Ungkap 9 Manfaat Sholat Tahajud yang Bikin Hati Tenang

Indah Nuriksa
By: Indah Nuriksa June Sun 2024
Ungkap 9 Manfaat Sholat Tahajud yang Bikin Hati Tenang

Pengertian sholat tahajud adalah sebuah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam setelah tidur. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa, dan untuk mendapatkan ketenangan hati.

Sholat tahajud biasanya dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Namun, tidak ada ketentuan pasti mengenai waktu pelaksanaannya. Sholat tahajud dapat dikerjakan dengan dua rakaat atau lebih, tergantung kemampuan dan keinginan masing-masing individu.

Bagi umat Islam, sholat tahajud merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Hal ini karena sholat tahajud memiliki banyak manfaat, baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud.

Pengertian Sholat Tahajud dan Manfaatnya

Sholat tahajud adalah ibadah sholat sunnah yang memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • memohon ampunan atas dosa-dosa
  • mendapatkan ketenangan hati
  • menolak bala
  • membuka pintu rezeki
  • menambah pahala
  • meningkatkan derajat di sisi Allah SWT
  • menghindarkan dari siksa kubur
  • memperoleh syafaat di hari kiamat
  • memasuki surga

Sholat tahajud biasanya dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Namun, tidak ada ketentuan pasti mengenai waktu pelaksanaannya. Sholat tahajud dapat dikerjakan dengan dua rakaat atau lebih, tergantung kemampuan dan keinginan masing-masing individu.

Bagi umat Islam, sholat tahajud merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Hal ini karena sholat tahajud memiliki banyak manfaat, baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud.

Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Salah satu manfaat utama dari sholat tahajud adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat istimewa, karena pada waktu inilah seorang hamba dapat berkomunikasi langsung dengan Tuhannya tanpa ada halangan atau gangguan apapun. Melalui sholat tahajud, seorang hamba dapat mencurahkan isi hatinya, memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan memohon pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Sholat Isya Jam 3 Pagi yang Jarang Diketahui

Temukan Rahasia Sholat Isya Jam 3 Pagi yang Jarang Diketahui

Mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui sholat tahajud memiliki banyak manfaat, baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Di dunia, sholat tahajud dapat membantu kita untuk mendapatkan ketenangan hati, ketentraman jiwa, dan kebahagiaan. Sedangkan di akhirat, sholat tahajud dapat menjadi bekal kita untuk memasuki surga dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, bagi umat Islam sangat dianjurkan untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat mudah dan ringan untuk dikerjakan, namun manfaatnya sangat besar. Dengan mengerjakan sholat tahajud, kita dapat semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Memohon Ampunan Atas Dosa-Dosa

Salah satu manfaat utama dari sholat tahajud adalah untuk memohon ampunan atas dosa-dosa. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat istimewa, karena pada waktu inilah seorang hamba dapat berkomunikasi langsung dengan Tuhannya tanpa ada halangan atau gangguan apapun. Melalui sholat tahajud, seorang hamba dapat mencurahkan isi hatinya, memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan memohon pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Memohon ampunan atas dosa-dosa merupakan salah satu tujuan utama dari ibadah sholat. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman: “Dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku.” (QS. Thaha: 14).

Ayat ini menunjukkan bahwa salah satu tujuan dari sholat adalah untuk mengingat Allah SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa kita. Oleh karena itu, sholat tahajud merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk memohon ampunan atas dosa-dosa kita dan memohon pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Yuk Baca:

Temukan Kemudahan Ibadah dengan Sholat Magrib Jamak Isya

Temukan Kemudahan Ibadah dengan Sholat Magrib Jamak Isya

mendapatkan ketenangan hati

Salah satu manfaat utama dari sholat tahajud adalah mendapatkan ketenangan hati. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat istimewa, karena pada waktu inilah seorang hamba dapat berkomunikasi langsung dengan Tuhannya tanpa ada halangan atau gangguan apapun. Melalui sholat tahajud, seorang hamba dapat mencurahkan isi hatinya, memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan memohon pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Ketenangan hati merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Ketenangan hati dapat membuat kita merasa damai, tentram, dan bahagia. Sebaliknya, jika kita tidak memiliki ketenangan hati, kita akan mudah merasa gelisah, stres, dan tertekan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga ketenangan hati kita.

Salah satu cara untuk menjaga ketenangan hati adalah dengan melakukan sholat tahajud. Sholat tahajud dapat membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa kita, dan memohon pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan. Dengan melakukan sholat tahajud, kita dapat merasa lebih tenang, tentram, dan bahagia.

Menolak Bala

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menolak bala. Bala adalah segala sesuatu yang dapat menimpa manusia dan menimbulkan kerugian, seperti musibah, penyakit, atau kecelakaan. Menolak bala merupakan hal yang sangat penting, karena dapat membantu kita terhindar dari berbagai macam bahaya dan malapetaka.

Ada banyak cara untuk menolak bala, salah satunya adalah dengan mengerjakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat istimewa, karena dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir, dimana waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Melalui sholat tahajud, kita dapat memohon kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dari segala macam bala dan malapetaka.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Tersembunyi Kata "Sholat Subuh"

Ungkap Manfaat Tersembunyi Kata "Sholat Subuh"

Selain itu, sholat tahajud juga dapat membantu kita untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Dengan meningkatnya ketakwaan dan keimanan, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan akan lebih mudah untuk mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari-Nya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud, agar terhindar dari segala macam bala dan malapetaka.

Membuka Pintu Rezeki

Salah satu manfaat sholat tahajud yang sangat penting adalah membuka pintu rezeki. Rezeki adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik berupa materi maupun non-materi. Rezeki tidak hanya terbatas pada harta benda, tetapi juga meliputi kesehatan, ilmu pengetahuan, keluarga, dan kebahagiaan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa rezeki hanya dapat diperoleh melalui kerja keras dan usaha yang maksimal. Namun, dalam ajaran Islam, rezeki juga dapat diperoleh melalui doa dan ibadah kepada Allah SWT. Sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan karena dapat membantu membuka pintu rezeki.

Ketika seorang hamba mengerjakan sholat tahajud, ia sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mendekatkan diri kepada Allah SWT akan membuat hati menjadi lebih tenang dan tentram. Hati yang tenang dan tentram akan membuat pikiran menjadi lebih jernih dan fokus. Pikiran yang jernih dan fokus akan membantu kita dalam mencari dan menemukan peluang-peluang rezeki.

Yuk Baca:

Conhea Manfaat Dahsyat Qadha Solat Zuhur dan Ashar

Conhea Manfaat Dahsyat Qadha Solat Zuhur dan Ashar

Selain itu, sholat tahajud juga dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Dengan meningkatnya ketakwaan dan keimanan, kita akan semakin yakin bahwa rezeki itu datangnya dari Allah SWT. Keyakinan ini akan membuat kita lebih semangat dalam bekerja dan berusaha mencari rezeki. Karena kita yakin bahwa Allah SWT akan selalu memberikan rezeki kepada hamba-Nya yang berusaha dan bertawakal kepada-Nya.

menambah pahala

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menambah pahala. Pahala adalah kebaikan yang akan dibalas oleh Allah SWT di akhirat kelak. Setiap amal kebaikan yang kita lakukan akan dibalas dengan pahala, termasuk sholat tahajud.

Pahala sholat tahajud sangat besar, karena sholat tahajud dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir, yaitu waktu yang mustajab untuk berdoa. Selain itu, sholat tahajud juga merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT, karena kita bangun dari tidur untuk melaksanakan ibadah.

Dengan mengerjakan sholat tahajud, kita dapat menambah pahala dan meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT. Pahala yang kita peroleh dari sholat tahajud dapat menjadi bekal kita di akhirat kelak. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud, agar kita dapat memperoleh pahala yang besar dan meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT.

Meningkatkan Derajat di Sisi Allah SWT

Salah satu manfaat utama dari sholat tahajud adalah meningkatkan derajat di sisi Allah SWT. Derajat di sisi Allah SWT adalah tingkatan kehormatan dan kemuliaan yang diberikan kepada seseorang sesuai dengan amal perbuatannya. Semakin banyak amal kebaikan yang dilakukan, semakin tinggi pula derajatnya di sisi Allah SWT.

Yuk Baca:

Ungkap Manfaat Bacaan Sholat Dhuha yang Dikeraskan

Ungkap Manfaat Bacaan Sholat Dhuha yang Dikeraskan

Sholat tahajud merupakan salah satu amal kebaikan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Hal ini karena sholat tahajud dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir, yaitu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Selain itu, sholat tahajud juga merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT, karena kita bangun dari tidur untuk melaksanakan ibadah.

Dengan mengerjakan sholat tahajud secara rutin, kita dapat meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT. Derajat yang tinggi di sisi Allah SWT akan memberikan banyak manfaat bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, kita akan mendapatkan kemuliaan dan kehormatan. Sedangkan di akhirat, kita akan mendapatkan pahala yang besar dan masuk surga.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat mudah dan ringan untuk dikerjakan, namun manfaatnya sangat besar. Dengan mengerjakan sholat tahajud, kita dapat meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT dan mendapatkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

menghindarkan dari siksa kubur

Salah satu manfaat penting dari sholat tahajud adalah menghindarkan dari siksa kubur. Kubur adalah atau alam peralihan antara dunia dan akhirat. Di alam kubur, manusia akan mengalami berbagai macam ujian dan siksaan, sesuai dengan amal perbuatannya semasa hidup di dunia.

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menghindarkan dari siksa kubur. Hal ini karena sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan 10 Manfaat Wirid dan Doa Setelah Sholat Isya untuk Kehidupan yang Lebih Bermakna

Temukan 10 Manfaat Wirid dan Doa Setelah Sholat Isya untuk Kehidupan yang Lebih Bermakna

Dengan mengerjakan sholat tahajud secara rutin, kita dapat terhindar dari siksa kubur. Siksa kubur merupakan salah satu ujian yang sangat berat dan menyakitkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengerjakan sholat tahajud secara rutin agar terhindar dari siksa kubur.

memperoleh syafaat di hari kiamat

Salah satu manfaat penting dari sholat tahajud adalah memperoleh syafaat di hari kiamat. Syafaat adalah pertolongan atau pembelaan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di hari kiamat. Syafaat hanya dapat diberikan oleh orang-orang yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah SWT, seperti para nabi, rasul, dan orang-orang yang shaleh.

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memperoleh syafaat di hari kiamat. Hal ini karena sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Dengan mengerjakan sholat tahajud secara rutin, kita dapat memperoleh syafaat di hari kiamat. Syafaat di hari kiamat merupakan pertolongan yang sangat penting, karena pada hari itu manusia akan sangat membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengerjakan sholat tahajud secara rutin agar memperoleh syafaat di hari kiamat.

memasuki surga

Salah satu manfaat utama dari sholat tahajud adalah memasuki surga. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan, yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan beramal shaleh.

Yuk Baca:

Temukan Keajaiban Dzikir Usai Sholat Ashar

Temukan Keajaiban Dzikir Usai Sholat Ashar
  • Keutamaan Sholat Tahajud

    Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat membuka pintu surga. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat tahajud, maka Allah akan membukakan baginya pintu-pintu surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Meningkatkan Derajat di Sisi Allah SWT

    Sholat tahajud juga dapat meningkatkan derajat seorang hamba di sisi Allah SWT. Dengan mengerjakan sholat tahajud, seorang hamba menunjukkan ketaatan dan kecintaannya kepada Allah SWT. Hal ini akan membuat Allah SWT ridha dan meningkatkan derajat hamba-Nya di surga.

  • Menghapus Dosa-Dosa

    Sholat tahajud juga dapat menghapus dosa-dosa seorang hamba. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi: “Sholat tahajud itu menghapus dosa-dosa dan meninggikan derajat.” (HR. At-Tirmidzi)

  • Menjadi Bekal di Akhirat

    Sholat tahajud juga merupakan bekal yang sangat berharga di akhirat kelak. Dengan mengerjakan sholat tahajud, seorang hamba telah mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan di akhirat yang penuh dengan kesulitan dan cobaan.

Dengan demikian, mengerjakan sholat tahajud secara rutin merupakan salah satu cara untuk memasuki surga dan mendapatkan kenikmatan serta kebahagiaan yang abadi.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun kesehatan. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus.

Salah satu studi kasus yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mehmet Oz, seorang ahli bedah jantung terkenal. Dalam penelitiannya, Dr. Oz menemukan bahwa sholat tahajud dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, sholat tahajud juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Studi kasus lainnya yang mendukung manfaat sholat tahajud adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard. Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa sholat tahajud dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, sholat tahajud juga dapat membantu mengatasi gejala depresi dan kecemasan.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat sholat tahajud, namun bukti ilmiah dan studi kasus yang ada saat ini menunjukkan bahwa sholat tahajud memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat sholat tahajud tidak hanya terbatas pada manfaat kesehatan. Sholat tahajud juga memiliki manfaat spiritual yang sangat besar, seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat mudah dan ringan untuk dikerjakan, namun manfaatnya sangat besar, baik secara fisik maupun spiritual.

Selain bukti ilmiah dan studi kasus, terdapat juga banyak pengalaman pribadi dari umat Islam yang telah merasakan manfaat sholat tahajud. Pengalaman-pengalaman pribadi ini semakin memperkuat bukti bahwa sholat tahajud memiliki banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sholat tahajud adalah ibadah yang sangat bermanfaat, baik secara fisik maupun spiritual. Umat Islam sangat dianjurkan untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud agar dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa.

Bagi umat Islam yang belum terbiasa mengerjakan sholat tahajud, dapat memulai dengan mengerjakan sholat tahajud dua rakaat saja. Kemudian, secara bertahap dapat ditambah jumlah rakaatnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan motivasi bagi umat Islam untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud.

Pertanyaan Umum tentang Sholat Tahajud dan Manfaatnya

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang sholat tahajud dan manfaatnya:

1. Apa itu sholat tahajud?-
Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur.
2. Apa manfaat sholat tahajud?-
Manfaat sholat tahajud sangat banyak, di antaranya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa, mendapatkan ketenangan hati, menolak bala, membuka pintu rezeki, menambah pahala, meningkatkan derajat di sisi Allah SWT, menghindarkan dari siksa kubur, memperoleh syafaat di hari kiamat, dan memasuki surga.
3. Kapan waktu sholat tahajud?-
Waktu sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir.
4. Berapa rakaat sholat tahajud?-
Sholat tahajud dapat dikerjakan dengan dua rakaat atau lebih, tergantung kemampuan dan keinginan masing-masing individu.
5. Apakah sholat tahajud wajib dikerjakan?-
Sholat tahajud adalah ibadah sunnah, sehingga tidak wajib dikerjakan.
6. Apa keutamaan sholat tahajud?-
Keutamaan sholat tahajud sangat banyak, di antaranya adalah dapat menghapus dosa-dosa, meningkatkan derajat di sisi Allah SWT, dan memperoleh syafaat di hari kiamat.

Tips Menjalankan Sholat Tahajud dan Mendapatkan Manfaatnya

Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Namun, tidak semua orang dapat menjalankan sholat tahajud dengan baik dan istiqomah.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menjalankan sholat tahajud dengan baik dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal:

1. Niat yang Kuat

Niat adalah hal yang sangat penting dalam beribadah. Niatkanlah sholat tahajud Anda karena Allah SWT dan untuk mendapatkan manfaat-manfaatnya.

2. Tentukan Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Namun, Anda dapat menyesuaikan waktu sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Siapkan Diri dengan Baik

Sebelum melaksanakan sholat tahajud, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik. Berwudhulah dengan sempurna, kenakan pakaian yang bersih, dan cari tempat yang tenang untuk sholat.

4. Khusyuk dan Fokus

Saat melaksanakan sholat tahajud, usahakan untuk khusyuk dan fokus. Hindari pikiran-pikiran yang mengganggu dan konsentrasikan diri Anda pada ibadah Anda.

5. Perbanyak Doa dan Dzikir

Sholat tahajud adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan berdzikir. Perbanyaklah doa dan dzikir Anda selama sholat tahajud.

6. Istiqomah

Istiqomah adalah kunci utama dalam beribadah. Usahakan untuk melaksanakan sholat tahajud secara rutin dan istiqomah, meskipun hanya dua rakaat saja.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah Anda akan dapat menjalankan sholat tahajud dengan baik dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Kesimpulan

Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Manfaat-manfaat tersebut antara lain mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa, mendapatkan ketenangan hati, menolak bala, membuka pintu rezeki, menambah pahala, meningkatkan derajat di sisi Allah SWT, menghindarkan dari siksa kubur, memperoleh syafaat di hari kiamat, dan memasuki surga.

Umat Islam sangat dianjurkan untuk membiasakan diri mengerjakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah ibadah yang sangat mudah dan ringan untuk dikerjakan, namun manfaatnya sangat besar.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *