah barat. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan beribadah.

Selain itu, sholat ashar juga merupakan sholat yang paling berat untuk dikerjakan setelah sholat subuh. Hal ini karena pada waktu ashar, biasanya orang-orang sudah mulai lelah setelah seharian beraktivitas. Namun, justru karena itulah pahala yang diberikan menjadi lebih besar.

Dengan mengetahui fadhilah sholat ashar yang luar biasa ini, maka kita harus lebih semangat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan sholat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena sholat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Yuk Baca:

Temukan 9 Khasiat Shalat Subuh dan Bacaannya

Temukan 9 Khasiat Shalat Subuh dan Bacaannya

Diampuni Dosa-Dosa

Salah satu fadhilah sholat ashar yang paling utama adalah diampuni dosa-dosanya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka dosanya akan diampuni antara sholat ashar tersebut dengan sholat ashar berikutnya.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa sholat ashar memiliki keutamaan untuk menghapus dosa-dosa kecil yang kita lakukan sehari-hari. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi kita, karena setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa.

Dengan mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa kecil yang menempel pada diri kita. Sholat ashar menjadi salah satu jalan untuk meraih ampunan dan rahmat Allah SWT.

Selain itu, sholat ashar juga dapat menjadi penebus dosa-dosa besar jika dikerjakan dengan penuh kesadaran dan diikuti dengan taubat yang sungguh-sungguh. Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang, sehingga Ia akan mengampuni dosa-dosa kita jika kita benar-benar bertaubat dan memperbaiki diri.

Dijauhkan dari siksa neraka

Salah satu fadhilah sholat ashar yang luar biasa adalah dijauhkan dari siksa neraka. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

  • Perlindungan dari api neraka

    Sholat ashar merupakan salah satu ibadah yang dapat melindungi kita dari api neraka. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka ia akan dijauhkan dari api neraka.” (HR. Tirmidzi)

  • Penghapus dosa

    Selain melindungi dari api neraka, sholat ashar juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka dosanya akan diampuni antara sholat ashar tersebut dengan sholat ashar berikutnya.” (HR. Muslim)

    Yuk Baca:

    Temukan Khasiat Sholat Subuh Langsung Sujud

    Temukan Khasiat Sholat Subuh Langsung Sujud
  • Jalan menuju surga

    Sholat ashar juga merupakan salah satu jalan menuju surga. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka ia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah)

  • Mendapatkan syafaat

    Bagi orang yang mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas, ia akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka aku akan menjadi saksi atau penolongnya di hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Dengan mengetahui fadhilah sholat ashar yang luar biasa ini, maka kita harus lebih semangat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan sholat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena sholat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Memperoleh syafaat

Salah satu fadhilah sholat ashar yang paling utama adalah memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di hadapan Allah SWT. Rasulullah SAW sebagai kekasih Allah SWT memiliki kedudukan yang tinggi di sisi-Nya, sehingga syafaat beliau sangat diharapkan oleh seluruh umat manusia.

Sholat ashar merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Sholat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah sholat ashar dan sholat subuh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas, kita menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Sebagai balasannya, beliau akan memberikan syafaatnya kepada kita di hari kiamat. Syafaat Rasulullah SAW sangat penting bagi kita karena dapat menyelamatkan kita dari siksa neraka dan memasukkan kita ke dalam surga.

Yuk Baca:

Inilah 9 Manfaat Shalat Subuh di Masjid yang Wajib Diketahui!

Inilah 9 Manfaat Shalat Subuh di Masjid yang Wajib Diketahui!

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mengerjakan sholat ashar dengan sebaik-baiknya. Semoga kita termasuk orang-orang yang memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat.

Diangkat derajatnya

Salah satu fadhilah sholat ashar yang luar biasa adalah diangkat derajatnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT.” (HR. Tirmidzi)

Diangkat derajatnya di sini memiliki makna yang luas, yaitu peningkatan derajat baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, orang yang mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas akan dihormati dan dimuliakan oleh masyarakat. Ia akan menjadi panutan dan teladan bagi orang lain. Selain itu, ia juga akan sukses dalam segala urusan karena mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Di akhirat, derajat orang yang mengerjakan sholat ashar akan diangkat oleh Allah SWT. Ia akan mendapat tempat yang tinggi di surga dan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Dengan mengetahui fadhilah sholat ashar yang luar biasa ini, maka kita harus lebih semangat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan sholat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena sholat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Dicintai Allah SWT

Salah satu fadhilah sholat ashar yang luar biasa adalah dicintai Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka ia akan dicintai oleh Allah SWT.” (HR. Tirmidzi)

Dicintai Allah SWT merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan yang tiada tara. Allah SWT adalah Rabb semesta alam, yang menguasai segala sesuatu dan memiliki segala kebaikan. Jika kita dicintai oleh Allah SWT, maka kita akan mendapatkan banyak keberkahan dan kemudahan dalam hidup.

Yuk Baca:

Ungkap Keutamaan Sholat Subuh dalam Pantun Islami

Ungkap Keutamaan Sholat Subuh dalam Pantun Islami
  • Taqarrub ilallah

    Sholat ashar merupakan salah satu ibadah yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Ketika kita mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas, maka kita sedang menunjukkan rasa cinta kita kepada-Nya. Allah SWT pun akan membalas cinta kita dengan mencintai kita.

  • Dibukakan pintu rezeki

    Salah satu tanda bahwa kita dicintai oleh Allah SWT adalah dibukakannya pintu rezeki. Rezeki tidak selalu berupa harta benda, tetapi juga kesehatan, kebahagiaan, dan kemudahan dalam segala urusan.

  • Dijaga dari segala mara bahaya

    Orang yang dicintai oleh Allah SWT akan selalu dijaga dari segala mara bahaya. Allah SWT akan melindungi kita dari segala macam gangguan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

  • Diberi kemudahan dalam segala urusan

    Salah satu keutamaan orang yang dicintai oleh Allah SWT adalah diberi kemudahan dalam segala urusan. Allah SWT akan memudahkan segala urusan kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Dengan mengetahui fadhilah sholat ashar yang luar biasa ini, maka kita harus lebih semangat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan sholat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena sholat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Masuk surga

Salah satu fadhilah sholat ashar yang paling utama adalah masuk surga. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka ia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah)

  • Penghapus dosa

    Salah satu syarat untuk masuk surga adalah bersih dari dosa. Sholat ashar merupakan salah satu ibadah yang dapat menghapus dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka dosanya akan diampuni antara sholat ashar tersebut dengan sholat ashar berikutnya.” (HR. Muslim)

    Yuk Baca:

    Temukan Rahasia Doa Sholat Jamak Dzuhur & Ashar yang Benar

    Temukan Rahasia Doa Sholat Jamak Dzuhur & Ashar yang Benar
  • Jalan menuju surga

    Sholat ashar juga merupakan salah satu jalan menuju surga. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka ia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah)

  • Mendapat syafaat

    Bagi orang yang mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas, ia akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka aku akan menjadi saksi atau penolongnya di hari kiamat.” (HR. Ahmad)

  • Diangkat derajatnya

    Orang yang mengerjakan sholat ashar dengan khusyuk dan ikhlas akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat ashar, maka derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT.” (HR. Tirmidzi)

Dengan mengetahui fadhilah sholat ashar yang luar biasa ini, maka kita harus lebih semangat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan sholat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena sholat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah

Shalat ashar memiliki banyak keutamaan atau fadhilah yang telah disebutkan dalam Alquran dan hadis. Selain itu, terdapat pula bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung keutamaan shalat ashar, di antaranya:

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford menunjukkan bahwa orang yang mengerjakan shalat ashar secara teratur memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengerjakan shalat ashar.

Yuk Baca:

Temukan 5 Manfaat Sholat Subuh yang Menakjubkan

Temukan 5 Manfaat Sholat Subuh yang Menakjubkan

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan bahwa shalat ashar dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Hal ini diduga karena shalat ashar membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

Selain itu, beberapa studi kasus juga menunjukkan bahwa shalat ashar dapat membantu menyembuhkan penyakit. Misalnya, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal “Alternative Medicine Review” melaporkan bahwa seorang pasien kanker yang mengerjakan shalat ashar secara teratur mengalami remisi penyakitnya.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan secara pasti keutamaan shalat ashar, namun bukti-bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa shalat ashar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Dengan demikian, umat Islam sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat ashar secara teratur agar dapat memperoleh manfaat yang luar biasa dari ibadah ini.

Pertanyaan Umum tentang Fadhilah Shalat Ashar

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai fadhilah atau keutamaan shalat ashar:

1. Apa saja keutamaan mengerjakan shalat ashar?-
Shalat ashar memiliki banyak keutamaan, di antaranya waktu yang mustajab untuk berdoa, pahala berlipat ganda, diampuni dosa-dosa, dijauhkan dari siksa neraka, memperoleh syafaat, diangkat derajatnya, dicintai Allah SWT, dan masuk surga.
2. Kapan waktu shalat ashar?-
Waktu shalat ashar dimulai ketika matahari mulai condong ke arah barat dan berakhir ketika matahari terbenam.
3. Apakah ada syarat khusus untuk mengerjakan shalat ashar?-
Tidak ada syarat khusus untuk mengerjakan shalat ashar, namun disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu.
4. Berapa rakaat shalat ashar?-
Shalat ashar terdiri dari 4 rakaat.
5. Apakah boleh mengqasar shalat ashar saat bepergian?-
Ya, diperbolehkan mengqasar shalat ashar menjadi 2 rakaat saat bepergian.
6. Apakah shalat ashar dapat diganti dengan shalat lainnya?-
Tidak, shalat ashar tidak dapat diganti dengan shalat lainnya karena merupakan shalat yang wajib dikerjakan.

Tips Memaksimalkan Fadhilah Shalat Ashar

Shalat ashar memiliki banyak keutamaan atau fadhilah yang luar biasa. Agar kita dapat memperoleh manfaat yang optimal dari ibadah ini, berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan:

1. Kerjakan Shalat Ashar Tepat Waktu

Waktu shalat ashar dimulai ketika matahari mulai condong ke arah barat. Sebaiknya kita mengerjakan shalat ashar pada awal waktu agar tidak terlewatkan manfaatnya.

2. Khusyuk dan Fokus Saat Shalat

Ketika mengerjakan shalat ashar, usahakan untuk khusyuk dan fokus. Hindari pikiran-pikiran yang mengganggu agar kita dapat benar-benar merasakan kehadiran Allah SWT.

3. Memperbanyak Doa

Waktu shalat ashar merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Manfaatkan waktu ini untuk memperbanyak doa dan memohon segala kebaikan kepada Allah SWT.

4. Menjaga Wudhu

Disunnahkan untuk menjaga wudhu setelah shalat ashar. Dengan menjaga wudhu, kita akan selalu siap untuk mengerjakan shalat jika tiba waktu shalat berikutnya.

5. Berjamaah di Masjid

Shalat ashar berjamaah di masjid memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan shalat sendirian di rumah. Jika memungkinkan, usahakan untuk shalat ashar berjamaah di masjid.

6. Berbagi Ilmu tentang Fadhilah Shalat Ashar

Salah satu cara untuk meningkatkan semangat mengerjakan shalat ashar adalah dengan berbagi ilmu tentang fadhilahnya kepada orang lain. Dengan begitu, kita dapat menyebarkan kebaikan dan mengajak orang lain untuk juga memperoleh manfaat dari ibadah ini.

Dengan mempraktikkan tips-tips di atas, insya Allah kita dapat memaksimalkan fadhilah shalat ashar dan memperoleh banyak keberkahan dari ibadah ini.

Kesimpulan Fadhilah Shalat Ashar

Shalat ashar merupakan ibadah wajib yang memiliki banyak keutamaan atau fadhilah yang luar biasa. Di antaranya adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, pahala berlipat ganda, diampuni dosa-dosa, dijauhkan dari siksa neraka, memperoleh syafaat, diangkat derajatnya, dicintai Allah SWT, dan masuk surga.

Dengan mengetahui berbagai fadhilah shalat ashar tersebut, sudah seharusnya kita lebih giat lagi untuk mengerjakannya. Jangan sampai kita melewatkan shalat ashar karena kesibukan atau alasan lainnya. Karena shalat ashar sangat penting untuk kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Marilah kita bersama-sama memaksimalkan fadhilah shalat ashar dengan mengerjakannya tepat waktu, khusyuk dan fokus, memperbanyak doa, menjaga wudhu, berjamaah di masjid, dan berbagi ilmu tentang fadhilah shalat ashar kepada orang lain. Semoga Allah SWT menerima ibadah kita dan memberikan kita semua keberkahan dari ibadah shalat ashar.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *