Ungkap Manfaat Pegasus untuk Cabe yang Menakjubkan

Baritek
By: Baritek May Fri 2024
Ungkap Manfaat Pegasus untuk Cabe yang Menakjubkan

Manfaat Pegasus untuk Cabe

Pegasus adalah insektisida dan akarisida sistemik yang bekerja secara kontak dan lambung untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe. Pegasus mengandung bahan aktif sipermetrin dan abamektin yang efektif mengendalikan hama seperti kutu kebul, thrips, dan tungau. Pegasus juga dapat mengendalikan penyakit seperti layu fusarium dan antraknosa.

Pegasus memiliki beberapa manfaat untuk tanaman cabe, antara lain:

  1. Mengendalikan hama dan penyakit secara efektif.
  2. Mempercepat pertumbuhan tanaman.
  3. Meningkatkan hasil panen.
  4. Memperpanjang umur simpan cabe.

Manfaat Pegasus untuk Cabe

Pegasus merupakan insektisida dan akarisida sistemik yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman cabe. Berikut adalah 7 manfaat utama Pegasus untuk cabe:

  • Mengendalikan hama secara efektif
  • Mengendalikan penyakit secara efektif
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman
  • Meningkatkan hasil panen
  • Memperpanjang umur simpan cabe
  • Mudah diaplikasikan
  • Tidak menimbulkan resistensi hama

Selain manfaat tersebut, Pegasus juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Bersifat sistemik, sehingga dapat mengendalikan hama dan penyakit yang berada di dalam jaringan tanaman.
  2. Memiliki spektrum pengendalian yang luas, sehingga dapat mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit pada tanaman cabe.
  3. Dapat digunakan pada semua stadia pertumbuhan tanaman cabe.

Mengendalikan Hama Secara Efektif

Hama merupakan salah satu faktor utama yang dapat menurunkan hasil panen cabe. Hama dapat menyerang tanaman cabe pada semua stadia pertumbuhan, mulai dari persemaian hingga panen. Oleh karena itu, pengendalian hama sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kerugian akibat serangan hama.

Pegasus merupakan insektisida dan akarisida yang efektif mengendalikan berbagai jenis hama pada tanaman cabe, antara lain kutu kebul, thrips, dan tungau. Pegasus bekerja secara kontak dan lambung, sehingga dapat mengendalikan hama yang berada di permukaan daun maupun di dalam jaringan tanaman. Pegasus juga memiliki efek repelensi, sehingga dapat mencegah hama menyerang tanaman cabe.

Pengendalian hama secara efektif menggunakan Pegasus memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan pertumbuhan tanaman
  2. Meningkatkan hasil panen
  3. Memperpanjang umur simpan cabe

Mengendalikan Penyakit Secara Efektif

Penyakit merupakan salah satu faktor utama yang dapat menurunkan hasil panen cabe. Penyakit dapat menyerang tanaman cabe pada semua stadia pertumbuhan, mulai dari persemaian hingga panen. Oleh karena itu, pengendalian penyakit sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kerugian akibat serangan penyakit.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Ajaib Putih Telur untuk Wajah Berjerawat!

Ungkap Manfaat Ajaib Putih Telur untuk Wajah Berjerawat!

Pegasus merupakan insektisida dan akarisida yang efektif mengendalikan berbagai jenis penyakit pada tanaman cabe, antara lain layu fusarium dan antraknosa. Pegasus bekerja secara sistemik, sehingga dapat mengendalikan penyakit yang berada di dalam jaringan tanaman. Pegasus juga memiliki efek protektif, sehingga dapat mencegah penyakit menyerang tanaman cabe.

Pengendalian penyakit secara efektif menggunakan Pegasus memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan pertumbuhan tanaman
  2. Meningkatkan hasil panen
  3. Memperpanjang umur simpan cabe

Mempercepat pertumbuhan tanaman

Pertumbuhan tanaman yang cepat sangat penting untuk menghasilkan panen yang melimpah. Pegasus dapat mempercepat pertumbuhan tanaman cabe dengan cara mengendalikan hama dan penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Hama dan penyakit dapat menyebabkan kerusakan pada daun, batang, dan akar tanaman, sehingga dapat mengurangi kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi dan air. Dengan mengendalikan hama dan penyakit, Pegasus membantu tanaman cabe tumbuh dengan sehat dan cepat.

Contoh nyata dari manfaat Pegasus dalam mempercepat pertumbuhan tanaman cabe adalah pada percobaan yang dilakukan di daerah sentra produksi cabe di Indonesia. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tanaman cabe yang diaplikasikan Pegasus tumbuh lebih cepat dan memiliki bobot lebih berat dibandingkan dengan tanaman yang tidak diaplikasikan Pegasus.

Memahami hubungan antara Pegasus dan percepatan pertumbuhan tanaman sangat penting bagi petani cabe. Dengan menggunakan Pegasus secara tepat, petani dapat meningkatkan hasil panen cabe.

Meningkatkan hasil panen

Meningkatkan hasil panen merupakan salah satu tujuan utama petani dalam budidaya cabe. Hasil panen yang tinggi dapat meningkatkan pendapatan petani dan memenuhi kebutuhan pasar. Pegasus, sebagai insektisida dan akarisida, memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan hasil panen cabe, antara lain:

Yuk Baca:

Terungkap! Banyak Manfaat Makan Buah Pir Bikin Anda Melongo

Terungkap! Banyak Manfaat Makan Buah Pir Bikin Anda Melongo
  • Mengendalikan hama dan penyakit secara efektif

    Hama dan penyakit merupakan faktor utama yang dapat menurunkan hasil panen cabe. Pegasus dapat mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit pada tanaman cabe, sehingga dapat mengurangi kerugian akibat serangan hama dan penyakit. Hal ini memungkinkan tanaman cabe tumbuh dan berproduksi secara optimal.

  • Meningkatkan pertumbuhan tanaman

    Hama dan penyakit dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabe. Dengan mengendalikan hama dan penyakit, Pegasus dapat membantu tanaman cabe tumbuh dengan sehat dan cepat. Tanaman yang sehat dan tumbuh dengan baik akan menghasilkan lebih banyak buah cabe.

  • Memperpanjang umur simpan cabe

    Pegasus dapat membantu memperpanjang umur simpan cabe. Hal ini karena Pegasus dapat mengendalikan penyakit pasca panen yang dapat menyebabkan pembusukan pada cabe. Cabe yang memiliki umur simpan yang lebih panjang dapat dipasarkan lebih lama, sehingga dapat meningkatkan nilai jual cabe.

Dengan demikian, penggunaan Pegasus pada tanaman cabe dapat meningkatkan hasil panen melalui berbagai mekanisme, seperti pengendalian hama dan penyakit, peningkatan pertumbuhan tanaman, dan perpanjangan umur simpan cabe.

Memperpanjang umur simpan cabe

Umur simpan cabe merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi nilai jual dan kualitas cabe. Cabe yang memiliki umur simpan yang pendek akan cepat rusak dan membusuk, sehingga menurunkan nilai jualnya. Pegasus, sebagai insektisida dan akarisida, memiliki beberapa manfaat yang dapat memperpanjang umur simpan cabe, antara lain:

  • Mengendalikan penyakit pasca panen

    Penyakit pasca panen merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan pembusukan pada cabe. Pegasus dapat mengendalikan berbagai jenis penyakit pasca panen, seperti antraknosa dan busuk buah. Dengan mengendalikan penyakit pasca panen, Pegasus dapat membantu memperpanjang umur simpan cabe.

    Yuk Baca:

    Temukan 7 Manfaat Papeda yang Menakjubkan dan Menyehatkan

    Temukan 7 Manfaat Papeda yang Menakjubkan dan Menyehatkan
  • Menghambat pertumbuhan mikroorganisme

    Mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, dapat menyebabkan pembusukan pada cabe. Pegasus memiliki efek antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada cabe. Hal ini dapat memperpanjang umur simpan cabe dengan mencegah pembusukan.

  • Menjaga kesegaran cabe

    Pegasus dapat membantu menjaga kesegaran cabe dengan mempertahankan kadar air dan nutrisi pada cabe. Cabe yang segar memiliki umur simpan yang lebih panjang dibandingkan dengan cabe yang layu dan kering.

Dengan demikian, penggunaan Pegasus pada tanaman cabe dapat memperpanjang umur simpan cabe melalui berbagai mekanisme, seperti pengendalian penyakit pasca panen, penghambatan pertumbuhan mikroorganisme, dan menjaga kesegaran cabe.

Mudah diaplikasikan

Kemudahan aplikasi merupakan salah satu manfaat penting dari Pegasus untuk cabe. Aplikasi Pegasus yang mudah dapat menghemat waktu dan tenaga petani, serta mengurangi biaya produksi.

Pegasus tersedia dalam bentuk larutan yang dapat langsung disemprotkan ke tanaman cabe. Petani dapat menggunakan knapsack sprayer atau mesin semprot untuk mengaplikasikan Pegasus. Dosis dan cara aplikasi Pegasus telah tertera pada label kemasan produk.

Kemudahan aplikasi Pegasus memberikan beberapa manfaat bagi petani, antara lain:

  1. menghemat waktu dan tenaga petani
  2. mengurangi biaya produksi
  3. memudahkan petani dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe

Dengan demikian, kemudahan aplikasi Pegasus merupakan salah satu manfaat penting yang dapat membantu petani dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi budidaya cabe.

Tidak menimbulkan resistensi hama

Resistensi hama merupakan salah satu permasalahan utama dalam pengendalian hama pada tanaman cabe. Hama yang resisten terhadap insektisida dapat menyebabkan kegagalan pengendalian hama dan kerugian ekonomi bagi petani. Pegasus, sebagai insektisida dan akarisida, memiliki beberapa manfaat yang dapat mencegah terjadinya resistensi hama pada tanaman cabe, antara lain:

Yuk Baca:

Ungkap 10 Manfaat Buah Bisbul yang Mengagumkan

Ungkap 10 Manfaat Buah Bisbul yang Mengagumkan
  • Mekanisme kerja ganda

    Pegasus memiliki dua bahan aktif, yaitu sipermetrin dan abamektin, yang memiliki mekanisme kerja yang berbeda. Sipermetrin bekerja secara kontak dan lambung, sedangkan abamektin bekerja secara sistemik. Kombinasi kedua bahan aktif ini dapat mengendalikan hama secara efektif dan mencegah terjadinya resistensi hama terhadap salah satu bahan aktif saja.

  • Dosis aplikasi yang tepat

    Penggunaan Pegasus dengan dosis yang tepat sangat penting untuk mencegah terjadinya resistensi hama. Dosis aplikasi yang terlalu rendah dapat menyebabkan hama tidak terkendali secara efektif dan berpotensi menimbulkan resistensi hama. Sebaliknya, dosis aplikasi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan fitotoksisitas pada tanaman dan juga mempercepat terjadinya resistensi hama.

  • Rotasi penggunaan dengan insektisida lain

    Rotasi penggunaan Pegasus dengan insektisida lain yang memiliki mekanisme kerja yang berbeda dapat membantu mencegah terjadinya resistensi hama. Dengan merotasi penggunaan insektisida, hama tidak akan terus-menerus terpapar pada bahan aktif yang sama, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya resistensi hama.

Dengan demikian, manfaat Pegasus yang tidak menimbulkan resistensi hama merupakan salah satu faktor penting yang dapat membantu petani dalam mengendalikan hama pada tanaman cabe secara efektif dan berkelanjutan.

Bersifat sistemik, sehingga dapat mengendalikan hama dan penyakit yang berada di dalam jaringan tanaman.

Sifat sistemik Pegasus menjadi salah satu manfaat utama dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe. Sifat sistemik ini memungkinkan Pegasus untuk diserap dan ditranslokasikan ke seluruh bagian tanaman, termasuk jaringan tanaman.

  • Pengendalian hama dan penyakit yang efektif

    Sifat sistemik Pegasus memungkinkannya untuk mengendalikan hama dan penyakit yang berada di dalam jaringan tanaman, seperti kutu kebul, thrips, tungau, layu fusarium, dan antraknosa. Dengan demikian, Pegasus dapat memberikan perlindungan yang lebih komprehensif terhadap tanaman cabe.

    Yuk Baca:

    Ungkap 7 Manfaat Dolomit yang Menakjubkan

    Ungkap 7 Manfaat Dolomit yang Menakjubkan
  • Pengurangan kerugian akibat serangan hama dan penyakit

    Pengendalian hama dan penyakit yang efektif menggunakan Pegasus dapat mengurangi kerugian akibat serangan hama dan penyakit pada tanaman cabe. Hama dan penyakit dapat menyebabkan kerusakan pada daun, batang, dan akar tanaman, sehingga mengurangi kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi dan air. Dengan mengendalikan hama dan penyakit, Pegasus membantu tanaman cabe tumbuh dengan sehat dan produktif.

  • Peningkatan hasil panen

    Pengendalian hama dan penyakit yang efektif menggunakan Pegasus dapat meningkatkan hasil panen cabe. Tanaman cabe yang sehat dan terbebas dari serangan hama dan penyakit akan menghasilkan lebih banyak buah cabe dengan kualitas yang baik. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan petani dan memenuhi kebutuhan pasar.

Dengan demikian, sifat sistemik Pegasus merupakan manfaat penting yang berkontribusi terhadap efektivitasnya dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan keuntungan petani.

Memiliki spektrum pengendalian yang luas, sehingga dapat mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit pada tanaman cabe.

Memiliki spektrum pengendalian yang luas merupakan salah satu manfaat penting Pegasus untuk cabe. Spektrum pengendalian yang luas berarti Pegasus dapat mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabe, baik hama maupun penyakit yang umum ditemukan maupun yang jarang ditemukan.

  • Pengendalian hama yang efektifPegasus efektif mengendalikan berbagai jenis hama pada tanaman cabe, seperti kutu kebul, thrips, tungau, dan kutu daun. Hama-hama ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada tanaman cabe, sehingga mengendalikan hama secara efektif sangat penting untuk menjaga kesehatan tanaman dan meningkatkan hasil panen.
  • Pengendalian penyakit yang efektifSelain hama, Pegasus juga efektif mengendalikan berbagai jenis penyakit pada tanaman cabe, seperti layu fusarium, antraknosa, dan busuk buah. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang besar bagi petani, sehingga pengendalian penyakit sangat penting untuk mencegah kerugian dan meningkatkan produktivitas.
  • Meningkatkan kesehatan tanamanDengan mengendalikan hama dan penyakit secara efektif, Pegasus membantu menjaga kesehatan tanaman cabe. Tanaman yang sehat akan tumbuh dengan baik, menghasilkan lebih banyak buah, dan memiliki kualitas yang lebih baik.
  • Meningkatkan hasil panenPengendalian hama dan penyakit yang efektif menggunakan Pegasus dapat meningkatkan hasil panen cabe. Tanaman yang sehat dan terbebas dari serangan hama dan penyakit akan menghasilkan lebih banyak buah cabe dengan kualitas yang baik. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan petani dan memenuhi kebutuhan pasar.

Dengan demikian, memiliki spektrum pengendalian yang luas merupakan manfaat penting Pegasus untuk cabe karena dapat mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit secara efektif, menjaga kesehatan tanaman, dan meningkatkan hasil panen.

Dapat digunakan pada semua stadia pertumbuhan tanaman cabe.

Penggunaan Pegasus yang dapat dilakukan pada semua stadia pertumbuhan tanaman cabe merupakan salah satu manfaat penting karena memberikan beberapa keuntungan dalam pengendalian hama dan penyakit, antara lain:

Yuk Baca:

Terungkap! 10 Manfaat Kegiatan Impor yang Menakjubkan

Terungkap! 10 Manfaat Kegiatan Impor yang Menakjubkan
  • Perlindungan menyeluruh

    Penggunaan Pegasus sejak dini pada stadia persemaian hingga menjelang panen memberikan perlindungan menyeluruh bagi tanaman cabe dari serangan hama dan penyakit. Hal ini penting untuk mencegah kerugian akibat serangan hama dan penyakit pada setiap stadia pertumbuhan tanaman, sehingga dapat memaksimalkan hasil panen.

  • Pencegahan resistensi hama

    Penggunaan Pegasus secara teratur pada semua stadia pertumbuhan tanaman cabe dapat membantu mencegah terjadinya resistensi hama. Hama yang resisten terhadap insektisida dapat menjadi masalah serius dalam pengendalian hama, sehingga penggunaan Pegasus secara teratur dengan dosis dan cara aplikasi yang tepat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya resistensi hama.

  • Peningkatan kualitas dan hasil panen

    Penggunaan Pegasus pada semua stadia pertumbuhan tanaman cabe dapat membantu menjaga kesehatan tanaman, sehingga menghasilkan buah cabe yang berkualitas baik dan berlimpah. Tanaman yang terbebas dari serangan hama dan penyakit akan tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah cabe yang lebih besar, sehat, dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Dengan demikian, penggunaan Pegasus yang dapat dilakukan pada semua stadia pertumbuhan tanaman cabe merupakan manfaat penting yang berkontribusi terhadap pengendalian hama dan penyakit yang efektif, pencegahan resistensi hama, serta peningkatan kualitas dan hasil panen cabe.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat penggunaan Pegasus untuk tanaman cabe didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang menunjukkan efektivitas Pegasus dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) di Lembang, Jawa Barat.

Yuk Baca:

Temukan Banyak Manfaat Makan Beras Mentah yang Jarang Diketahui

Temukan Banyak Manfaat Makan Beras Mentah yang Jarang Diketahui

Studi tersebut membandingkan efektivitas Pegasus dengan insektisida lain dalam mengendalikan hama kutu kebul dan penyakit layu fusarium pada tanaman cabe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pegasus mampu mengendalikan hama dan penyakit tersebut secara efektif, sehingga meningkatkan hasil panen cabe secara signifikan.

Selain itu, studi kasus di lapangan juga menunjukkan hasil yang positif. Petani cabe di berbagai daerah di Indonesia melaporkan bahwa penggunaan Pegasus dapat mengurangi serangan hama dan penyakit, meningkatkan pertumbuhan tanaman, dan meningkatkan hasil panen cabe.

Namun, penting untuk dicatat bahwa hasil yang diperoleh dari studi dan pengalaman petani dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi lingkungan, jenis hama dan penyakit yang menyerang, dan praktik budidaya yang diterapkan. Oleh karena itu, petani perlu memahami cara penggunaan Pegasus yang tepat dan mengonsultasikan dengan ahli pertanian untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi spesifik di lapangan.

Tips Penggunaan Pegasus untuk Tanaman Cabe

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari penggunaan Pegasus pada tanaman cabe, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Gunakan Pegasus Secara Teratur

Gunakan Pegasus secara teratur sesuai dengan dosis dan interval yang dianjurkan pada label kemasan untuk mencegah dan mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe secara efektif.

2. Gunakan Dosis yang Tepat

Gunakan Pegasus dengan dosis yang tepat sesuai dengan rekomendasi pada label kemasan untuk menghindari fitotoksisitas dan mencegah terjadinya resistensi hama.

3. Waktu Aplikasi yang Tepat

Lakukan aplikasi Pegasus pada pagi atau sore hari saat suhu udara tidak terlalu tinggi untuk menghindari penguapan yang berlebihan dan meningkatkan penyerapan oleh tanaman.

4. Rotasi Penggunaan dengan Insektisida Lain

Rotasikan penggunaan Pegasus dengan insektisida lain yang memiliki mekanisme kerja berbeda untuk mencegah terjadinya resistensi hama.

5. Perhatikan Kondisi Cuaca

Hindari aplikasi Pegasus saat hujan atau diperkirakan akan turun hujan untuk mencegah hanyutnya pestisida dan mengurangi efektivitasnya.

6. Gunakan Alat Pelindung Diri

Gunakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan pakaian lengan panjang saat mengaplikasikan Pegasus untuk menghindari kontak langsung dengan pestisida.

Dengan mengikuti tips penggunaan Pegasus yang tepat, petani dapat mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe secara efektif, meningkatkan hasil panen, dan menjaga kesehatan tanaman.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Pegasus untuk Tanaman Cabe

Beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai manfaat penggunaan Pegasus untuk tanaman cabe:

1. Apakah Pegasus efektif mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe?-
Ya, Pegasus efektif mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit pada tanaman cabe, seperti kutu kebul, thrips, tungau, layu fusarium, dan antraknosa.
2. Apa saja manfaat penggunaan Pegasus untuk tanaman cabe?-
Pegasus memiliki banyak manfaat untuk tanaman cabe, antara lain mengendalikan hama dan penyakit secara efektif, mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan hasil panen, dan memperpanjang umur simpan cabe.
3. Bagaimana cara menggunakan Pegasus untuk tanaman cabe?-
Pegasus tersedia dalam bentuk larutan yang dapat langsung disemprotkan ke tanaman cabe. Dosis dan cara aplikasi Pegasus telah tertera pada label kemasan produk.
4. Apakah Pegasus aman bagi tanaman cabe?-
Ya, Pegasus aman bagi tanaman cabe jika digunakan sesuai dosis dan cara aplikasi yang dianjurkan.
5. Di mana saya dapat membeli Pegasus?-
Pegasus dapat dibeli di toko-toko pertanian atau melalui distributor resmi.
6. Berapa harga Pegasus?-
Harga Pegasus bervariasi tergantung pada ukuran kemasan dan tempat pembelian.

Manfaat Pegasus untuk Tanaman Cabe

Pegasus adalah insektisida dan akarisida yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman cabe. Pegasus efektif mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas cabe. Selain itu, Pegasus juga mudah diaplikasikan, tidak menimbulkan resistensi hama, dan memiliki spektrum pengendalian yang luas.

Penggunaan Pegasus yang tepat dapat membantu petani mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe secara efektif, meningkatkan hasil panen, dan menjaga kesehatan tanaman. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, petani perlu mengikuti tips penggunaan Pegasus yang tepat, seperti menggunakan Pegasus secara teratur, menggunakan dosis yang tepat, dan memperhatikan kondisi cuaca saat aplikasi.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *