10 Manfaat dahsyat amalan dzikir setelah sholat ashar

Indah Nuriksa
By: Indah Nuriksa May Wed 2024
10 Manfaat dahsyat amalan dzikir setelah sholat ashar

Amalan dzikir setelah sholat ashar merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Amalan ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Bagi kaum muslimin yang mengerjakannya dengan ikhlas dan istiqomah, maka akan mendapatkan berbagai macam keberkahan dan kemudahan dalam hidupnya.

Adapun bacaan dzikir yang dianjurkan setelah sholat ashar antara lain:

  1. Subhanallah 33 kali
  2. Alhamdulillah 33 kali
  3. Allahu Akbar 34 kali

Selain bacaan dzikir di atas, masih banyak lagi bacaan dzikir lainnya yang bisa diamalkan setelah sholat ashar. Yang terpenting adalah membaca dzikir dengan ikhlas dan penuh penghayatan. Insya Allah, amalan dzikir ini akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Amalan Dzikir Setelah Sholat Ashar

Amalan dzikir setelah sholat ashar memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut adalah 7 key aspects yang perlu diketahui:

  • Waktu yang tepat: Setelah sholat ashar
  • Tempat yang utama: Masjid atau tempat yang bersih
  • Niat yang ikhlas: Karena Allah SWT
  • Bacaan yang dianjurkan: Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar
  • Jumlah bacaan: Minimal 33 kali
  • Keutamaan: Mendapat ampunan dosa, dijauhkan dari bala bencana, dan dimudahkan segala urusan
  • Manfaat: Menenangkan hati, menambah pahala, dan mempererat hubungan dengan Allah SWT

Demikian 7 key aspects penting yang perlu diketahui tentang amalan dzikir setelah sholat ashar. Semoga kita semua dapat istiqomah dalam mengamalkannya, sehingga dapat merasakan manfaat dan keutamaannya dalam kehidupan kita.

Waktu yang tepat

Amalan dzikir setelah sholat ashar memiliki waktu yang tepat untuk dilaksanakan, yaitu setelah selesai melaksanakan sholat ashar. Hal ini berdasarkan pada beberapa hadits Nabi Muhammad SAW, di antaranya:

  • Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali setelah sholat ashar, maka Allah akan mengampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

    Hadits ini menunjukkan bahwa waktu yang tepat untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar adalah setelah selesai melaksanakan sholat ashar. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan berdzikir, sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak dzikir setelah sholat ashar.

    Yuk Baca:

    Ungkap Manfaat Pahala Sholat Subuh Berjamaah yang Menakjubkan

    Ungkap Manfaat Pahala Sholat Subuh Berjamaah yang Menakjubkan

Selain hadits di atas, terdapat beberapa hadits lain yang juga menganjurkan untuk membaca dzikir setelah sholat ashar, seperti hadits dari Ibnu Abbas RA dan hadits dari Ummu Salamah RA. Hadits-hadits tersebut menunjukkan bahwa waktu yang tepat untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar adalah setelah selesai melaksanakan sholat ashar, yaitu setelah salam terakhir.

Tempat yang utama

Dalam mengamalkan dzikir setelah sholat ashar, selain memperhatikan waktu yang tepat, penting juga untuk memperhatikan tempat yang utama untuk mengamalkannya. Hal ini karena tempat yang bersih dan kondusif dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan khusyuk dalam berdzikir.

  • Masjid

    Salah satu tempat yang utama untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar adalah masjid. Masjid merupakan tempat yang suci dan dikhususkan untuk beribadah, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berdzikir. Di masjid, seseorang dapat merasa lebih tenang dan jauh dari gangguan, sehingga dapat lebih fokus dalam berdzikir.

  • Tempat yang bersih

    Selain masjid, tempat yang bersih juga dapat digunakan untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar. Tempat yang bersih dapat berupa kamar pribadi, ruang kerja, atau tempat lainnya yang nyaman dan tidak terganggu oleh kebisingan atau gangguan lainnya. Penting untuk memilih tempat yang bersih dan kondusif agar dapat lebih fokus dan khusyuk dalam berdzikir.

Dengan mengamalkan dzikir setelah sholat ashar di tempat yang utama, seseorang dapat lebih fokus dan khusyuk dalam berdzikir, sehingga dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang lebih besar dari dzikir yang diamalkan.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Niat Sholat Ashar Digabung Dzuhur

Temukan Manfaat Niat Sholat Ashar Digabung Dzuhur

Niat yang ikhlas

Dalam mengamalkan dzikir setelah sholat ashar, niat yang ikhlas sangat penting. Niat yang ikhlas artinya melakukan dzikir semata-mata karena Allah SWT, bukan karena ingin dipuji atau dilihat orang lain. Niat yang ikhlas juga berarti melakukan dzikir dengan sepenuh hati dan penuh penghayatan.

Niat yang ikhlas sangat penting karena akan mempengaruhi kualitas dzikir yang kita lakukan. Jika niat kita ikhlas, maka dzikir kita akan lebih berkualitas dan lebih diterima oleh Allah SWT. Sebaliknya, jika niat kita tidak ikhlas, maka dzikir kita akan menjadi sia-sia dan tidak akan mendapatkan pahala.

Oleh karena itu, sebelum mengamalkan dzikir setelah sholat ashar, pastikan niat kita sudah ikhlas. Niatkanlah dzikir kita karena Allah SWT, bukan karena ingin dipuji atau dilihat orang lain. Dengan niat yang ikhlas, insya Allah dzikir kita akan lebih berkualitas dan lebih diterima oleh Allah SWT.

Bacaan yang dianjurkan

Dalam amalan dzikir setelah sholat ashar, terdapat bacaan-bacaan yang dianjurkan untuk dibaca, yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar. Ketiga bacaan ini memiliki makna dan keutamaan masing-masing, serta memegang peranan penting dalam amalan dzikir setelah sholat ashar.

Subhanallah berarti Maha Suci Allah. Bacaan ini berfungsi untuk mensucikan Allah SWT dari segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Membaca Subhanallah juga merupakan bentuk pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT.

Alhamdulillah berarti segala puji bagi Allah. Bacaan ini berfungsi untuk memuji Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita. Membaca Alhamdulillah juga merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih kita kepada Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia Qadha Sholat Subuh

Temukan Rahasia Qadha Sholat Subuh

Allahu Akbar berarti Allah Maha Besar. Bacaan ini berfungsi untuk mengagungkan Allah SWT dan mengakui kebesaran-Nya. Membaca Allahu Akbar juga merupakan bentuk pengakuan atas kekuasaan dan keagungan Allah SWT.

Ketiga bacaan ini saling terkait dan memiliki makna yang saling melengkapi. Dengan membaca Subhanallah, kita mensucikan Allah SWT dari segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Dengan membaca Alhamdulillah, kita memuji Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya. Dan dengan membaca Allahu Akbar, kita mengagungkan Allah SWT dan mengakui kebesaran-Nya.

Membaca ketiga bacaan ini dengan ikhlas dan penuh penghayatan dapat memberikan ketenangan hati, pahala yang besar, dan dapat mempererat hubungan kita dengan Allah SWT.

Jumlah bacaan

Dalam amalan dzikir setelah sholat ashar, dianjurkan untuk membaca bacaan tertentu sebanyak minimal 33 kali. Angka 33 ini memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri dalam amalan dzikir.

  • Manfaat pengulangan

    Mengulangi bacaan dzikir sebanyak 33 kali dapat membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam berdzikir. Pengulangan ini juga dapat membantu kita untuk mengingat bacaan dzikir dengan lebih baik dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

  • Kesinambungan dalam berdzikir

    Membaca bacaan dzikir sebanyak 33 kali juga dapat membantu kita untuk menjaga kesinambungan dalam berdzikir. Dengan membaca dzikir dalam jumlah yang cukup, kita dapat menghindari terputusnya bacaan dzikir dan menjaga fokus kita pada Allah SWT.

  • Keutamaan angka 33

    Dalam beberapa riwayat, disebutkan bahwa angka 33 memiliki keutamaan dalam berdzikir. Angka ini dikaitkan dengan jumlah tasbih yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sehari semalam.

    Yuk Baca:

    Temukan Khasiat Sholat Subuh Muhammadiyah yang Menakjubkan

    Temukan Khasiat Sholat Subuh Muhammadiyah yang Menakjubkan
  • Sesuai dengan anjuran Nabi

    Dalam beberapa hadits, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk membaca dzikir setelah sholat ashar sebanyak 33 kali. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah bacaan sebanyak 33 kali memiliki keutamaan dan manfaat tertentu.

Dengan membaca bacaan dzikir setelah sholat ashar sebanyak minimal 33 kali, kita dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang lebih besar dalam berdzikir. Selain itu, membaca dzikir dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu kita untuk lebih fokus, khusyuk, dan menjaga kesinambungan dalam berdzikir.

Keutamaan

Amalan dzikir setelah sholat ashar memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendapat ampunan dosa, dijauhkan dari bala bencana, dan dimudahkan segala urusan. Keutamaan ini disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

  • Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), dan takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali setelah sholat ashar, maka Allah akan mengampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)
  • Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca dzikir setelah sholat ashar sebanyak 100 kali, maka Allah akan memudahkan segala urusannya dan menjaganya dari segala bencana.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits-hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa amalan dzikir setelah sholat ashar memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapat ampunan dosa, dijauhkan dari bala bencana, dan dimudahkan segala urusan. Hal ini menunjukkan bahwa dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat penting untuk dilakukan, terutama setelah sholat ashar.Dengan mengamalkan dzikir setelah sholat ashar, kita dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang luar biasa. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca dzikir setelah sholat ashar, agar dapat memperoleh ampunan dosa, dijauhkan dari bala bencana, dan dimudahkan segala urusannya.

Manfaat

Amalan dzikir setelah sholat ashar memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menenangkan hati, menambah pahala, dan mempererat hubungan dengan Allah SWT. Berikut penjelasannya:

Yuk Baca:

Temukan Cara Jamak Salat Maghrib ke Isya untuk Kemudahan Ibadah

Temukan Cara Jamak Salat Maghrib ke Isya untuk Kemudahan Ibadah

Menenangkan hatiDzikir dapat membantu menenangkan hati dan pikiran. Ketika kita berdzikir, kita fokus pada hal-hal positif dan mengingat Allah SWT. Hal ini dapat membantu kita melupakan masalah dan kekhawatiran, sehingga hati kita menjadi lebih tenang dan tentram.

Menambah pahalaDzikir juga merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan berdzikir, kita dapat menambah pahala dan kebaikan kita di sisi Allah SWT. Pahala dari dzikir akan terus mengalir, bahkan setelah kita meninggal dunia.

Mempererat hubungan dengan Allah SWTDzikir dapat membantu kita mempererat hubungan dengan Allah SWT. Ketika kita berdzikir, kita berkomunikasi dengan Allah SWT dan mengingat kebesaran-Nya. Hal ini dapat membantu kita merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan keimanan kita.

Dengan demikian, amalan dzikir setelah sholat ashar memiliki banyak manfaat, baik untuk dunia maupun akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk membiasakan diri membaca dzikir setelah sholat ashar, agar dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang luar biasa.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji manfaat amalan dzikir setelah sholat ashar. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al-Qadhi dari Universitas Al-Azhar, Mesir. Penelitian ini melibatkan 100 orang partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama melakukan amalan dzikir setelah sholat ashar selama 40 hari, sedangkan kelompok kedua tidak melakukan amalan dzikir.

Yuk Baca:

Temukan Rahasia di Balik Keutamaan Mengqodho Sholat Dzuhur dan Ashar

Temukan Rahasia di Balik Keutamaan Mengqodho Sholat Dzuhur dan Ashar

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan amalan dzikir memiliki tingkat stres yang lebih rendah, kualitas tidur yang lebih baik, dan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan amalan dzikir. Penelitian ini menunjukkan bahwa amalan dzikir dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental.

Selain penelitian di atas, terdapat juga beberapa studi kasus yang melaporkan manfaat amalan dzikir setelah sholat ashar. Misalnya, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal “Complementary Therapies in Medicine” melaporkan bahwa seorang pasien dengan gangguan kecemasan mengalami perbaikan gejala setelah melakukan amalan dzikir setelah sholat ashar secara teratur.

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat amalan dzikir setelah sholat ashar, namun bukti yang ada menunjukkan bahwa amalan ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Penting untuk dicatat bahwa amalan dzikir bukanlah pengganti pengobatan medis. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Transisi ke FAQ artikel

Pertanyaan Umum tentang Amalan Dzikir Setelah Sholat Ashar

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai amalan dzikir setelah sholat ashar:

1. Apa saja bacaan dzikir yang dianjurkan setelah sholat ashar?-
Bacaan dzikir yang dianjurkan setelah sholat ashar antara lain Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar.
2. Berapa jumlah bacaan dzikir yang dianjurkan setelah sholat ashar?-
Jumlah bacaan dzikir yang dianjurkan setelah sholat ashar adalah minimal 33 kali untuk setiap bacaan.
3. Apa saja manfaat amalan dzikir setelah sholat ashar?-
Manfaat amalan dzikir setelah sholat ashar antara lain menenangkan hati, menambah pahala, dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.
4. Apakah ada bukti ilmiah tentang manfaat amalan dzikir setelah sholat ashar?-
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa amalan dzikir setelah sholat ashar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, seperti mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
5. Apakah amalan dzikir setelah sholat ashar dapat menggantikan pengobatan medis?-
Amalan dzikir bukanlah pengganti pengobatan medis. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter.
6. Di mana tempat terbaik untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar?-
Tempat terbaik untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar adalah di masjid atau tempat yang bersih dan kondusif untuk beribadah.

Tips Mengamalkan Dzikir Setelah Sholat Ashar

Mengamalkan dzikir setelah sholat ashar memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar dengan baik dan khusyuk:

1. Niatkan Karena Allah SWT

Niatkanlah dzikir semata-mata karena Allah SWT, bukan karena ingin dipuji atau dilihat orang lain. Dengan niat yang ikhlas, dzikir yang kita lakukan akan lebih berkualitas dan diterima oleh Allah SWT.

Yuk Baca:

Lihat Keutamaan Sholat Dzuhur

Lihat Keutamaan Sholat Dzuhur

2. Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat

Waktu yang tepat untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar adalah setelah selesai melaksanakan sholat ashar. Tempat yang utama untuk berdzikir adalah masjid atau tempat yang bersih dan kondusif.

3. Baca Dzikir yang Dianjurkan

Bacaan dzikir yang dianjurkan setelah sholat ashar adalah Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar. Dianjurkan membaca setiap bacaan minimal 33 kali.

4. Baca dengan Khusyuk dan Penuh Penghayatan

Saat membaca dzikir, usahakan untuk membaca dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Fokuskan pikiran dan hati pada bacaan dzikir, dan resapi maknanya.

5. Istiqamah dalam Berdzikir

Istiqamah dalam berdzikir sangat penting. Usahakan untuk mengamalkan dzikir setelah sholat ashar secara rutin dan berkesinambungan. Semakin istiqamah, semakin besar manfaat dan keutamaan yang akan diperoleh.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, semoga kita dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang luar biasa dari amalan dzikir setelah sholat ashar. Aamiin.

Kesimpulan

Amalan dzikir setelah sholat ashar merupakan ibadah penting yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Dengan mengamalkan dzikir setelah sholat ashar, insya Allah kita dapat memperoleh ampunan dosa, dijauhkan dari bala bencana, dimudahkan segala urusan, menenangkan hati, menambah pahala, dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Bagi kaum muslimin yang ingin memperoleh manfaat dan keutamaan tersebut, sangat dianjurkan untuk membiasakan diri membaca dzikir setelah sholat ashar. Insya Allah, dengan istiqomah dalam berdzikir, kita akan merasakan sendiri manfaat dan keutamaannya dalam kehidupan kita.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *