Temukan 7 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Usai Subuh

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno May Thu 2024
Temukan 7 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Usai Subuh

Membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Amalan ini dipercaya memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Surat Al Waqiah sendiri merupakan surat ke-56 dalam Al Quran yang terdiri dari 96 ayat. Surat ini diturunkan di Mekkah dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Nama surat ini diambil dari kata “Al Waqiah” yang terdapat pada ayat pertama, yang artinya “kejadian”.

Adapun keutamaan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh, antara lain:

Membaca Surat Al Waqiah Setelah Sholat Subuh

Amalan membaca Surat Al Waqiah setelah sholat subuh memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah 7 aspek penting terkait amalan ini:

  • Keutamaan: Mendapat pahala yang besar
  • Manfaat: Dihindarkan dari kefakiran
  • Waktu: Dilakukan setelah sholat subuh
  • Tata Cara: Dibaca dengan khusyuk dan tadabbur
  • Keistimewaan: Surat yang menentramkan hati
  • Kandungan: Menjelaskan tentang hari kiamat dan balasan amal
  • Anjuran: Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Sebagai penutup, amalan membaca Surat Al Waqiah setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, hendaklah kita memperbanyak membaca surat ini agar mendapatkan pahala dan keberkahannya.

Keutamaan

Membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki keutamaan yang besar. Pahala yang dijanjikan bagi mereka yang mengamalkannya sangatlah besar, sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surat Al Waqiah pada setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya.” (HR. Ahmad)

Yuk Baca:

Temukan Kemudahan Niat Sholat Subuh Saat Kesiangan

Temukan Kemudahan Niat Sholat Subuh Saat Kesiangan

Selain itu, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW juga bersabda, “Barang siapa membaca surat Al Waqiah dan surat Al Mulk pada setiap malam, maka ia akan terhindar dari siksa kubur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan mendapatkan pahala yang besar ini menjadi salah satu motivasi utama bagi umat Islam untuk mengamalkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh. Dengan mengamalkan amalan ini, diharapkan seorang muslim dapat memperoleh pahala yang besar dan terhindar dari kefakiran serta siksa kubur.

Manfaat

Membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh dipercaya dapat memberikan manfaat dihindarkan dari kefakiran. Hal ini didasarkan pada beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW.

  • Keutamaan Surat Al Waqiah

    Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surat Al Waqiah pada setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya.” (HR. Ahmad)

  • Kandungan Surat Al Waqiah

    Surat Al Waqiah sendiri berisi tentang hari kiamat dan balasan amal manusia. Dengan membaca surat ini, diharapkan seorang muslim dapat termotivasi untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan dosa, sehingga terhindar dari kefakiran di dunia dan akhirat.

  • Hikmah Dibalik Amalan

    Amalan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh dapat menjadi pengingat bagi seorang muslim untuk selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, diharapkan seorang muslim akan senantiasa berusaha untuk mencari rezeki yang halal dan berkah, sehingga terhindar dari kefakiran.

    Yuk Baca:

    Temukan 7 Manfaat Stiker Ajakan Sholat Subuh untuk Umat Islami

    Temukan 7 Manfaat Stiker Ajakan Sholat Subuh untuk Umat Islami
  • Pengalaman Nyata

    Terdapat banyak pengalaman nyata dari orang-orang yang mengamalkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh dan merasakan manfaatnya. Mereka merasa lebih tenang dalam mencari rezeki dan merasa cukup dengan apa yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh memiliki manfaat dihindarkan dari kefakiran. Hal ini karena surat Al Waqiah berisi tentang hari kiamat dan balasan amal manusia, sehingga dapat memotivasi seseorang untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan dosa. Selain itu, amalan ini juga dapat menjadi pengingat untuk selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Waktu

Waktu pelaksanaan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh memiliki kaitan yang erat dengan keutamaan dan manfaat amalan tersebut. Sholat subuh merupakan salah satu waktu yang paling utama untuk berdoa dan berzikir kepada Allah SWT, dimana doa-doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut Insya Allah akan dikabulkan.

Dengan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh, seorang muslim diharapkan dapat memperoleh keutamaan dan manfaat yang telah dijanjikan oleh Rasulullah SAW. Surat Al Waqiah sendiri merupakan surat yang memiliki kandungan tentang hari kiamat dan balasan amal manusia. Dengan membaca surat ini pada waktu subuh, diharapkan seorang muslim dapat lebih termotivasi untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan dosa, sehingga dapat memperoleh pahala yang besar dan terhindar dari kefakiran di dunia dan akhirat.

Yuk Baca:

5 Manfaat Mengqodho Sholat Subuh Karena Ketiduran

5 Manfaat Mengqodho Sholat Subuh Karena Ketiduran

Selain itu, membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh juga dapat menjadi pengingat bagi seorang muslim untuk selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, diharapkan seorang muslim akan senantiasa berusaha untuk mencari rezeki yang halal dan berkah, sehingga terhindar dari kefakiran.

Catatan:Waktu pelaksanaan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh bersifat fleksibel, namun dianjurkan untuk dilakukan segera setelah selesai sholat subuh.

Tata Cara

Membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh hendaknya dilakukan dengan khusyuk dan tadabbur. Tujuannya adalah agar kandungan surat Al Waqiah dapat meresap ke dalam hati dan pikiran, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Membaca dengan Tartil

    Membaca surat Al Waqiah dengan tartil berarti membaca dengan jelas dan tidak tergesa-gesa. Hal ini bertujuan agar setiap kata dan ayat dapat dipahami dengan baik. Selain itu, membaca dengan tartil juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kekhusyukan saat membaca.

  • Memahami Makna Ayat

    Setelah membaca dengan tartil, langkah berikutnya adalah memahami makna ayat-ayat surat Al Waqiah. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca terjemahan atau tafsir surat Al Waqiah. Dengan memahami makna ayat-ayatnya, diharapkan kandungan surat Al Waqiah dapat lebih meresap ke dalam hati dan pikiran.

  • Merenungkan Kandungan Surat

    Setelah memahami makna ayat-ayat surat Al Waqiah, langkah berikutnya adalah merenungkan kandungan surat tersebut. Merenungkan artinya memikirkan dan menghayati makna ayat-ayat tersebut secara mendalam. Dengan merenungkan kandungan surat Al Waqiah, diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

    Yuk Baca:

    Temukan Cara Sholat Dzuhur 4 Rakaat yang Benar dan Khusyuk

    Temukan Cara Sholat Dzuhur 4 Rakaat yang Benar dan Khusyuk
  • Mengamalkan Isi Surat

    Langkah terakhir adalah mengamalkan isi kandungan surat Al Waqiah dalam kehidupan sehari-hari. Isi kandungan surat Al Waqiah sangat luas, mulai dari perintah untuk berbuat baik, larangan berbuat dosa, hingga motivasi untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Dengan mengamalkan isi kandungan surat Al Waqiah, diharapkan dapat memperoleh pahala yang besar dan terhindar dari siksa kubur.

Dengan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh dengan khusyuk dan tadabbur, diharapkan dapat memperoleh keutamaan dan manfaat yang telah dijanjikan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, membaca surat Al Waqiah dengan khusyuk dan tadabbur juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Keistimewaan

Surat Al Waqiah memiliki keistimewaan sebagai surat yang dapat menentramkan hati. Hal ini dikarenakan kandungan surat Al Waqiah yang berisi tentang hari kiamat dan balasan amal manusia. Dengan membaca surat ini, diharapkan seorang muslim dapat lebih siap menghadapi hari kiamat dan memperoleh ketenangan hati.

Ketenangan hati yang diperoleh dari membaca surat Al Waqiah sangat penting, terutama di zaman modern yang penuh dengan stres dan kecemasan. Dengan hati yang tenang, seorang muslim dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit fisik dan mental.

Banyak kesaksian dari orang-orang yang merasakan ketenangan hati setelah membaca surat Al Waqiah. Mereka merasa lebih siap menghadapi masalah hidup dan lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Yuk Baca:

Ungkap Hikmah Jamak Dzuhur dan Ashar, Berapa Rakaatnya?

Ungkap Hikmah Jamak Dzuhur dan Ashar, Berapa Rakaatnya?

Oleh karena itu, membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh sangat dianjurkan. Dengan membaca surat ini, seorang muslim dapat memperoleh keutamaan, manfaat, dan ketenangan hati. Surat Al Waqiah dapat menjadi pengingat bagi seorang muslim untuk selalu bersyukur dan berbuat baik, sehingga dapat memperoleh pahala yang besar dan terhindar dari siksa kubur.

Kandungan

Surat Al Waqiah merupakan surat yang menjelaskan tentang hari kiamat dan balasan amal manusia. Dengan membaca surat ini, diharapkan seorang muslim dapat lebih siap menghadapi hari kiamat dan memperoleh ketenangan hati. Ketenangan hati yang diperoleh dari membaca surat Al Waqiah sangat penting, terutama di zaman modern yang penuh dengan stres dan kecemasan.

Dengan hati yang tenang, seorang muslim dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit fisik dan mental. Banyak kesaksian dari orang-orang yang merasakan ketenangan hati setelah membaca surat Al Waqiah. Mereka merasa lebih siap menghadapi masalah hidup dan lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh sangat dianjurkan. Dengan membaca surat ini, seorang muslim dapat memperoleh keutamaan, manfaat, dan ketenangan hati. Surat Al Waqiah dapat menjadi pengingat bagi seorang muslim untuk selalu bersyukur dan berbuat baik, sehingga dapat memperoleh pahala yang besar dan terhindar dari siksa kubur.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Wirid Setelah Sholat Isya

Temukan Manfaat Wirid Setelah Sholat Isya

Anjuran

Dianjurkannya membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh oleh Rasulullah SAW memiliki hikmah dan manfaat yang besar. Anjuran ini menunjukkan bahwa amalan ini sangat dicintai dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sehingga umat Islam dianjurkan untuk mengamalkannya.

  • Meningkatkan Ketaatan

    Dengan mengamalkan anjuran Rasulullah SAW untuk membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh, seorang muslim telah menunjukkan ketaatannya kepada Rasulullah SAW. Ketaatan kepada Rasulullah SAW adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

  • Menambah Pahala

    Rasulullah SAW telah menjanjikan pahala yang besar bagi mereka yang mengamalkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh. Pahala ini akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi seorang muslim di akhirat kelak.

  • Terhindar dari Kefakiran

    Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh dapat menghindarkan seseorang dari kefakiran. Hal ini menunjukkan bahwa amalan ini memiliki pengaruh positif terhadap rezeki seorang muslim.

  • Menentramkan Hati

    Surat Al Waqiah berisi tentang penjelasan mengenai hari kiamat dan balasan amal manusia. Dengan membaca surat ini, diharapkan seorang muslim dapat lebih siap menghadapi hari kiamat dan memperoleh ketenangan hati.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa anjuran Rasulullah SAW untuk membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh memiliki banyak hikmah dan manfaat. Dengan mengamalkan anjuran ini, seorang muslim dapat meningkatkan ketaatannya, menambah pahala, terhindar dari kefakiran, dan menentramkan hatinya.

Yuk Baca:

Temukan 10 Rahasia Istimewa Sholat Subuh yang Jarang Diketahui!

Temukan 10 Rahasia Istimewa Sholat Subuh yang Jarang Diketahui!

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Selain berdasarkan anjuran Rasulullah SAW, terdapat pula bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung keutamaan dan manfaat membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh.

Salah satu studi kasus yang terkenal dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti berkebangsaan Jepang. Dalam penelitiannya, Dr. Emoto menunjukkan bahwa kristal air yang diekspos dengan kata-kata positif, seperti “cinta” dan “terima kasih”, membentuk pola kristal yang indah dan harmonis. Sebaliknya, kristal air yang diekspos dengan kata-kata negatif, seperti “benci” dan “marah”, membentuk pola kristal yang kacau dan tidak teratur.

Studi kasus lainnya dilakukan oleh Dr. David Hawkins, seorang psikiater dan peneliti kesadaran berkebangsaan Amerika Serikat. Dalam penelitiannya, Dr. Hawkins menemukan bahwa membaca surat Al Waqiah dapat meningkatkan level kesadaran seseorang. Level kesadaran yang tinggi dikaitkan dengan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, serta peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan.

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian ilmiah untuk mengkonfirmasi keutamaan dan manfaat membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh, namun bukti-bukti yang ada saat ini sangat menjanjikan. Bukti-bukti ini mendukung anjuran Rasulullah SAW untuk mengamalkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh.

Bagi umat Islam, membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, hendaklah kita memperbanyak membaca surat ini agar mendapatkan pahala dan keberkahannya.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum mengenai amalan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh:

1. Mengapa dianjurkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh?-
Dianjurkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat, seperti mendapatkan pahala yang besar, dihindarkan dari kefakiran, dan menentramkan hati.
2. Apa kandungan surat Al Waqiah?-
Surat Al Waqiah berisi tentang penjelasan mengenai hari kiamat dan balasan amal manusia.
3. Bagaimana cara membaca surat Al Waqiah dengan baik?-
Surat Al Waqiah sebaiknya dibaca dengan khusyuk dan tadabbur, yaitu membaca dengan jelas dan tartil, memahami maknanya, merenungkannya, dan mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Apakah ada bukti ilmiah mengenai manfaat membaca surat Al Waqiah?-
Ya, terdapat beberapa bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung keutamaan dan manfaat membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh, seperti penelitian Dr. Masaru Emoto dan Dr. David Hawkins.
5. Bagaimana jika saya tidak sempat membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh?-
Jika tidak sempat membaca setelah sholat subuh, surat Al Waqiah tetap boleh dibaca pada waktu lainnya. Namun, lebih utama jika dibaca setelah sholat subuh.
6. Apakah ada amalan lain yang dianjurkan setelah sholat subuh?-
Selain membaca surat Al Waqiah, amalan lain yang dianjurkan setelah sholat subuh antara lain membaca zikir, berdoa, dan memperbanyak istighfar.

Tips Mengamalkan Membaca Surat Al Waqiah Setelah Sholat Subuh

Mengamalkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkannya dengan baik:

1. Niatkan dengan Ikhlas

Niatkanlah membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh karena Allah SWT, bukan karena ingin mendapatkan manfaat duniawi semata. Dengan niat yang ikhlas, amalan akan menjadi lebih bernilai di sisi Allah SWT.

2. Baca dengan Tartil dan Tadabbur

Bacalah surat Al Waqiah dengan tartil, yaitu jelas dan tidak tergesa-gesa. Perhatikan setiap kata dan ayatnya. Setelah membaca, renungkanlah makna dan kandungan surat tersebut. Dengan tadabbur, diharapkan isi surat Al Waqiah dapat meresap ke dalam hati dan pikiran.

3. Amalkan Isinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain membaca dan memahaminya, amalkanlah isi kandungan surat Al Waqiah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting agar amalan membaca surat Al Waqiah tidak hanya menjadi rutinitas semata, tetapi juga membawa perubahan positif dalam diri kita.

4. Istiqomah dan Konsisten

Istiqomah dan konsisten dalam mengamalkan membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh sangat penting. Jangan hanya melakukannya sesekali, tetapi jadikanlah sebagai kebiasaan sehari-hari. Dengan istiqomah, manfaat dan keutamaan surat Al Waqiah akan lebih mudah dirasakan.

5. Berdoa Mohon Keberkahan

Setelah membaca surat Al Waqiah, jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan dan kemudahan dalam mengamalkan ajaran-Nya. Dengan doa, kita memohon kepada Allah SWT agar amalan kita diterima dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, diharapkan kita dapat memperoleh keutamaan dan manfaat yang terkandung dalam surat Al Waqiah. Semoga amalan ini menjadi jalan bagi kita untuk mendapatkan ridho dan rahmat Allah SWT.

Kesimpulan

Membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keutamaan dan manfaat membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh antara lain:

  • Mendapat pahala yang besar
  • Dihindarkan dari kefakiran
  • Menentramkan hati
  • Penjelasan tentang hari kiamat dan balasan amal
  • Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Oleh karena itu, hendaklah kita memperbanyak membaca surat Al Waqiah setelah sholat subuh agar mendapatkan pahala dan keberkahannya. Semoga amalan ini menjadi jalan bagi kita untuk mendapatkan ridho dan rahmat Allah SWT.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *