Ungkap 5 Manfaat Sholat Qobliyah Ashar 4 Rakaat yang Menakjubkan

Moh Sutrisno
By: Moh Sutrisno May Thu 2024
Ungkap 5 Manfaat Sholat Qobliyah Ashar 4 Rakaat yang Menakjubkan

Sholat qobliyah ashar adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum sholat ashar. Sholat ini terdiri dari empat rakaat dan memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

1. Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

2. Mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat.

3. Diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

4. Dijaga dari siksa kubur.

5. Dimudahkan masuk surga.

Cara mengerjakan sholat qobliyah ashar sama dengan sholat sunnah lainnya, yaitu:

1. Niat di dalam hati.

2. Takbiratul ihram.

3. Membaca surat Al-Fatihah.

4. Membaca surat pendek.

5. Rukuk.

6. Itidal.

7. Sujud.

8. Duduk di antara dua sujud.

9. Sujud.

10. Tasyahud akhir.

11. Salam.

Sholat qobliyah ashar dapat dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah. Waktu pelaksanaannya adalah mulai dari masuknya waktu ashar hingga sebelum sholat ashar didirikan.

Sholat Qobliyah Ashar 4 Rakaat

Sholat qobliyah ashar merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat ashar. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapat pahala besar
  • Mendapat syafaat Rasulullah SAW
  • Diampuni dosa-dosanya
  • Dijaga dari siksa kubur
  • Dimudahkan masuk surga
  • Dikerjakan 4 rakaat
  • Dikerjakan sebelum sholat ashar
  • Dapat dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah

Sholat qobliyah ashar dapat menjadi salah satu amalan yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dengan mengerjakan sholat ini, kita berharap dapat memperoleh pahala yang besar dan syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat kelak.

Mendapat Pahala Besar

Salah satu keutamaan sholat qobliyah ashar adalah mendapat pahala besar dari Allah SWT. Pahala ini diberikan karena sholat qobliyah ashar merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, mengerjakan sholat sunnah juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Yuk Baca:

Temukan Keajaiban Dzikir Usai Sholat Ashar

Temukan Keajaiban Dzikir Usai Sholat Ashar

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mengerjakan sholat sunnah qobliyah ashar sebanyak empat rakaat, maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala orang yang mengerjakan sholat fardhu sebanyak dua belas rakaat.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits tersebut, kita dapat memahami bahwa pahala yang diberikan Allah SWT untuk sholat qobliyah ashar sangatlah besar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengerjakan sholat sunnah ini agar dapat memperoleh pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Mendapat Syafaat Rasulullah SAW

Salah satu keutamaan sholat qobliyah ashar adalah mendapat syafaat Rasulullah SAW di akhirat. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah SWT kepada orang lain yang membutuhkan pertolongan tersebut.

Rasulullah SAW memiliki kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT, sehingga syafaat beliau sangatlah berharga. Beliau berhak memberikan syafaat kepada siapa saja yang dikehendakinya, termasuk kepada umatnya yang mengerjakan sholat qobliyah ashar.

  • Syafaat KhususSyafaat yang diberikan Rasulullah SAW kepada orang yang mengerjakan sholat qobliyah ashar adalah syafaat khusus, yaitu syafaat yang diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Syafaat ini diberikan kepada orang-orang yang beriman, beramal saleh, dan taat kepada ajaran Islam.
  • Syafaat UmumSelain syafaat khusus, Rasulullah SAW juga memberikan syafaat umum kepada seluruh umatnya, tanpa terkecuali. Syafaat ini diberikan kepada semua umat Islam, baik yang beriman maupun yang tidak beriman, baik yang beramal saleh maupun yang berbuat dosa. Namun, syafaat umum ini tidak akan menyelamatkan orang-orang yang telah melakukan dosa besar dan tidak mau bertaubat.

Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar, kita berharap dapat memperoleh syafaat Rasulullah SAW di akhirat kelak. Syafaat ini akan sangat berguna bagi kita untuk mendapatkan ampunan dosa dan masuk surga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengerjakan sholat sunnah ini agar dapat memperoleh syafaat yang berharga dari Rasulullah SAW.

Diampuni Dosa-dosanya

Salah satu keutamaan sholat qobliyah ashar adalah diampuni dosa-dosanya. Pengampunan dosa ini diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang mengerjakan sholat qobliyah ashar dengan ikhlas dan benar.

Yuk Baca:

Temukan 7 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Usai Subuh

Temukan 7 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Usai Subuh
  • Penghapus Dosa Kecil

    Sholat qobliyah ashar dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan oleh seseorang. Dosa-dosa kecil ini meliputi dosa yang dilakukan secara tidak sengaja, dosa yang dilakukan karena khilaf, dan dosa yang dilakukan karena terbawa hawa nafsu.

  • Penggugur Dosa Besar

    Selain menghapus dosa-dosa kecil, sholat qobliyah ashar juga dapat menggugurkan dosa-dosa besar. Namun, pengguguran dosa besar ini hanya diberikan kepada orang yang benar-benar bertaubat dan menyesali dosa-dosanya.

Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar, kita berharap dapat memperoleh ampunan dosa dari Allah SWT. Ampunan dosa ini akan sangat berguna bagi kita untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kita dan mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat.

Dijaga dari siksa kubur

Salah satu keutamaan sholat qobliyah ashar adalah dijaga dari siksa kubur. Siksa kubur adalah siksaan yang diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang berdosa di alam kubur. Siksaan ini dapat berupa siksaan fisik, seperti panasnya api neraka, atau siksaan batin, seperti penyesalan dan kesedihan.

  • Melindungi dari siksa kubur

    Sholat qobliyah ashar dapat melindungi seseorang dari siksa kubur. Hal ini karena sholat qobliyah ashar merupakan salah satu amalan yang dapat menghapus dosa-dosa. Dengan terhapusnya dosa-dosa, maka seseorang akan terhindar dari siksa kubur.

  • Memberikan ketenangan di alam kubur

    Selain melindungi dari siksa kubur, sholat qobliyah ashar juga dapat memberikan ketenangan di alam kubur. Hal ini karena sholat qobliyah ashar merupakan amalan yang dapat melapangkan hati dan memberikan ketenangan jiwa. Dengan ketenangan hati dan jiwa, seseorang akan merasa lebih tenang dan damai di alam kubur.

    Yuk Baca:

    Ungkap 5 Keutamaan Doa Usai Subuh

    Ungkap 5 Keutamaan Doa Usai Subuh

Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar, kita berharap dapat terhindar dari siksa kubur dan mendapatkan ketenangan di alam kubur. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengerjakan sholat sunnah ini agar dapat memperoleh manfaat yang besar di alam kubur.

Dimudahkan masuk surga

Salah satu keutamaan sholat qobliyah ashar adalah dimudahkan masuk surga. Surga merupakan tempat yang sangat indah dan penuh kenikmatan, yang dijanjikan Allah SWT kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Orang-orang yang mengerjakan sholat qobliyah ashar termasuk dalam golongan orang yang beriman dan beramal saleh, sehingga mereka berhak mendapatkan pahala surga.

  • Meningkatkan keimanan

    Sholat qobliyah ashar dapat meningkatkan keimanan seseorang. Hal ini karena sholat qobliyah ashar merupakan ibadah yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan semakin dekat kepada Allah SWT, keimanan seseorang akan semakin kuat.

  • Menghapus dosa-dosa

    Sholat qobliyah ashar dapat menghapus dosa-dosa seseorang. Hal ini karena sholat qobliyah ashar merupakan salah satu amalan yang dapat menghapus dosa-dosa. Dengan terhapusnya dosa-dosa, seseorang akan lebih mudah masuk surga.

  • Mendapat syafaat Rasulullah SAW

    Sholat qobliyah ashar dapat menjadi salah satu sebab seseorang mendapat syafaat Rasulullah SAW di akhirat. Syafaat Rasulullah SAW sangatlah berharga, karena dapat membantu seseorang masuk surga dan terhindar dari siksa neraka.

  • Meningkatkan amal saleh

    Sholat qobliyah ashar dapat meningkatkan amal saleh seseorang. Hal ini karena sholat qobliyah ashar merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan mengerjakan sholat sunnah, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar, sehingga amal salehnya akan semakin banyak.

    Yuk Baca:

    Ungkap 5 Manfaat Qadha Shalat Dhuhur dan Ashar yang Menakjubkan

    Ungkap 5 Manfaat Qadha Shalat Dhuhur dan Ashar yang Menakjubkan

Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar, kita berharap dapat dimudahkan masuk surga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengerjakan sholat sunnah ini agar dapat memperoleh manfaat yang besar di akhirat kelak.

Dikerjakan 4 Rakaat

Sholat qobliyah ashar merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak 4 rakaat. Jumlah rakaat ini memiliki beberapa keutamaan dan hikmah, di antaranya:

  • Mengikuti Sunnah Rasulullah SAWJumlah 4 rakaat pada sholat qobliyah ashar sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Beliau menganjurkan umatnya untuk mengerjakan sholat sunnah sebelum ashar sebanyak 4 rakaat.
  • Mendapatkan Pahala SunnahSetiap rakaat sholat sunnah memiliki pahala tersendiri. Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar sebanyak 4 rakaat, maka akan mendapatkan pahala sunnah yang berlipat ganda.
  • Menambah Kekhusyukan Sholat AsharMengerjakan sholat qobliyah ashar sebelum sholat ashar dapat menambah kekhusyukan dalam melaksanakan sholat ashar. Hal ini karena hati dan pikiran telah dipersiapkan dengan sholat sunnah sebelumnya.
  • Mempermudah PelaksanaanJumlah 4 rakaat pada sholat qobliyah ashar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jumlah ini cukup untuk mendapatkan pahala sunnah dan mempersiapkan diri untuk sholat ashar, namun tidak terlalu memberatkan sehingga mudah untuk dilaksanakan.

Dengan memahami keutamaan dan hikmah di balik jumlah 4 rakaat pada sholat qobliyah ashar, diharapkan dapat meningkatkan semangat kita untuk mengerjakan sholat sunnah ini dan mendapatkan manfaatnya.

Dikerjakan sebelum sholat ashar

Sholat qobliyah ashar merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat ashar. Pelaksanaan sholat qobliyah ashar sebelum sholat ashar memiliki beberapa hikmah di antaranya:

  • Sebagai Persiapan Rohani

    Mengerjakan sholat qobliyah ashar sebelum sholat ashar dapat menjadi persiapan rohani sebelum melaksanakan sholat fardhu ashar. Dengan melaksanakan sholat sunnah terlebih dahulu, diharapkan hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan fokus, sehingga dapat melaksanakan sholat ashar dengan lebih khusyuk.

  • Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

    Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengerjakan sholat sunnah sebelum sholat ashar. Hal ini menunjukkan bahwa mengerjakan sholat qobliyah ashar sebelum sholat ashar merupakan amalan yang baik dan dianjurkan.

  • Menambah Pahala

    Setiap sholat sunnah yang dikerjakan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar sebelum sholat ashar, maka akan mendapatkan pahala tambahan selain pahala sholat ashar.

  • Mempererat Ukhuwah Islamiyah

    Bagi yang mengerjakan sholat qobliyah ashar berjamaah di masjid, maka akan mempererat ukhuwah Islamiyah sesama umat Islam. Sholat berjamaah dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan.

    Yuk Baca:

    Ungkap Manfaat Dahsyat Sholat Dzuhur Berjamaah

    Ungkap Manfaat Dahsyat Sholat Dzuhur Berjamaah

Dengan memahami hikmah di balik pelaksanaan sholat qobliyah ashar sebelum sholat ashar, diharapkan dapat meningkatkan semangat kita untuk mengerjakan sholat sunnah ini dan mendapatkan manfaatnya.

Dapat dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah

Sholat qobliyah ashar adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum menunaikan sholat ashar. Selain memiliki keutamaan yang besar, sholat qobliyah ashar juga fleksibel dalam hal cara pengerjaannya.

  • Dapat Dikerjakan Sendiri-Sendiri

    Bagi yang tidak memungkinkan untuk mengerjakan sholat qobliyah ashar secara berjamaah, maka dapat mengerjakannya sendiri-sendiri di rumah atau tempat lainnya.

  • Dapat Dikerjakan Berjamaah

    Bagi yang memiliki waktu dan kesempatan, sangat dianjurkan untuk mengerjakan sholat qobliyah ashar secara berjamaah di masjid. Sholat berjamaah memiliki keutamaan yang lebih besar dari sholat sendiri-sendiri

Dengan demikian, sholat qobliyah ashar dapat dikerjakan sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-masing individu. Yang terpenting adalah niat untuk melaksanakan ibadah sunnah ini dan memperoleh keutamaannya.

Kajian Ilmiah dan Studi Kasus

Sholat qobliyah ashar sebagai salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan, telah menjadi objek kajian ilmiah dan studi kasus untuk membuktikan keutamaannya. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji dampak positif dari sholat qobliyah ashar terhadap kesehatan fisik dan mental.

Salah satu studi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia menunjukkan bahwa sholat qobliyah ashar dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. Hormon kortisol diketahui dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, gangguan tidur, dan kecemasan. Dengan menurunkan kadar kortisol, sholat qobliyah ashar dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Sholat Jamak Isya untuk Ibadah Lebih Khusyuk

Temukan Manfaat Sholat Jamak Isya untuk Ibadah Lebih Khusyuk

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menemukan bahwa sholat qobliyah ashar dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus. Gerakan sholat yang teratur dan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an dapat membantu melatih fokus dan konsentrasi, sehingga dapat bermanfaat bagi aktivitas sehari-hari, seperti belajar dan bekerja.

Namun, perlu dicatat bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat bukti ilmiah mengenai manfaat sholat qobliyah ashar. Meskipun demikian, studi-studi yang telah dilakukan memberikan indikasi positif tentang dampak positif ibadah ini terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Para ahli kesehatan dan agama mendorong masyarakat untuk mengkritisi bukti ilmiah yang ada dan mempertimbangkan untuk memasukkan sholat qobliyah ashar ke dalam rutinitas harian mereka. Selain manfaat kesehatan, sholat qobliyah ashar juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan memperoleh pahala.

Beralih ke bagian selanjutnya, di mana kami akan menjawab pertanyaan yang sering diajukan tentang sholat qobliyah ashar.

Pertanyaan Umum tentang Sholat Qobliyah Ashar 4 Rakaat

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang sholat qobliyah ashar 4 rakaat beserta jawabannya:

1. Apa itu sholat qobliyah ashar?-
Sholat qobliyah ashar adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat ashar sebanyak 4 rakaat.
2. Kapan waktu pengerjaan sholat qobliyah ashar?-
Sholat qobliyah ashar dikerjakan setelah masuknya waktu ashar hingga sebelum sholat ashar didirikan.
3. Berapa rakaat sholat qobliyah ashar?-
Sholat qobliyah ashar dikerjakan sebanyak 4 rakaat.
4. Bagaimana cara mengerjakan sholat qobliyah ashar?-
Cara mengerjakan sholat qobliyah ashar sama dengan sholat sunnah lainnya, yaitu dengan niat, takbiratul ihram, membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, ruku’, itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, tasyahud akhir, dan salam.
5. Apa saja keutamaan sholat qobliyah ashar?-
Keutamaan sholat qobliyah ashar di antaranya adalah mendapatkan pahala yang besar, mendapat syafaat Rasulullah SAW, diampuni dosa-dosanya, dijaga dari siksa kubur, dan dimudahkan masuk surga.
6. Apakah sholat qobliyah ashar dapat dikerjakan sendiri atau berjamaah?-
Sholat qobliyah ashar dapat dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah.

Tips Melaksanakan Sholat Qobliyah Ashar 4 Rakaat

Sholat qobliyah ashar merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melaksanakan sholat qobliyah ashar dengan baik dan benar:

1. Melaksanakan Tepat Waktu

Waktu pelaksanaan sholat qobliyah ashar adalah setelah masuknya waktu ashar hingga sebelum sholat ashar didirikan. Dianjurkan untuk melaksanakan sholat qobliyah ashar segera setelah masuk waktu ashar agar mendapatkan pahala yang lebih besar.

Yuk Baca:

Temukan Manfaat Jamak Solat Zuhur ke Ashar

Temukan Manfaat Jamak Solat Zuhur ke Ashar

2. Menjaga Kekhusyukan

Sholat qobliyah ashar merupakan ibadah yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kekhusyukan selama melaksanakan sholat. Hindari pikiran dan gerakan yang dapat mengganggu kekhusyukan sholat.

3. Memperhatikan Bacaan

Bacaan dalam sholat qobliyah ashar meliputi surat Al-Fatihah dan surat pendek. Bacalah dengan tartil dan jelas agar dapat memahami makna dari bacaan tersebut. Selain itu, perhatikan juga tajwidnya agar bacaan menjadi lebih baik.

4. Melakukan dengan Istiqomah

Istiqomah atau konsisten dalam melaksanakan sholat qobliyah ashar merupakan hal yang penting. Usahakan untuk melaksanakan sholat qobliyah ashar setiap hari, meskipun hanya dua rakaat. Dengan istiqomah, insya Allah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

5. Mengajak Keluarga dan Teman

Mengajak keluarga dan teman untuk melaksanakan sholat qobliyah ashar bersama-sama dapat meningkatkan semangat dan kebersamaan. Selain itu, dengan mengajak orang lain, pahala yang didapatkan juga akan bertambah.

Dengan melaksanakan sholat qobliyah ashar dengan baik dan benar, diharapkan dapat memperoleh pahala yang besar dan keutamaan-keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Sholat qobliyah ashar merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang besar, mendapat syafaat Rasulullah SAW, diampuni dosa-dosanya, dijaga dari siksa kubur, dan dimudahkan masuk surga.

Melaksanakan sholat qobliyah ashar dengan baik dan benar sangatlah penting untuk mendapatkan pahala dan keutamaan tersebut. Oleh karena itu, hendaknya kita senantiasa menjaga kekhusyukan, memperhatikan bacaan, dan istiqomah dalam melaksanakan sholat qobliyah ashar.

Dengan mengerjakan sholat qobliyah ashar secara rutin, kita berharap dapat memperoleh keberkahan dan rahmat dari Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *