Temukan 9 Manfaat Dahsyat Mengaji Setelah Sholat Subuh

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno May Thu 2024
Temukan 9 Manfaat Dahsyat Mengaji Setelah Sholat Subuh

Setelah menunaikan kewajiban sholat subuh, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya adalah mengaji. Mengaji setelah sholat subuh memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk dunia maupun untuk akhirat.

Mengaji adalah membaca Al-Qur’an, kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca Al-Qur’an bukan hanya sekedar membaca tulisan, namun juga memahami dan menghayati makna yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak manfaat dari mengaji setelah sholat subuh, di antaranya:

Mengaji Setelah Sholat Subuh

Mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk dunia maupun untuk akhirat. Berikut adalah 9 aspek penting terkait mengaji setelah sholat subuh:

  • Menambah pahala
  • Mendapat syafaat di akhirat
  • Mencerahkan hati
  • Menjauhkan dari maksiat
  • Mendapat ketenangan jiwa
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Memperluas wawasan
  • Menambah keberkahan hidup
  • Menjadi teladan bagi orang lain

Selain aspek-aspek tersebut, mengaji setelah sholat subuh juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca dan memahami Al-Qur’an, kita dapat memperoleh petunjuk dan bimbingan dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjadikan mengaji setelah sholat subuh sebagai amalan rutin.

Menambah pahala

Mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Salah satu keutamaannya adalah menambah pahala bagi yang mengerjakannya. Pahala yang diperoleh dari mengaji setelah sholat subuh sangatlah besar, sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

  • Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)
  • Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa membaca sepuluh ayat dari Al-Qur’an pada waktu pagi dan sore, maka ia akan terjaga dari gangguan setan.” (HR. Ibnu Hibban)

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, dapat dipahami bahwa mengaji setelah sholat subuh dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Pahala yang diperoleh tidak hanya dari membaca Al-Qur’an saja, tetapi juga dari waktu pelaksanaannya, yaitu setelah sholat subuh yang merupakan waktu yang penuh berkah.

Yuk Baca:

Temukan 5 Manfaat Dahsyat Doa Sholat Dhuha

Temukan 5 Manfaat Dahsyat Doa Sholat Dhuha

Mendapat syafaat di akhirat

Salah satu keutamaan mengaji setelah sholat subuh adalah mendapat syafaat di akhirat. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di akhirat. Dalam konteks mengaji setelah sholat subuh, syafaat yang dimaksud adalah pertolongan dari Al-Qur’an bagi orang yang membacanya.

  • Pertolongan dari Malaikat

    Orang yang mengaji setelah sholat subuh akan mendapat pertolongan dari para malaikat. Malaikat akan menjadi saksi kebaikannya dan akan mendoakannya di akhirat.

  • Pertolongan dari Al-Qur’an

    Al-Qur’an sendiri akan menjadi penolong bagi orang yang membacanya di akhirat. Al-Qur’an akan membela orang yang membacanya dari siksa neraka dan akan membawanya ke surga.

Dengan demikian, mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat penting untuk dilakukan. Selain mendapat pahala yang besar, mengaji setelah sholat subuh juga dapat menjadi sebab mendapat syafaat di akhirat.

Mencerahkan Hati

Mengaji setelah sholat subuh dapat menjadi salah satu cara untuk mencerahkan hati. Hati yang bersih dan terang akan lebih mudah menerima cahaya kebenaran dan hidayah dari Allah SWT. Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat membantu kita untuk menyingkirkan penyakit hati, seperti iri, dengki, dan sombong.

  • Meningkatkan Kepekaan Hati

    Membaca dan memahami Al-Qur’an dapat meningkatkan kepekaan hati kita. Hati yang peka akan lebih mudah merasakan kehadiran Allah SWT dan akan lebih mudah tergugah untuk beribadah dan berbuat baik.

  • Menghilangkan Penyakit Hati

    Ayat-ayat Al-Qur’an mengandung banyak hikmah dan pelajaran yang dapat membantu kita untuk menghilangkan penyakit hati. Misalnya, ayat-ayat tentang sabar, syukur, dan ikhlas dapat membantu kita untuk menghilangkan sifat iri, dengki, dan sombong.

    Yuk Baca:

    Temukan 5 Manfaat Sholat Dzuhur di Jogja untuk Umat Muslim

    Temukan 5 Manfaat Sholat Dzuhur di Jogja untuk Umat Muslim
  • Memberikan Ketenangan Hati

    Membaca Al-Qur’an dapat memberikan ketenangan hati. Ayat-ayat Al-Qur’an mengandung banyak janji dan kabar gembira yang dapat membuat hati kita menjadi tenteram dan damai.

  • Menambah Motivasi Beribadah

    Membaca dan memahami Al-Qur’an dapat menambah motivasi kita untuk beribadah. Ayat-ayat Al-Qur’an tentang pahala dan siksa dapat membuat kita semakin semangat untuk beribadah dan semakin takut untuk berbuat dosa.

Dengan demikian, mengaji setelah sholat subuh dapat menjadi salah satu cara untuk mencerahkan hati kita. Hati yang bersih dan terang akan lebih mudah menerima cahaya kebenaran dan hidayah dari Allah SWT, sehingga kita dapat menjadi insan yang lebih baik dan bertakwa.

Menjauhkan dari maksiat

Mengaji setelah sholat subuh dapat menjauhkan kita dari maksiat. Hal ini karena ketika kita mengaji, kita akan lebih banyak mengingat Allah SWT dan akan lebih takut untuk berbuat dosa. Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat memberikan kita kekuatan dan ketenangan hati, sehingga kita lebih mampu untuk melawan godaan dan hawa nafsu.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an pada waktu pagi dan sore, maka ia akan terjaga dari gangguan setan.” (HR. Ibnu Hibban). Hadits ini menunjukkan bahwa mengaji setelah sholat subuh dapat menjadi benteng bagi kita dari godaan setan yang ingin menyesatkan kita.

Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat membantu kita untuk lebih memahami ajaran Islam dan perintah-perintah Allah SWT. Ketika kita memahami ajaran Islam dengan baik, kita akan lebih mudah untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga kita dapat menghindari perbuatan maksiat.

Yuk Baca:

Temukan 7 Manfaat Stiker Ajakan Sholat Subuh untuk Umat Islami

Temukan 7 Manfaat Stiker Ajakan Sholat Subuh untuk Umat Islami

Dengan demikian, mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat penting untuk dilakukan. Selain mendapat pahala yang besar, mengaji setelah sholat subuh juga dapat menjauhkan kita dari maksiat dan membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT.

Mendapat ketenangan jiwa

Mengaji setelah sholat subuh dapat memberikan ketenangan jiwa bagi yang melakukannya. Hal ini karena ketika kita mengaji, kita akan lebih banyak mengingat Allah SWT dan akan lebih dekat dengan-Nya. Ketika kita dekat dengan Allah SWT, hati kita akan menjadi tenang dan damai.

Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat membantu kita untuk lebih memahami ajaran Islam dan perintah-perintah Allah SWT. Ketika kita memahami ajaran Islam dengan baik, kita akan lebih mudah untuk menerima takdir dan ketentuan Allah SWT. Ketika kita menerima takdir dan ketentuan Allah SWT, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah gelisah.

Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat membantu kita untuk lebih bersabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan dan kesulitan hidup. Ketika kita bersabar dan ikhlas, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah terombang-ambing oleh emosi negatif.

Dengan demikian, mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat penting untuk dilakukan. Selain mendapat pahala yang besar, mengaji setelah sholat subuh juga dapat memberikan ketenangan jiwa bagi yang melakukannya.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Bacaan Sholat Subuh: Pintu Berkah dan Kebahagiaan

Ungkap Manfaat Bacaan Sholat Subuh: Pintu Berkah dan Kebahagiaan

Meningkatkan konsentrasi

Salah satu manfaat mengaji setelah sholat subuh adalah meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena ketika kita mengaji, kita akan fokus pada bacaan dan berusaha memahami maknanya. Konsentrasi yang baik sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti belajar, bekerja, dan beribadah. Dengan mengaji setelah sholat subuh, kita dapat melatih konsentrasi kita sehingga menjadi lebih baik.

Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat membantu kita untuk lebih tenang dan rileks. Ketika kita tenang dan rileks, konsentrasi kita akan meningkat. Hal ini karena ketika kita tenang, pikiran kita menjadi lebih jernih dan fokus. Dengan demikian, mengaji setelah sholat subuh dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi kita.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Al-Azhar, Mesir, ditemukan bahwa mahasiswa yang mengaji setelah sholat subuh memiliki konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengaji. Hal ini menunjukkan bahwa mengaji setelah sholat subuh memang dapat meningkatkan konsentrasi.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengaji setelah sholat subuh. Selain mendapat pahala yang besar, mengaji setelah sholat subuh juga dapat meningkatkan konsentrasi kita. Dengan konsentrasi yang baik, kita dapat lebih sukses dalam belajar, bekerja, dan beribadah.

Memperluas wawasan

Mengaji setelah sholat subuh tidak hanya dapat menambah pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga dapat memperluas wawasan kita. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang berisi berbagai ilmu pengetahuan, mulai dari ilmu agama, sejarah, hingga sains. Dengan mengaji setelah sholat subuh, kita dapat mempelajari berbagai ilmu pengetahuan tersebut dan memperluas wawasan kita.

Yuk Baca:

Temukan 7 Manfaat Menakjubkan Bangun Tepat Waktu untuk Sholat Subuh

Temukan 7 Manfaat Menakjubkan Bangun Tepat Waktu untuk Sholat Subuh

Selain itu, mengaji setelah sholat subuh juga dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis kita. Ketika kita mengaji, kita dituntut untuk memahami makna dari ayat-ayat Al-Qur’an. Hal ini dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis kita, sehingga kita dapat lebih mudah memahami berbagai persoalan dan menemukan solusi terbaik.

Memperluas wawasan sangat penting bagi kehidupan kita. Dengan wawasan yang luas, kita dapat lebih memahami dunia sekitar kita dan mengambil keputusan yang lebih baik. Selain itu, wawasan yang luas juga dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan berwawasan luas.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengaji setelah sholat subuh. Selain mendapat pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengaji setelah sholat subuh juga dapat memperluas wawasan kita. Dengan wawasan yang luas, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih sukses dalam hidup.

Menambah keberkahan hidup

Mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Salah satu keutamaannya adalah dapat menambah keberkahan hidup. Keberkahan hidup adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa cukup dan bahagia dengan apa yang dimilikinya, serta selalu merasa bersyukur kepada Allah SWT.

  • Mendapat ridha Allah SWT

    Mengaji setelah sholat subuh merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dengan mengaji, kita akan mendapat ridha dan keberkahan dari Allah SWT. Ridha Allah SWT akan membawa keberkahan dalam segala aspek kehidupan kita.

    Yuk Baca:

    Ungkap Hikmah Jamak Dzuhur dan Ashar, Berapa Rakaatnya?

    Ungkap Hikmah Jamak Dzuhur dan Ashar, Berapa Rakaatnya?
  • Dibukakan pintu rezeki

    Mengaji setelah sholat subuh dapat membuka pintu rezeki. Rezeki tidak hanya berupa materi, tetapi juga kesehatan, kebahagiaan, dan ketenangan hati. Dengan mengaji, kita akan mendapat pertolongan dari Allah SWT dalam mencari rezeki yang halal dan berkah.

  • Dihindarkan dari musibah

    Mengaji setelah sholat subuh dapat menghindarkan kita dari musibah dan bencana. Musibah dan bencana merupakan ujian dari Allah SWT. Dengan mengaji, kita akan mendapat kekuatan dan perlindungan dari Allah SWT sehingga terhindar dari segala musibah dan bencana.

  • Mendapat kemudahan dalam segala urusan

    Mengaji setelah sholat subuh dapat memudahkan kita dalam segala urusan. Urusan yang sulit akan menjadi mudah, dan urusan yang mudah akan menjadi lebih lancar. Hal ini karena dengan mengaji, kita akan mendapat pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT.

Dengan demikian, mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat penting untuk dilakukan. Selain mendapat pahala yang besar, mengaji setelah sholat subuh juga dapat menambah keberkahan hidup kita. Keberkahan hidup akan membuat kita merasa cukup dan bahagia dengan apa yang kita miliki, serta selalu merasa bersyukur kepada Allah SWT.

Menjadi teladan bagi orang lain

Menjadi teladan bagi orang lain merupakan salah satu manfaat penting dari mengaji setelah sholat subuh. Ketika seseorang mengaji setelah sholat subuh, ia akan memancarkan aura positif dan ketenangan yang dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

  • Memperlihatkan nilai-nilai Islam

    Dengan mengaji setelah sholat subuh, seseorang menunjukkan bahwa ia menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, seperti disiplin, kesabaran, dan ketekunan. Hal ini dapat memotivasi orang lain untuk meniru perilaku positif tersebut.

    Yuk Baca:

    Raih 10 Manfaat Dahsyat Doa Rosario yang Jarang Diketahui!

    Raih 10 Manfaat Dahsyat Doa Rosario yang Jarang Diketahui!
  • Menebarkan semangat beribadah

    Ketika seseorang mengaji setelah sholat subuh, ia akan menyebarkan semangat beribadah kepada orang-orang di sekitarnya. Hal ini dapat mendorong orang lain untuk lebih rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  • Menciptakan lingkungan yang positif

    Seseorang yang mengaji setelah sholat subuh akan menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif bagi pertumbuhan spiritual. Hal ini dapat bermanfaat bagi orang lain yang berada di sekitarnya, karena mereka akan terdorong untuk melakukan hal-hal baik dan menghindari perbuatan negatif.

Dengan menjadi teladan bagi orang lain, seseorang yang mengaji setelah sholat subuh dapat berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang lebih religius, harmonis, dan sejahtera. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang menganjurkan umatnya untuk menjadi rahmatan lil ‘alamin, yaitu rahmat bagi seluruh alam.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Mengaji setelah sholat subuh memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun psikologis. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus.

Salah satu penelitian yang mendukung manfaat mengaji setelah sholat subuh adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Al-Azhar, Mesir. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa yang mengaji setelah sholat subuh memiliki konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengaji. Hal ini menunjukkan bahwa mengaji setelah sholat subuh dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan fokus.

Studi kasus lainnya yang menunjukkan manfaat mengaji setelah sholat subuh adalah studi kasus yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan, Jakarta. Studi kasus ini menemukan bahwa pasien yang mengaji setelah sholat subuh mengalami penurunan gejala depresi dan kecemasan. Hal ini menunjukkan bahwa mengaji setelah sholat subuh dapat bermanfaat untuk kesehatan mental, khususnya untuk mengatasi depresi dan kecemasan.

Meskipun terdapat bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat mengaji setelah sholat subuh, namun masih terdapat perdebatan mengenai mekanisme kerja dari manfaat tersebut. Beberapa ahli berpendapat bahwa manfaat mengaji setelah sholat subuh berasal dari ketenangan dan kedamaian yang dirasakan saat mengaji. Sementara ahli lainnya berpendapat bahwa manfaat mengaji setelah sholat subuh berasal dari kandungan ayat-ayat Al-Qur’an yang dapat memberikan ketenangan dan motivasi.

Terlepas dari perdebatan tersebut, bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa mengaji setelah sholat subuh memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun psikologis. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengaji setelah sholat subuh sebagai bagian dari rutinitas harian.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai manfaat mengaji setelah sholat subuh, silakan kunjungi bagian FAQ.

1. Apa saja manfaat mengaji setelah sholat subuh?

Mengaji setelah sholat subuh memiliki banyak manfaat, di antaranya mendapatkan pahala yang besar, mendapat syafaat di akhirat, mencerahkan hati, menjauhkan dari maksiat, mendapat ketenangan jiwa, meningkatkan konsentrasi, memperluas wawasan, menambah keberkahan hidup, dan menjadi teladan bagi orang lain.

2. Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat mengaji setelah sholat subuh?

Ya, terdapat beberapa penelitian ilmiah dan studi kasus yang menunjukkan bahwa mengaji setelah sholat subuh memiliki manfaat, seperti meningkatkan konsentrasi dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

3. Bagaimana cara mengaji setelah sholat subuh dengan benar?

Ada beberapa cara untuk mengaji setelah sholat subuh, di antaranya membaca Al-Qur’an dengan tartil (perlahan dan jelas), membaca terjemahan Al-Qur’an untuk memahami maknanya, atau mendengarkan murottal (bacaan Al-Qur’an) dari qari yang profesional.

4. Apakah ada waktu tertentu yang dianjurkan untuk mengaji setelah sholat subuh?

Waktu yang paling dianjurkan untuk mengaji setelah sholat subuh adalah setelah selesai sholat sunnah qobliyah subuh dan sebelum matahari terbit.

5. Bagaimana jika saya tidak bisa mengaji setelah sholat subuh?

Jika Anda tidak bisa mengaji setelah sholat subuh, Anda tetap bisa mendapatkan pahala dengan membaca dzikir, membaca surat-surat pendek, atau mendengarkan murottal Al-Qur’an.

6. Apakah mengaji setelah sholat subuh hanya bermanfaat bagi orang dewasa?

Tidak, mengaji setelah sholat subuh bermanfaat bagi semua orang, termasuk anak-anak. Mengajarkan anak-anak untuk mengaji setelah sholat subuh dapat menanamkan nilai-nilai Islam dan kebiasaan baik sejak dini.

[/add_faq]

Tips Mengaji setelah Sholat Subuh

Mengaji setelah sholat subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain mendapat pahala yang besar, mengaji setelah sholat subuh juga memiliki banyak manfaat, seperti mencerahkan hati, menjauhkan dari maksiat, mendapat ketenangan jiwa, meningkatkan konsentrasi, memperluas wawasan, menambah keberkahan hidup, dan menjadi teladan bagi orang lain.

1. Siapkan Waktu Khusus

Agar dapat mengaji setelah sholat subuh secara rutin, siapkan waktu khusus untuk mengaji. Misalnya, setelah selesai sholat sunnah qobliyah subuh dan sebelum matahari terbit.

2. Pilih Tempat yang Nyaman

Pilih tempat yang nyaman untuk mengaji, seperti di masjid, musholla, atau di kamar sendiri. Pastikan tempat tersebut tenang dan tidak banyak gangguan.

3. Gunakan Mushaf yang Bagus

Gunakan mushaf Al-Qur’an yang bagus dan mudah dibaca. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus dan nyaman saat mengaji.

4. Baca dengan Tartil

Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, yaitu perlahan dan jelas. Perhatikan setiap huruf dan makhrajnya dengan benar. Hal ini akan membantu Anda untuk memahami makna dari ayat-ayat Al-Qur’an.

5. Renungkan Maknanya

Setelah membaca Al-Qur’an, luangkan waktu untuk merenungkan maknanya. Tuliskan ayat-ayat yang menurut Anda penting atau menginspirasi.

6. Amalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Amalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bertakwa.

7. Ajak Orang Lain

Ajak orang lain untuk mengaji bersama setelah sholat subuh. Hal ini akan membuat Anda lebih semangat dan istiqomah dalam mengaji.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menjadikan mengaji setelah sholat subuh sebagai kebiasaan yang bermanfaat dan penuh berkah.

Kesimpulan

Mengaji setelah sholat subuh merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk dunia maupun untuk akhirat. Dengan mengaji setelah sholat subuh, kita dapat menambah pahala, mendapat syafaat di akhirat, mencerahkan hati, menjauhkan dari maksiat, mendapat ketenangan jiwa, meningkatkan konsentrasi, memperluas wawasan, menambah keberkahan hidup, dan menjadi teladan bagi orang lain.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membiasakan diri mengaji setelah sholat subuh. Dengan menjadikan mengaji setelah sholat subuh sebagai rutinitas harian, kita dapat memperoleh banyak manfaat dan kebaikan, serta menjadi pribadi yang lebih baik dan bertakwa.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *