Conhea Manfaat Dahsyat Qadha Solat Zuhur dan Ashar

Indah Nuriksa
By: Indah Nuriksa May Sat 2024
Conhea Manfaat Dahsyat Qadha Solat Zuhur dan Ashar

Shalat qadha merupakan ibadah shalat yang dikerjakan untuk mengganti shalat fardhu yang terlewat atau tidak sempat dikerjakan pada waktunya. Shalat qadha dapat dikerjakan kapan saja, namun lebih utama dikerjakan sesegera mungkin setelah shalat fardhu yang terlewat.

Tata cara shalat qadha sama dengan shalat fardhu biasa, namun niatnya berbeda. Niat shalat qadha adalah “Aku berniat shalat fardhu [nama shalat] qadha karena Allah Ta’ala”.

Shalat qadha memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  • Mengganti shalat fardhu yang terlewat sehingga terhindar dari dosa.
  • Memperoleh pahala yang sama dengan shalat fardhu yang dikerjakan pada waktunya.
  • Menambah kekhusyukan dan ketaatan dalam beribadah.

Untuk menunaikan shalat qadha, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Mengetahui shalat fardhu mana yang terlewat.
  • Meniatkan shalat qadha sesuai dengan shalat fardhu yang terlewat.
  • Mengerjakan shalat qadha dengan tertib dan sesuai dengan sunnah.
  • Menyempurnakan rukun dan syarat shalat.

Bagi umat Islam yang memiliki tanggungan shalat fardhu yang terlewat, dianjurkan untuk segera menunaikan shalat qadha agar terbebas dari kewajiban dan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Sholat Qadha Dzuhur dan Ashar

Sholat qadha merupakan ibadah shalat yang dikerjakan untuk mengganti shalat fardhu yang terlewat atau tidak sempat dikerjakan pada waktunya. Sholat qadha memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  • Mengganti kewajiban shalat yang terlewat
  • Memperoleh pahala yang sama
  • Menambah kekhusyukan dan ketaatan
  • Terhindar dari dosa
  • Menyempurnakan ibadah
  • Memperoleh ketenangan jiwa
  • Menjaga hubungan dengan Allah SWT
  • Menjadi contoh yang baik bagi orang lain

Dengan menunaikan sholat qadha, umat Islam dapat melengkapi kewajiban ibadahnya dan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Sholat qadha juga menjadi bukti ketaatan dan kecintaan kepada Allah SWT.

Mengganti Kewajiban Shalat yang Terlewat

Sholat qadha merupakan ibadah shalat yang dikerjakan untuk mengganti shalat fardhu yang terlewat atau tidak sempat dikerjakan pada waktunya. Kewajiban mengganti shalat yang terlewat ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 233 yang artinya:

Yuk Baca:

Ungkap 6 Manfaat Wirid Sholat Dzuhur yang Jarang Diketahui

Ungkap 6 Manfaat Wirid Sholat Dzuhur yang Jarang Diketahui

“Tunaikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa shalat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim pada waktunya. Jika shalat terlewat atau tidak sempat dikerjakan, maka wajib bagi muslim untuk menggantinya dengan shalat qadha.

  • Waktu Mengganti Shalat

    Sholat qadha dapat dikerjakan kapan saja, namun lebih utama dikerjakan sesegera mungkin setelah shalat fardhu yang terlewat. Hal ini dikarenakan semakin lama menunda shalat qadha, maka semakin besar kemungkinan shalat tersebut akan terlewat kembali.

  • Tata Cara Mengganti Shalat

    Tata cara shalat qadha sama dengan shalat fardhu biasa, namun niatnya berbeda. Niat shalat qadha adalah “Aku berniat shalat fardhu [nama shalat] qadha karena Allah Ta’ala”.

  • Keutamaan Mengganti Shalat

    Mengganti shalat yang terlewat memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

    • Menghapus dosa karena meninggalkan shalat fardhu.
    • Mendapat pahala yang sama dengan shalat fardhu yang dikerjakan pada waktunya.
    • Menambah kekhusyukan dan ketaatan dalam beribadah.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sholat qadha dzuhur dan ashar merupakan salah satu bentuk ibadah yang penting untuk dilakukan oleh setiap muslim yang memiliki kewajiban shalat yang terlewat. Mengganti shalat yang terlewat tidak hanya dapat menghapus dosa, tetapi juga dapat menambah pahala dan meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah.

Memperoleh pahala yang sama

Salah satu keutamaan sholat qodho dzuhur dan ashar adalah memperoleh pahala yang sama dengan shalat fardhu yang dikerjakan pada waktunya. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Barang siapa yang mengerjakan shalat karena Allah, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya pada waktunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa sholat qodho memiliki kedudukan yang sama dengan shalat fardhu yang dikerjakan pada waktunya. Oleh karena itu, umat Islam yang memiliki tanggungan shalat fardhu yang terlewat dianjurkan untuk segera menunaikan sholat qodho agar memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Yuk Baca:

Lihat Keutamaan Sholat Dzuhur

Lihat Keutamaan Sholat Dzuhur

Selain memperoleh pahala yang sama, sholat qodho juga memiliki beberapa manfaat lainnya, di antaranya:

  • Menghapus dosa karena meninggalkan shalat fardhu.
  • Menambah kekhusyukan dan ketaatan dalam beribadah.
  • Terhindar dari siksa Allah SWT.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sholat qodho dzuhur dan ashar merupakan ibadah yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap muslim yang memiliki kewajiban shalat yang terlewat. Sholat qodho tidak hanya dapat menghapus dosa, tetapi juga dapat menambah pahala dan meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah.

Menambah Kekhusyukan dan Ketaatan

Sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki peran penting dalam meningkatkan kekhusyukan dan ketaatan seorang muslim dalam beribadah. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim tidak hanya mengganti kewajiban yang terlewat, tetapi juga menunjukkan kesungguhan dan ketaatannya kepada Allah SWT.

  • Memperdalam Pemahaman tentang Sholat

    Menunaikan sholat qodho mengharuskan seorang muslim untuk mengingat kembali tata cara dan makna sholat. Hal ini dapat memperdalam pemahaman tentang sholat sehingga dapat meningkatkan kekhusyukan saat mengerjakan sholat fardhu maupun sunnah.

  • Meningkatkan Rasa Syukur

    Menunaikan sholat qodho juga menjadi wujud rasa syukur seorang muslim atas kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk memperbaiki kesalahannya. Dengan bersyukur, seorang muslim akan lebih bersemangat dalam beribadah dan semakin taat kepada Allah SWT.

  • Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

    Kewajiban mengganti sholat yang terlewat menumbuhkan rasa tanggung jawab seorang muslim dalam beribadah. Dengan memenuhi kewajiban tersebut, seorang muslim menunjukkan bahwa ia adalah hamba yang bertanggung jawab dan taat kepada perintah Allah SWT.

  • Mempertebal Ketakwaan

    Menunaikan sholat qodho secara ikhlas dan istiqomah dapat memperkuat ketakwaan seorang muslim. Ketakwaan adalah sikap takut kepada Allah SWT dan selalu berusaha menjalankan perintah-Nya. Dengan meningkatnya ketakwaan, seorang muslim akan semakin taat kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

    Yuk Baca:

    Temukan Manfaat Istimewa Menjalankan Sholat Jumat

    Temukan Manfaat Istimewa Menjalankan Sholat Jumat

Dengan demikian, sholat qodho dzuhur dan ashar tidak hanya berfungsi sebagai pengganti sholat yang terlewat, tetapi juga memiliki manfaat yang besar dalam meningkatkan kekhusyukan dan ketaatan seorang muslim dalam beribadah. Hal ini sejalan dengan tujuan utama ibadah sholat, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencapai ketakwaan.

Terhindar dari Dosa

Sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki peran penting dalam menghindarkan seseorang dari dosa. Sholat fardhu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim pada waktunya. Jika sholat fardhu tersebut terlewatkan atau tidak sempat dikerjakan, maka wajib bagi muslim untuk menggantinya dengan sholat qodho agar terhindar dari dosa.

Meninggalkan sholat fardhu merupakan salah satu dosa besar dalam Islam. Hal ini dikarenakan sholat merupakan tiang agama dan ibadah yang sangat penting. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat menghapus dosa yang telah diperbuat karena meninggalkan sholat fardhu. Selain itu, sholat qodho juga menjadi bukti taubat dan penyesalan seorang muslim atas kesalahannya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang meninggalkan sholat karena sengaja atau lupa, maka hendaklah ia mengerjakannya ketika ia mengingatnya. Tidak ada kafarat untuknya kecuali itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa kewajiban mengganti sholat yang terlewat merupakan sebuah ketetapan yang tidak dapat diabaikan. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat terhindar dari dosa dan juga memperoleh pahala yang besar.

Yuk Baca:

Temukan 10 Kerugian Besar bagi Orang yang Meninggalkan Salat Subuh

Temukan 10 Kerugian Besar bagi Orang yang Meninggalkan Salat Subuh

Menyempurnakan Ibadah

Sholat qodho dzuhur dan ashar merupakan bagian penting dari ibadah seorang muslim yang bertujuan untuk menyempurnakan ibadahnya. Sholat qodho adalah ibadah sholat yang dikerjakan untuk mengganti sholat fardhu yang terlewat atau tidak sempat dikerjakan pada waktunya. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat melengkapi kewajibannya dalam beribadah dan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

  • Menghapus Dosa

    Meninggalkan sholat fardhu merupakan dosa besar dalam Islam. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat menghapus dosa yang telah diperbuat karena meninggalkan sholat fardhu.

  • Melengkapi Kewajiban

    Sholat fardhu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat melengkapi kewajibannya dalam beribadah dan terhindar dari dosa.

  • Menambah Pahala

    Menunaikan sholat qodho selain dapat menghapus dosa juga dapat menambah pahala bagi seorang muslim. Pahala yang diperoleh dari sholat qodho sama dengan pahala sholat fardhu yang dikerjakan pada waktunya.

  • Menjaga Hubungan dengan Allah SWT

    Sholat merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat menjaga hubungannya dengan Allah SWT dan menunjukkan ketaatannya sebagai hamba.

Dengan demikian, sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki peran penting dalam menyempurnakan ibadah seorang muslim. Dengan menunaikan sholat qodho, seorang muslim dapat menghapus dosa, melengkapi kewajiban, menambah pahala, dan menjaga hubungannya dengan Allah SWT.

Memperoleh Ketenangan Jiwa

Sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki keterkaitan yang erat dengan perolehan ketenangan jiwa. Hal ini dikarenakan sholat merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memberikan ketenangan jiwa bagi pelakunya.

Yuk Baca:

Apakah Boleh Sholat Subuh Jam 8? Terungkap Fakta Penting!

Apakah Boleh Sholat Subuh Jam 8? Terungkap Fakta Penting!

Ketika seseorang mengerjakan sholat qodho, ia akan merasakan ketenangan jiwa karena beberapa alasan. Pertama, sholat merupakan aktivitas spiritual yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, seseorang akan merasa lebih tenang dan tentram karena merasa dekat dengan Sang Pencipta.

Kedua, sholat juga mengajarkan tentang kedisiplinan dan keteraturan. Ketika seseorang disiplin dalam mengerjakan sholat, baik sholat fardhu maupun sholat qodho, ia akan terbiasa hidup teratur dan disiplin. Hal ini akan berdampak pada ketenangan jiwa karena hidup yang teratur dan disiplin akan mengurangi stres dan kecemasan.

Ketiga, sholat juga merupakan sarana untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Ketika seseorang berdoa dalam sholat, ia akan mencurahkan isi hatinya kepada Allah SWT. Hal ini dapat membantu meringankan beban pikiran dan masalah yang dihadapi, sehingga dapat memberikan ketenangan jiwa.

Dengan demikian, sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki peran penting dalam memperoleh ketenangan jiwa. Dengan menunaikan sholat qodho, seseorang tidak hanya mengganti kewajiban yang terlewat, tetapi juga memperoleh ketenangan jiwa dan kedamaian batin.

Menjaga Hubungan dengan Allah SWT

Sholat qodho dzuhur dan ashar merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat digunakan untuk menjaga hubungan baik dengan Allah SWT. Hal ini dikarenakan dengan melaksanakan sholat qodho, kita menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kita sebagai hamba Allah. Melalui sholat, kita dapat berkomunikasi langsung dengan Allah SWT, mengutarakan segala isi hati, dan memohon ampunan atas segala dosa-dosa kita.

Yuk Baca:

Ungkap 5 Manfaat Penting Sholat Dzuhur ke Ashar

Ungkap 5 Manfaat Penting Sholat Dzuhur ke Ashar

Selain itu, menjaga hubungan dengan Allah SWT melalui sholat qodho juga dapat membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan melaksanakan sholat tepat waktu dan menjaga kualitas sholat kita, hati kita akan senantiasa terpaut kepada Allah SWT. Hal ini akan membuat kita lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertindak, karena kita yakin bahwa Allah SWT selalu mengawasi segala perbuatan kita.

Oleh karena itu, sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki peran penting dalam menjaga hubungan kita dengan Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat qodho secara istiqomah, kita dapat menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT, memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik, dan mendapatkan ketenangan jiwa.

Menjadi contoh yang baik bagi orang lain

Menjadi contoh yang baik bagi orang lain merupakan salah satu tujuan utama dari sholat qodho dzuhur dan ashar. Ketika kita menunaikan sholat qodho, kita tidak hanya mengganti kewajiban yang terlewat, tetapi juga menunjukkan sikap tanggung jawab dan kedisiplinan dalam beribadah. Hal ini dapat menginspirasi orang lain untuk lebih giat dalam menjalankan perintah agama.

Selain itu, sholat qodho juga mengajarkan tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan Allah SWT. Dengan menunaikan sholat qodho, kita menunjukkan bahwa kita peduli terhadap perintah Allah SWT dan berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Sikap ini dapat menjadi contoh yang baik bagi orang lain untuk selalu mengutamakan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk Baca:

Temukan 7 Manfaat Stiker Ajakan Sholat Subuh untuk Umat Islami

Temukan 7 Manfaat Stiker Ajakan Sholat Subuh untuk Umat Islami

Dalam kehidupan bermasyarakat, menjadi contoh yang baik sangatlah penting. Dengan menjadi contoh yang baik, kita dapat mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang menganjurkan umatnya untuk saling mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Oleh karena itu, sholat qodho dzuhur dan ashar memiliki peran penting dalam membentuk pribadi yang baik dan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Dengan menunaikan sholat qodho secara istiqomah, kita tidak hanya mengganti kewajiban yang terlewat, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih baik dan berakhlak mulia.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah tentang Sholat Qodho Dzuhur dan Ashar

Kewajiban mengganti sholat fardhu yang terlewat dengan sholat qodho telah banyak diteliti dan dibuktikan oleh para ahli. Salah satu studi kasus yang terkenal dilakukan oleh Dr. Muhammad al-Zuhayli dalam bukunya “al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu”. Dalam penelitiannya, Dr. al-Zuhayli menganalisis berbagai hadits dan atsar yang berkaitan dengan sholat qodho dan menyimpulkan bahwa mengganti sholat yang terlewat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim.

Studi kasus lain yang mendukung kewajiban sholat qodho dilakukan oleh Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili dalam bukunya “al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu”. Dalam penelitiannya, Prof. al-Zuhaili mengkaji pendapat para ulama dari berbagai mazhab dan menyimpulkan bahwa terdapat konsensus di kalangan ulama tentang wajibnya mengganti sholat yang terlewat.

Selain studi kasus, terdapat pula bukti ilmiah yang mendukung manfaat sholat qodho bagi kesehatan fisik dan mental. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Complementary Therapies in Medicine” menunjukkan bahwa sholat dapat menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Religion and Health” menemukan bahwa sholat dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan kardiovaskular.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat sholat, penting untuk dicatat bahwa sholat qodho tetap merupakan kewajiban agama yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Manfaat kesehatan yang diperoleh dari sholat merupakan bonus tambahan yang tidak boleh menjadi tujuan utama dalam melaksanakan ibadah ini.

Dengan demikian, studi kasus dan bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa sholat qodho dzuhur dan ashar merupakan kewajiban agama yang memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, setiap muslim dianjurkan untuk menunaikan sholat qodho apabila memiliki kewajiban sholat fardhu yang terlewat.

Tanya Jawab Umum tentang Sholat Qodho Dzuhur dan Ashar

Berikut adalah beberapa tanya jawab umum yang sering diajukan mengenai sholat qodho dzuhur dan ashar:

1. Apa itu sholat qodho?-
Sholat qodho adalah sholat yang dikerjakan untuk mengganti sholat fardhu yang terlewat atau tidak sempat dikerjakan pada waktunya.
2. Kapan waktu mengganti sholat yang terlewat?-
Waktu mengganti sholat yang terlewat adalah sesegera mungkin setelah sholat fardhu yang terlewat. Semakin lama menunda sholat qodho, semakin besar kemungkinan sholat tersebut akan terlewat kembali.
3. Bagaimana niat sholat qodho?-
Niat sholat qodho adalah “Aku berniat shalat fardhu [nama shalat] qadha karena Allah Ta’ala”.
4. Apakah sholat qodho memiliki keutamaan?-
Ya, sholat qodho memiliki beberapa keutamaan, di antaranya menghapus dosa karena meninggalkan sholat fardhu, memperoleh pahala yang sama dengan sholat fardhu yang dikerjakan pada waktunya, dan menambah kekhusyukan dan ketaatan dalam beribadah.
5. Bagaimana jika memiliki banyak sholat fardhu yang terlewat?-
Jika memiliki banyak sholat fardhu yang terlewat, dianjurkan untuk menunaikan sholat qodho secara bertahap sesuai dengan kemampuan. Prioritaskan sholat yang terlewat lebih dahulu.
6. Apakah boleh menggabungkan sholat qodho dengan sholat fardhu?-
Tidak diperbolehkan menggabungkan sholat qodho dengan sholat fardhu. Sholat qodho harus dikerjakan secara terpisah setelah sholat fardhu yang sesuai.

Tips Mengerjakan Sholat Qodho Dzuhur dan Ashar

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan sholat qodho dzuhur dan ashar:

1. Tentukan waktu mengganti sholat yang terlewat

Segera tentukan waktu setelah sholat fardhu terlewat untuk menggantinya dengan sholat qodho. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan sholat qodho kembali terlewat.

2. Niatkan dengan benar

Niatkan sholat qodho dengan benar, yaitu “Aku berniat shalat fardhu [nama shalat] qadha karena Allah Ta’ala”.

3. Kerjakan dengan tertib dan khusyuk

Kerjakan sholat qodho dengan tertib sesuai dengan sunnah dan khusyuk. Kehadiran hati dan fokus pada ibadah akan menambah kekhusyukan dalam sholat.

4. Minta bantuan orang lain

Jika kesulitan mengingat atau menghitung jumlah sholat yang terlewat, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain yang lebih paham. Hal ini untuk memastikan Anda mengganti semua kewajiban sholat yang terlewat.

5. Jangan merasa terbebani

Jangan merasa terbebani dengan banyaknya sholat qodho yang harus dikerjakan. Kerjakan secara bertahap sesuai kemampuan dan jangan terburu-buru.

6. Istiqomah dalam mengerjakan sholat qodho

Istiqomah dan disiplin dalam mengerjakan sholat qodho sangat penting. Hal ini untuk menjaga kontinuitas ibadah dan terhindar dari kemalasan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga Anda dapat menunaikan sholat qodho dzuhur dan ashar dengan baik dan benar, serta memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Kesimpulan

Sholat qodho dzuhur dan ashar merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat Islam untuk mengganti kewajiban sholat fardhu yang terlewat atau tidak sempat dikerjakan pada waktunya. Menunaikan sholat qodho memiliki banyak keutamaan, di antaranya menghapus dosa, memperoleh pahala yang sama, menambah kekhusyukan dan ketaatan, serta menjaga hubungan dengan Allah SWT. Oleh karena itu, setiap muslim yang memiliki kewajiban sholat yang terlewat dianjurkan untuk segera menunaikan sholat qodho agar terbebas dari dosa dan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Dalam menunaikan sholat qodho, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menentukan waktu mengganti sholat, niat yang benar, mengerjakan dengan tertib dan khusyuk, serta istiqomah dalam pelaksanaannya. Dengan mengikuti tips-tips yang telah dibahas, semoga kita dapat menunaikan sholat qodho dengan baik dan benar, serta memperoleh manfaat yang optimal dari ibadah tersebut.

Youtube Video:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *